Thursday, February 28, 2013

perayaan 17 agustus di kecamatan cisalak subang

loh ko judulnya 17 agustus?? ini kan bulan februari??
jadi ini perayaan 17 agustusan tahun 2012 kemarin,, hehe

kenapa baru di share sekarang??
karena saat itu saya tidak aktif di blog,, :p akhir-akhir ini saya lagi keranjingan buat ngeblog, jadi apa aja saya mau dijadiin postingan,,hahaha termasuk acara yang sebenarnya udah lawas..

next ke cerita..

saya tinggal di kampung cihangasa, desa cigadog (awas jangan diartiin ke bahasa inggris ya!!) kecamatan cisalak, subang. biasanya di tempat tinggal saya khususnya di kecamatan cisalak suka diadakan perayaan agustusan yang lumayan meriah yaitu pawai agustusan atau bisa juga disebut arak-arakan. setiap desa yang ada di ruang lingkup kecamatan cisalak harus mengirimkan rombongan arak-arakan yang berjalan melalui rute tertentu yang akhirnya ngumpul di alun-alun cisalak buat dilihat oleh camat cisalak. saya sendiri tidak tahu kapan acara seperti ini dimulainya. hanya ketika saya kecil, acara ini sudah ada. pernah beberapa tahun tidak pernah diadakan lagi acara seperti ini. baru tahun belakangan ini acara ini kembali diadakan.

acara ini melibatkan banyak pihak, baik dari aktivis  yang ada di desa seperti: karang taruna, ibu pkk, etc saya gak hapal :p. anak sd, smp sampai sma pun suka ikutan ke dalam rombongan, biasanya anak smp suka menjadi paskibra yang membawa bendera. ibu-ibu dan bapak-bapak pun juga ikut bergabung. sepertinya mereka merelakan tidak bekerja yang mayoritas sebagai petani untuk melihat acara ini, karena acara ini hanya setahun sekali apalagi di tempat saya acara hiburan seperti itu jarang. jadi acara ini seperti dijadikan hiburan buat masyarakat sekitar.

kebetulan waktu itu saya lagi libur semester jadi saya bisa menyaksikan acara ini,, berikut foto-foto yang saya jepret,,

ini mesjid raya kecamatan cisalak, letaknya di depan alun-alun cisalak



ini truk bawa alat musik khas sunda,, buat mengiringi rombongan yang akan melewati pak camat



 ibu-ibu rumah tangga yang menari kuda lumping,,gak mau kalah nih yee :p




replika helikopter yang mirip (buat saya) dari desaku loh,, orang desa juga kreatif B-)


banyak banget yang datang,, dan banyak pula yang bawa payung, karena hari itu panas banget pemirsa, pas musim kemarau!


nih pas datangnya helikopter, berisik banget suara petasan,,


dibawanya  sama mobil pick up,, biasanya sih mobilnya nyewa gitu



apa ya ini??

ceritanya ini tank pemirsa,, hihi pake motor terus ada suara petasannya

pesawat??


ini apa ya?? gak tau! asal jepret aja XD



 nih rombongan desaku yang membawa hasil pertanian



ini juga masih rombongan desa aku



sisingaan khas subang, di kampungku, cihangasa ada loh grup sisiangan yang suka di undang kalau ada khitanan, cuma kalau sekarang kayanya jarang banget ada sisingaan, termasuk di kampungku sendiri,,


ini yang naik sisingaannya pak camat (pake baju putih) dan di sebelahnya siapa ya? pak lurah kah?? gak tau :p


sisingaan yang beraksi di depan panggung alun-alun


rombongan paskibraka anak smp dari desa mayang? (kalau gak salah, lupa euy!)


kalau ini hasil pertanian dari desa lain,, desa apa? lupa,hahah


ceritanya para kiyai


kiyai yang janggutnya dari buntut sapi,, pas saya liat ini saya ketawa,, hahahah
gokil tuh si kakek


kompeni rambut oranye :D



mau jepret yang arak-arakan malah ada yang lewat ibu-ibu plus bocahnya,, beuuh,, menghalagi pemandangan!!


ceritanya kapal perang masbro! B-)


tukang mainan di pasar cisalak,, jadi setelah nonton arak-arakan saya, kakak sama ponakan pergi ke pasar cisalak buat ngebaso eh,, penuh banget,, sampai gak jadi beli,, ya udah deh foto si emang balon aja ~_~


itu foto hasil jepretan saya, tidak bagus tapi lihat deh warga desa pun masih semangat buat memeriahkan hari raya kemerdekaan. mereka tidak pernah lupa. bergotong royong buat mensukseskan acara yang setahun sekali. kebersamaannya benar-benar terasa.

masyarakat di perkotaan seperti inikah?  harus dong!! 
dengan memeriahkan acara kemerdekaan berarti kita masih ingat akan jasa-jasa pahlawan. gembira menyambutkan kemerdekaan. kemerdekaan yang seharusnya di segala bidang.
semangat 45 harus tertap berkobar ya!! MERDEKA!!

sekian dan terima kasih udah mampir ^_^




4 comments:

  1. eta arak arakan teh tos aya ti jaman aki budak. aki jarang ka cisalak ayuena mah.
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ti jaman iraha? walanda ki? akakak :D
      na dimana kitu linggihna?

      Delete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!