Sunday, March 31, 2013

Penyebab Skripsi Gak Kelar-kelar


mungkin sudah banyak yang membuat artikel serupa, tapi disini saya gak copas, ataupun melihat artikel serupa di embah google terlebih dahulu. artikel ini murni buatan saya yang skripsinya gak kelar-kelar :(, orang lain sudah hampir finish saya baru start, oh my God, why?? :( 


1. kurang persiapan
kalau semester depan kamu mau buat skripsi, kamu harus sudah persiapin dari semester sebelumnya, dari  tingkat awal mungkin lebih baik, apa yang mesti dipersiapin?? jurnal-jurnal dan mental!! searching sebanyak-banyaknya jurnal yang bagus terutama cari yang tidak inkonsistensi karrena hal itu akan memperlancar membuat latar belakang. kalau kurang persiapan (seperti saya) pas masuk awal semester kamu malah sibuk cari jurnal, padahal harusnya kamu sudah siap dengan latar belakang!!

2. pilih topik 
memilih topik yang kamu kuasai, atau gak kalau kamu sudah dapat jurnal yang inkonsistensi, mending jurnal itu yang dijadiin referensi. dan judul kamu gak jauh-jauh dari judul jurnal tersebut. dan satu hal yang bikin skirpsi gak kelar atau kelarnya lama, tentu saja suka ganti-ganti judul. kamu sudah dapat jurnal yang inkonsistensi tapi kemudian kamu menemukan jurnal yang bagus terus kamu putusin mau pilih jurnal itu, haduuuh gak bener itu. konsisten lah sama apa yang kamu ambil.

3.dosen pembimbing
ini salah satu hal yang fatal yang membuat skripsi gak kelar-kelar. mungkin kita punya hak untuk memilih dosen yang kita mau tapi yang memilihkan adalah kajurnya,, kalau hal ini untung-untungan. dan apesnya kalau kamu dapat dospem yang gak peduli, gak tepat waktu, gak ngarahin kamu harus ngapain, yang santai bahkan terlalu santai, gak nargetin pertemuan ke berapa harus sampai mana, gak masuk-masuk kuliah, gak ngebantu, dospem nya baru jadi gak tau sistem di tempat kuliah kamu, banyak deh. dan itu kejadian sama saya :(

4.perusahaan
kalau kamu mau penelitian di perusahaan, jangan kira mencari perusahaan itu gampang. jadi dari semester-semester sebelumnya berbaik-baiklah sama orang yang sudah kerja di perusahaan, hahaha karena akan mempermudah kamu penelitian di perusahaan itu jika sudah ada orang dalam, ya di indonesia gitu kalau ada orang dalam segala sesuatunya menjadi mudah :(

5. pemalu
sifat ini juga akan menjadi batu sandungan skripsi kamu, kamu tuh sudah gede, jadi sedikit-sedikit kalau perlu sekalian banyak berubahlah jangan jadi pemalu, karena kalau kamu pemalu gimana mau nemuin dospem, bertanya ini itu sama dospem, cari perusahaan, cari perpustakaan, semua itu perlu keberanian.

6. referensi
gak afdol kayanya kalau ngerjain skripsi gak baca buku, kalau pengen skripsi kamu lebih baik yang baca-bacalah buku, perpus tempat kuliah kamu kekurangan buku, bukunya gak lengkap? cari di perpustakaan universitas lain! ini nih susahnya apalagi kalau pemalu, :( untuk mempermudah setiap kamu ambil pengertian atau apalah dari buku itu kamu juga harus menulis daftar pustakanya. gak lucu kan kamu mengambil pengertian dari buku itu eh gak nulis daftar pustakanya. lah terus gimana nanti ngisi daftar pustakanya apalagi kalau bukunya dari perpus universitas lain, repoot  mesti balik lagi :(

7. punya pacar
nah loh ko? hahah ini sebagai penyemangat kamu dan sebagai orang yang bisa nganter-nganter kamu cari perusahaan atau perpustakaan. kalau kamu malu kemana-mana sendiri ini jalan terakhir, kan ada teman? teman ada kalanya gak bisa diharepin apalagi yang suka iya-iya bueuk :(

8. pemalas
susah deh kalau udah punya kebiasaan malas kaya gini, seperti saya bukannya ngerjain skripsi malah buat artikel ini :(. membuat skripsi itu kadang suka bikin malaaaas banget, buat nyentuhnya aja ogah gimana mau ngerjain, jadi hilangkan sifat ini, inget sama orang tua kamu yang pengen ngelihat anaknya sarjana!! orang tua kamu sudah cape-cape cari biaya tapi kamu malas? hemmm ini saatnya bikin orang tuamu bangga! kalau perlu pasang foto kedua orang tuamu di laptop jadi tiap malas, kamu ingat perjuangan orang tuamu.

9. sosial media
kamu pengguna facebook? twitter? kayanya kalau pas buka laptop dan connect ke internet rasanya gak tahan banget buat gak buka sosial media itu. duuh mending jangan dulu buka deh, FOKUS skripsi. kalau buka sosial media gitu malah keasyikan dan akhirnya skripsinya gak dikerjain.

10. punya target
kamu harus punya target setiap harinya! misalnya seminggu ini haru selesai bab 1 dan 2. minggu berikutnya fokus cari perusahaan dan perpustakaan, tapi kalau kamu target skripsinya tahun depan siiih itu beda cerita, huahahaha

11. peralatan dan perlengkapan
sebelum kamu mau nyusun skripsi, dari awal semeter kamu harus ngecek tuh peralatan tempurnya, printer, kertas, modem, pokoknya harus sudah siap, gak lucu kan karena gak nyiapin pas lagi ngerjain skripsi, kertas abis padahal mau bimbingan, printer rusak, modem ga ada isi. pokoknya siapin alat tempurnya oke!!

12. doa
minta lah doa sama orang tua kamu, doa orang tua itu manjur apalagi ibu. tapi kamu juga harus berdoa, minta didoain sama orang tapi kamu sendiri malas berdoa, ? hadjuuuh -_-

13. kerja
hemm buat yang kuliah sambil kerja, hal ini bisa jadi batu sandungan ada juga yang sukses skripsinya, pintar-pintar bagi waktulah,kamu kerja buat apa? buat kuliah? terus kalau kuliahnya lama karena skripsinya gak kelar-kelar, kamu cuma buang-buang duit, kapan dong bisa nabung buat masa depan?

14. betah di kampus
ada loh yang bilang mending lama jadi mahasiswa daripada sarjana jadi penggangguran, karena mahasiswa titelnya lebih terhormat dibanding pengangguran, gak tau alibi atau apa, no comment aja deh


apalagi ya? emm kalau ada lagi nanti saya update
sekian dan terima kasih ^_^

SEMANGAT!!!!!



0 comments:

Post a Comment

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!