Thursday, May 30, 2013

“Kenalan” dari Dunia Maya???..... Kenapa enggak!!


Zaman sekarang lo semua pasti sudah tau apa itu internet, bahkan mungkin ada yang menggantungkan hidupnya ke internet (-_-maksud gue yang gaweannya sebagian besar ngegunain internet). Dengan internet lo bisa keliling dunia tanpa harus cape-cape ngeluarin duit banyak, banyak deh yang bisa lo dapetin, baik yang positif ataupun yang negatif. #ifyouknowwhatimean, hahah . Caranya? Ya lo mesti punya alat tempurnya dulu lah, modem, laptop/netbook, hp yang bisa internetan, kalau lo gak punya lo  tinggal ke warnet, sejam cuma Rp 3000, murah bukan untuk keliling dunia? Karena cakupannya terlalu luas gue persempit bahasannya tentang mencari kenalan lewat dumay alias dunia maya.


Zaman sekarang mendapatkan seorang kenalan, teman bahkan pacar bisa lewat online, ya sekarang tuh internet bisa jadi ajang buat cari jodoh, wkwk hebat kan ya, mudah, murah dan praktis, lo tinggal duduk manis, tiduran, makan, bahkan sambil boker sekalipun lo bisa dapetin kenalan baru! Caranya mudah ko, yaitu dengan modal internet!

Setelah lo persiapkan alat tempurnya lo tinggal beli pulsa, gak usah banyak-banyak cukup yang sepuluh ribu  buat paket internetan unlimited seminggu! Puas kan? Itu pun kalau pake axis. Udah siap? Lo tinggal buka google terus cari aplikasi buat chatingan. Banyak aplikasi buat chat, karena gue pake andro, gue biasanya pake wechat, whatsApp, line, catfiz, kakaoTalk, agak jadul dikit gue pake nimbuzz sama mig33. Yang gak pake aplikasi juga ada, kaya facebook, omegle. Banyak deh aplikasi social networking yang bisa lo gunain. 

Buat gue yang seorang plegmatis, introvert, pendiam dan gak banyak omong di dunia nyata, social networking kaya gini tuh ngebantu banget buat cari kenalan, teman, pacar bahkan yang bisa gue manfaatin, hahaha *muka sinis*. Jadi gue gak  terlalu kesepian ngerenungi hidup gue.

Awal gue kenal yang namanya chatingan itu sekitar tahun 2009, ketika tarif internet im3 Rp 1/1kb , ya termasuk yang ketinggalan sih dibanding yang udah melanglang buana di jagat dumay dari tahun jebot, hahaha. aplikasi yang gue gunain waktu itu mig33 sama nimbuzz, Dulu gue sampai lupa segalanya karena keasyikan yang namanya chatingan, padahal yang diobrolin juga gak jelas, kalau inget itu, duh ngapain ya gue kaya gitu, aib!! Dari sana gue mulai kenal yang namanya pacar dumay, alias pacaran tapi gak pernah ketemuan, pacarannya tuh paling chatingaaaaan doang, paling jauh ya telponan. Seingat gue, gue pernah punya pacar dumay ± 7 deh dalam waktu yang bersamaan, hahaha. Tapi gue juga pernah punya pacar yang asalnya dari dumay terus jadi pacar di dunia nyata, ya gue ketemuan sama orang asing yang kenal dari dumay. 

Orang pertama yang ketemuan sama gue itu namanya iman asal antapani bandung, kenalnya dari nimbuzz nick dia tuh kalau gak salah iemanz_akoey, tanggal 28 januari 2010, gue ketemuan sama dia, namanya juga pertama jadi masih inget banget di benak gue. Special moment!!Dia pernah nembak gue dan begonya gue gak terima karena alasan gue minder padahal gue suka sama dia. WTF!! Hingga akhirnya dia bikin gue galau berkepanjangan. Kenang-kenangan dari dia, masih gue simpen sampai detik ini, yaitu permen golia!! Dan karena dia juga gue jadi kaskuser.


Dari pengalaman gue yang pertama itu gue jadi sering ketemuan sama orang dumay. Banyak deh, gak gue itung, nama-namanya aja gue udah lupa, kalau wajahnya sih masih nempel di otak gue yang jenius ini (-__-jangan protes!!). berbagai jenis (-_-alaaah jenis?) orang yang pernah gue temuin, mulai dari yang sopan, baik, cakep, jelek, gendut, kurus, tinggi, pendek, urakan, orang kantoran, anak punk, anak kuliahan, duda hingga yang mesum sekalipun pernah gue temuin. Umurnya juga macem-macem yang paling tua itu umur 30++!!

Kenapa gue mau dan kenapa gue gak takut ketemuan sama orang dumay?? 
Ya karena gua yakin gue bisa jaga diri gue sendiri, kalau toh nanti gue diculik atau yang paling ngeri di bunuh, ya woles lah, udah takdir gue! Lagian gue seringnya ketemuan di kostn gue, jadi gue rasa aman, (-_-jangan pikir yang nggak-nggak ya!). gue mau ketemuan sama orang dumay bukan karena gue cari teman atau pacar tapi, uhuk-uhuk gue cari,, orang yang bisa gue manfaatin, wuahahaha *muka sinis*. Tapi, Kalau toh nanti gue dapet jodoh dari dumay its okay,,

Caranya? 
Pertama sih lo siapin alat tempur yang ke dua, yaitu foto yang paling bagus, alias lo di foto itu keliatannya cakep kuadrat, dan pastinya lo mesti ramah, sok asik deh, buat mereka nyaman chat sama lo, bikin penasaran hingga akhirnya mereka mau ketemuan sama lo dan nurutin apa yang lo mau, hahaha. Nah, bagaimana kalau udah ketemu mereka kecewa liat muka lo yang beda sama foto? Woles aja, bersikap biasa aja kaya di chat, toh tujuan utama lo bukan untuk cari pacar, tapi memanfaatkan!

Memanfaatkan gimana sih maksudnya? 
Jadi gini loh, gue sebelum ketemuan sama orang gue suka minta bawain apa yang gue mau, misalnya makanan atau cemilan. Pernah gue pas malem-malem jam  sembilan, gue laper buat keluar cari makan gue males, takut juga lagian duit gue sekarat, ya udah gue minta aja sama yang kenalan di chat buat bawain makanan, eh dia mau. Jadi dia cuma bawain gue makanan, udah gitu gue suruh pulang. Pas pagi-pagi juga pernah gue suruh kenalan gue bawain nasi kuning ke kostan. Haha. Bukan sekali dua kali gue lakuin hal yang kaya gitu, udah lumayan sering, apalagi ketika doku sekarat. Ngenes sih sebenarnya. Tapi gimana orang kepepet apalagi gue anak kost, mesti pintar-pintar memanfaatkan apa yang ada di sekitar gue. hahaha

Cuma itu aja? 
Gak dooong. Gue pernah kenalan sama orang yang kerjanya tuh benerin printer, dan kebetulan dia mau ketemuan sama gue, yaudah gue suruh buat benerin printer. Lumayan gratis mana udah ngebenerin gue diajak makan pula, harusnya sih gue bayar pas makan, tapi bermodal gak tau malu, gua stay cool aja, so makan gratis lagi deh gue, hahah. pernah juga netbook gue di benerin sama kenalan chat gue, dan itu gratis, tis, tis,, dia juga ngasih wejangan-wejangan sama gue, yang sampai sekarang berguna buat gue. Thank ya,,,. Dapet film gratis juga pernah, dan itu lumayan banyak (-_-bukan film yang aneh-aneh ya!)

Paling asik tuh dapet kenalan yang ngajak nonton di bioskop plus makan, (-_-tetep makan). Gue udah sering nonton di bioskop dan gue gak pernah bayar sekalipun, jadi kenalan-kenalan gue yang bayarin. Rekor itu sampai sekarang belum terpecahkan, sayang aja duit dibuang-buang Cuma buat nonton selama dua jam, mending gue beliin buku yang gak akan habis sampai kapan pun (-_-kecuali kalau gue makan sih).

Selain itu juga, gue pernah dibeliin pulsa sama kenalan gue, gue gak minta ya, tapi dia yang nawarin buat ngebeliin gue pulsa. Awalnya sih gue tolak, gengsi dong gue (-_-padahal dihati mah, sok aja isiin yang sejuta-juta juga gpp, gue sujud syukur, tengkyu. Tapi gak pernah  ada yang ngirim segitu). Karena gue ngomong kaya gitu, eh malah gak jadi ngebeliin, (-_-nyesel deh gue, tapi daripada harga diri gue turun gopek karena langsung mau, ya gpp sih gue terima,hahah). Ada juga sih yang ngerti, pas gue ngomong kaya gitu, dia tetep ngirim pulsa dan buat orang kaya gitu, gue acungin jempol, lo ngertiin gue banget masbro!! Hahaha ya mesti yang dikirim Cuma sepuluh rebu,, gue sih alhamdulillah banget, soalnya ini kan gratis, tis, tis. (-_-ya itulah gue, mental gratisan).

Banyak deh kejadian kaya gitu, kaya nganterin gue belanja, nemenin gue ngobrol walau cuma lewat telpon,  buatin makalah, nerjemahin, cariin jurnal, nganterin gue pas mudik walau sampai terminal atau ngejemput gue di terminal. Tapi selama itu gue gak pernah mau kalau diajak jalan jauh paling banter ya Cuma keliling bandung doang. Ngejaga diri itu harus dong!  Meski gue kaya gitu gue bukan cewek murahan ya, gue gak pernah ngapa-ngapain, Cuma salaman doang pas awal ketemu!  Lagian gue pikir gini loh, kalau gue kepepet pasti ada banyak cara buat nyelesaiannya. Misalnya yaitu dia masalah perut, haha.

Kalau kepepet, kenapa gak minta bantuan orang yang di sekitar? 
Dari awal tulisan ini gue bilang gue ini pendiam, susah buat gue kenal atau membaur dengan lingkungan di sekitar gue apalagi orang di sekitar gak bikin gue nyaman makin males gue minta bantuan, kalau di dumay gue bebas mau ngomong apa aja, karena gue pikir gue gak ketemu orang yang gue ajak ngobrol jadi gak perlu jaim. Kalau toh nanti gue ketemuan sama orang, gue ketemu ya udah sekali doang, ada sih yang ketemuan lagi, tapi gak akan langgeng. Hanya sementara. Lagian gue bakal malu kalau minta bantuan ini itu sama orang yang sama.

Gue juga gak sembarangan mau diajak ketemuan sama orang. Pilih-pilih itu harus. Kalau orangnya sopan sama gue, nyambung ngobrolnya, bikin gue nyaman baru gue mau. Kalau dari awal chatnya udah mesum (-_-banyak banget loh cowok di chat yang chatnya itu ngelantur apalagi kalau chat di miRc, beuuuhh mesum semua disana mah!) ogah gue ketemu, paling ya gue kerjain aja, ngomong kasar. Tapi, sehati-hatinya gue dalam milih orang,  gue pernah ketipu juga. Gue akuin dia cakep, dan gue pikir dia baik karena mau ngirim makanan, haha. Dia nembak gue, ya tentu aja gue gak mau,(-_-ketemu langsung nembak, edan!) kalau dia mau ngelakuin yang namanya pdkt mungkin gue bakal mau, dia cakep, huaaaa. Eh pas mau pulangnya dia meluk gue,, amsyooong banget tuh cowok!! Untung aja gak lebih dari itu. Sempet down gue, gak mau lagi gue ketemuan sama cowok dumay, tapi karena kepepet dan kadang gue kesepian, gue tetep aja kenalan sama cowok dumay.

Udah sebulan ini gue gak ketemuan sama cowok dumay, haha moga kedepannya gak akan lagi deh. Loh kenapa?? Karena gue sadar apa yang gue lakuin itu gak bener, meski tuh orang ikhlas ngebantu gue sekalipun, hati gue ngerasa gak enak. Cing demi tah! Kalau aja mereka tau apa tujuan gue sebenarnya, kecil kemungkinan mereka mau “nyumbang” ke gue. Karena gue sadar rasanya gak enak banget cuma dimanfaatin seperti itu. Gue pernah ngalamin, dan itu salah satu alasan gue ngelakuin hal konyol kaya gitu. So, melalui tulisan ini, gue minta maaf banget udah kaya gitu ke kalian  semua   “kenalan dunia maya” dan gue janji sama diri gue sendiri gak akan ngelakuin hal yang kaya gitu lagi

Nah, itu pengalaman-pengalaman gue tentang dunia maya,  buat lo yang lagi deket sama cewek dumay atau lo yang anggap cewek yang mau ketemuan sama lo itu murahan, buka mata lo lebar-lebar. Bisa saja dia baik ke lo karena ada maunya, kaya gue, ahahah

Oya..Gue kadang bingung sama berita yang mengatakan bahwa banyak orang yang ketipu sama kenalan dunia mayanya, bahkan ada yang diperkosa, diculik, lebih sadisnya ada yang sampai dibunuh, edan!! Gue aja yang sering ketemuan sama orang dumay, masih baik-baik saja sampai sekarang. Alhamdulillah. Tipsnya dari gue sih lo mesti hati-hati dalam pilih orangnya, jangan mau diajak jalan jauh, atau diajak ketemuan di luar, karena lebih beresiko! Usahain ketemu di tempat ramai, jadi kalau ada apa-apa lo tinggal teriak. Jangan terlalu percaya, atau tiap mau ketemuan lo bawa minyak wangi semprot, jadi kalau macem-macem, lo semprotin ke matanya dia, hahah. tapi kalau orangnya bisa hipnotis sih beda cerita. Eh tapi katanya kalau mau terhindar dari hipnotis lo  mesti pake sempak kebalik, hahah

Buat gue sendiri dunia maya itu mengasyikan tapi jangan sampai larut dalam dunia maya, karena tetep saja dunia nyata yang mesti lo hadapin. So jangan terlalu pakai perasaan dan jangan terlalu percaya kalau lo kenal sama orang dumay, (-_-meski gue pernah pake perasaan) karena dunia maya itu abu-abu, banyak tukang modus berkeliaran, akan sangat menyakitkan kalau ternyata lo dibohongin. So enjoy   dengan dunia maya mu tapi jangan lupakan dunia nyatamu,,,


Sekian dan terima kasih ya sudah mampir,,,, ^_^ 

13 comments:

  1. TULISANNYA GW SUKA. gw sering omegle int yg banyak bulenya dan sering ditembak! malh ada cowk yg terobsesi sama gw dan nungguin gw OL seharian di skype. btw, lu ga takut makanan yg mereka kasihin,dicampur PROGESTEREX ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih,, :)
      ngeri juga sih sebenernya tapi alhamdulillah banget sampe sekarang gue baik2 saja. yang gue lakuin tuk ngehindarin dari hal yang kaya gitu, gue suka ketemuan di tempat gue sama pilih2 orang jng asal mau. kalau tuh cowok udah keliatan gak bener, biasanya sih gue jutekin, diemin, tar juga pulang sendiri, hahah

      Delete
  2. yeee sama aku juga kayak kamu tuh. Tp skrang aku mau brubah, demi seseorang yg aku cintai.yeee sama aku juga kayak kamu tuh. Tp skrang aku mau brubah, demi seseorang yg aku cintai.

    ReplyDelete
  3. makasih yah mba setelah saya baca postingan mba y keren abis saya jadi punya keberanian buat cari kenalan di dumay,postingan mba sangat membantu apa lagi buat saya yang baru mengenal dumay :D

    ReplyDelete
  4. mbak nya cntik sih makannya bisa dpet enaknya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,, malah kebanyakan gak enaknya,,, sering loh dapet kenalan yang sekali ketemu langsung dia ngilang gak pernah ngehubungi lagi,, dan jujurnya pas awal-awal digituin rasanya sakit hati,,
      bikin ngedown,, apa gue jelek banget ya,, apa gue buruk rupa? apa kelakuan gue minus banget ya sampe gak mau temenan lagi?? tapi y sedikit terhibur karena pernah dapet manfaat dari mereka ekekek :D dan lama kelamaan gak pernah sakit hati lagi,,,, karena gue ngelakuin hal yang sama,, eh curhatnya kepanjangan ya :v

      Delete
  5. menjalin silahturrahmi itu baik dan itu sunah rasulullah Muhammad SAW...salam kenal yh jgn lupa mampir di blog aq yh (tp blog aq gk sbgus blog qm)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali :)
      eh jangan bilang blog kamu gak bagus dari aku dong,,, aku aja masih belajar ko,,, :)

      Delete
  6. Replies
    1. tidak selalu fun ko,, banyak nyeseknya huhuhu :(

      Delete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!