Wednesday, September 04, 2013

Resep Combro isi Tempe Ala Gue




gue bakal berbagi sama kalian semua resep combro ala gue, eh,, kalian tau kan apa itu combro? kalau belum nih gue kasih contekan,, 

kata si ini combro merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda, artinya: oncom di dalam). Bentuknya bulat lonjong. Makanan ini enak disantap saat hangat. 

yup,, combro itu singkatan dari oncom di jero, cuma di sini gue gak pake oncom tapi tempe, jadi singkatannya tuh tembro,,, heheh


ini pertama kalinya gue buat combro eh tembro, biasanya gue cuma jadi penikmat sekarang gue jadi pembuat! kemajuan, hehe. bahan yang gue gunain seadanya di dapur gue, jadi gak selengkap yang ada di resep combro orang lain :(

bahan-bahan utama:
-singkong yang udah di parut, di peras sedikit saja, jangan ampe kering (-_-singkongnya gak ditimbang jadi gak tau berapa gram)
-ketumbar halus
-garam
-bahan di atas di aduk jadi satu

note* kenapa gak di peras sampe kering? soalnya dilarang sama si bapak, udah gitu gue coba yang diperas buat digoreng eh, dalemnya malah gak matang tapi di luarnya gosong, dan alhamdulillah kalau yang gak diperas, gak gosong, kaya gambar di atas, heheh


bahan isinya:
-setengah potong tempe seadanya di dapur kamu, cincang kasar/ ditumbuk
-1 lembar daun salam
-garam seenak kamu segimana
-gula pasir seenak kamu segimana
- air, jangan banyak2 ya, apalagi seember, jangan ya :(
-minyak goreng untuk menumis (-_-jangan pake jelantah ikan asin ya, gak enak :p )


bahan yang dihaluskan:
-6 siung bawang merah
-3 siung bawang putih
-5 buah cabai merah besar


Cara Membuat Resep Combro Isi Tempe :
Isi : Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Masukkan tempe. Aduk rata. Tambahkan garam, gula pasir, dan air. Aduk rata. Masak sampai matang dan meresap. Sisihkan.

Kulit : Campur singkong, garam, ketumbar bubuk.  Aduk rata.
Ambil sedikit bahan kulit. Pipihkan. Beri isi, bentuk oval, cuma karena gak di peras terus gak mateng lagi jadi ya bentuk tembro gue pipih gitu, soalnya lembek sih adonannya, bentuk tembro gue kaya di gambar :( 
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
Angkat dan sajikan.

udah deh, sekian dan terima kasih udah mampir :)


0 comments:

Post a Comment

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!