Wednesday, October 02, 2013

[story] cinta dan pernikahan


Gue punya sebuah cerita menarik yang bisa membuat kita merenung sejenak tentang arti cinta dan pernikahan,  cekidot

Suatu ketika seorang murid bertanya kepada gurunya, Plato : 

"Guru, apa itu cinta? Apa itu pernikahan? Dan bagaimana caranya mengetahui bahwa seseorang itu tepat bagi kita atau tidak?"

Plato menjawab : 

"Masuklah kedalam hutan, pilih dan ambillah satu ranting yang menurutmu paling baik, tetapi engkau haruslah berjalan kedepan dan jangan kembali kebelakang. Pada saat kau sudah memutuskan pilihanmu, keluarlah dari hutan dengan ranting tersebut." 

Maka masuklah sang murid ke dalam hutan, dan setelah beberapa waktu, ia keluar tanpa membawa sebuah ranting pun. Plato bertanya kepada sang murid, mengapa ia tidak membawa apa2, dan sang murid pun menjawab : 

"Saya sebenarnya sudah menemukan ranting yang bagus. tapi saya berpikir barangkali didepan saya ada ranting yang lebih baik. Tetapi setelah saya berjalan kedepan ternyata saya menyadari bahwa ranting yang sudah saya tinggalkan tadilah yang terbaik. Maka saya pun keluar dari hutan tanpa membawa apa-apa." 

Plato tersenyum, dan berkata : "Itulah cinta" 


Kemudian Plato menyuruh sang murid untuk kembali ke dalam hutan, ia berkata 

"Sama seperti ranting tadi, namun kali ini kau harus membawa satu pohon yang kau anggap paling baik dan bawalah keluar hutan." 

Maka masuklah sang murid kedalam hutan dan setelah beberapa saat, ia keluar membawa satu pohon yang tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu indah. Saat Plato bertanya, sang murid pun menjawab :

"Saya bertemu pohon yang indah daunnya, besar batangnya...tetapi saya tidak bisa memotongnya dan pastilah saya tidak bisa membawanya keluar dari hutan, akhirnya saya pun meninggalkannya. Kemudian saya menemui pohon yang tidak terlalu buruk, tidak terlalu tinggi dan saya pikir saya bisa membawanya karena mungkin saya tidak akan menemui pohon seperti ini lagi didepan sana. Akhirnya saya pilih pohon ini karena saya yakin mampu merawatnya dan menjadikannya indah." 

Plato tersenyum, dan berkata : "Itulah pernikahan"


pesan yang gue dapet dari cerita diatas adalah,,,
ranting itu diibaratkan dengan pasangan yang kita cari dan jalan yang dilalui itu adalah waktu makanya gurunya bilang gak boleh menoleh ke belakang karena waktu gak bisa di putar kembali. dan ketika muridnya telah mendapatan ranting yang bagus dan gak diambil karena mengira akan mendapatkan ranting yang lebih bagus itu menggambarkan sifat manusia yang gak pernah puas, kadangkala kita telah mendapatkan seseorang yang begitu baik daan mengerti kita tapi karena mengira akan mendapatkan yang jauh lebih baik kita mensia-siakannya dan gak mengambilnya (-_-dalam artian menikahinya),, terus-menerus mencari yang sempurna, yang jauh lebih baik hingga akhirnya waktu telah habis dan kita gak dapet-dapet yang sempurna itu, karena satu hal ya, yang sempurna itu gak ada.toh lo juga gak sempurna, kenapa harus cari yang sempurna? so,, andaikan nanti ada seseorang yang baik dan mengerti kita jangan sia-siain karena manusia itu punya sifat yang beda, kita gak akan ketemu dengan orang yang berbeda dengan sifat yang sama bukan??

udah dulu deh aah, tar lanjut lagi menafsirkannya, huahaha,,, maaf ya kalau gue salah,, persepsi seseorang akan suatu hal kan beda-beda :D

6 comments:

  1. Perumpamaan pohon dan ranting itu keren abis.
    buat nikah ga perlu yang bagus2 karena di balik paras cantik wanita tersimpan perawatan super ribet, mahal dan diet ketat

    ReplyDelete
    Replies
    1. SETUJU!!! yang penting cantik hatinya,,
      cantik fisik akan memudar
      cantik hati akan abadi

      Delete
  2. Ya, jika kita melihat ke belakang maka akan banyak godaan, namun jika kita melihat ke depan akan fokus pada satu pilihan :)

    ReplyDelete
  3. astaga..baru kali ini gw nemu blog yg super dahsyat!!(bukan MSS lho..) Gw bukmark dulu ya.. :D ditunggu update berikutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiih super dahsyaat,, jadi malu XD thanks ya,,,
      oke,,

      Delete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!