Tuesday, October 08, 2013

[story] My Hobbies



Setiap orang punya hobby sendiri-sendiri, begitupun gue. Hobby gue termasuk standar sih cuma tidur, makan dan menatap layar netbook tapi selain itu gue juga punya hobby yang sedikit serius, (-_-serius gak sih?ya anggap aja iya, huehehe) gue doyan baca, tapi sekarang gue anti baca buku pelajaran, gue suka baca artikel,history, cerita, dan tentu saja novel. I love novel, kalau bisa udah gue pacarin kali tuh novel. Muaaach.


Alm mamah sangat berperan terhadap hobby gue ini, dia yang mengajari gue baca tulis dan menyukai buku. Waktu gue kecil, gue selalu minta alm mamah untuk bawain gue buku cerita, kebetulan mamah gue seorang guru sekolah dasar, jadi kalau pulang ada aja buku cerita yang dia pinjem dari perpustakaan sekolah, karena dulu tuh siswa pinjem buku ke perpusakaan SD gak bisa. Jadi beruntunglah gue punya seorang mamah, guru SD. Gak sering juga sih, alm mamah bawain gue buku cerita, karena jumlah  buku cerita di SD gue tuh masih sedikit jumlahnya.

Karena rasa haus gue buat baca gak terbendung,, (-_-ciiiie lebay amat ya, ahahha) gue lahap buku apa aja, baik itu buku pelajaran, koran, sampe  majalah suara daerah, itu loh majalah khusus guru yang ukurannya kaya buku tulis, kalau dulu setiap gajian, guru tuh suka di kasih majalah gitu deh. Cuma sayang,, huhuhu sekarang majalah-majalah itu udah diloakin sama alm mamah.

Novel yang pertama yang gue baca adalah novelnya nick carter, novel hadiah ulang tahun kakak gue waktu dia kelas 1 Mts (-_-SMP) ketika gue kelas 3 atau 4 gitu, deh,  gila kan anak SD bau kencur udah baca novelnya nick carter, tau kan novelnya kaya gimana? Hehehe ada ekhem-ekhemnya,, gak cocok buat anak SD! Malah lebih parahnya waktu gue SD, gue udah baca novel  yang judulnya, amazing banget dah “Gadis Binal” gila kan,, anak SD bro! Itu juga gue bacanya maling-maling hehehe,, novel kakak gue emang aneh-aneh sih, tapi ya,, namanya juga masih polos, jadi gue cuma baca, ngerti alurnya, cuma gak ngeh aja sama istilahnya. Sekarang novel itu gak tau deh kemana, kalau yang nick carter masih gue jaga dengan baik.

Kelas 4-6.SD Selepas pulang sekolah, kalau gue gak maen, ya  kerjaan gue nonton telenovela dan baca,  buku yang sering gue baca adalah buku pelajaran ips, gue suka banget baca sejarah kaya G30Spki, kemerdekaan indo, lubang buaya, kerajaan, sampe cerita tentang  negara lain. Gue suka sejarah, karena gue bisa tahu zaman dulu tuh kaya gimana, ngebayangin kalau gue ada di masa itu kaya gimana, pasti seru banget.  pokoknya gue tuh udah khatam baca bukunya meski pak guru belum nerangin, rajiiin kan gue, hahaha, sayang kebiasaan gue waktu kecil gak bertahan sampe gue dewasa ya, terkalahkan sama internet, huhuhu. Tentunya gue mau ngucapin makasih banget sama alm mamah gue yang udah ngelengkapin buku pelajaran gue waktu SD.

SMP, gue masih rajin baca, meski buku tambahan yang gue baca cuma lks, ya dulu gue jarang beli buku paket. Jadi gue sering baca berulang-ulang, apalagi novel yang cuma berapa biji ditambah 1 komik shinchan, semuanya punya kakak gue.

           SMA, gue keranjingan banget sama yang namanya baca novel apalagi kelas dua SMA, mulai gila-gilaan deh, gak tahu waktu,  gue sampe lupa  makan, mandi, yang gue lakonin, baca. 1 novel tuh gue bisa lahap dalam waktu seharian, kaya novel ayat-ayat cinta, gue baca jam 2 siang, selesai jam 10 malem, langsung tamat. Sekarang, mana kuat baca ke gitu, huhu , baca novel marah rusli aja belum kelar-kelar padahal udah seminggu.

Gue sekolah  deket sama kota, mulai dari sana gue udah mulai mengenal yang namanya beli novel,  meski gue harus nabung berbulan-bulan buat beli novel, huhu.  Gak banyak juga sih novel yang gue beli pas SMA, biasa masalah dokunya gak kuat. Seringnya gue pinjam novel di perpustakaan sekolah, apalagi novel yang jadul-jadul kaya siti nurbaya dan sejenisnya. Gue juga  suka pinjem sama guru BP gue, guru BP gue ini suka ngerentalin novel punya anaknya, harganya tuh Rp 2000/3 hari tergantung tebel nya juga sih. Ngelihat novel guru BP gue, yang bejibun, sumpah gue iriiiii, gue pengen juga kaya gitu, beli novel terus ngerentalin, dan duitnya buat beli novel lagi. Aaghhrrr, mulai saat itu, gue bertekad pengen beli novel sebanyak-banyaknya terus gue rentalin!!!

          Kuliah, gue kuliah di kota sekarang, yup Bandung.  Awal kuliah, gue doyan baca novel lewat ebook gratis, meski pada akhirnya berakibat gak baik ke mata gue, huhu. Cuma sekarang gue lebih suka beli dibanding donlot ebook, kenikmatan baca ebook sama baca lewat buku tuh beda banget.so, sekarang stop deh donlot ebooknya.Udah lumayan banyak novel yang gue beli, biasanya sih gue beli di gramedia merdeka sama gunung agung bip. Kalau lagi banyak duit, seminggu sekali gue ke toko buku, hehe. rekor gue beli novel ,  dalam seminggu gue dapet 15 novel, ahaha

Hiburan gue ketika jenuh, ya ke toko buku bukan nonton atau jalan-jalan kemana gitu kaya anak muda lainnya. Awalnya gue beli novel di tempat biasa, maksudnya gak liat diskonan, jadi harganya tuh beuuuh lumayan nguras kantong, nah sekarang semakin kesini gue selalu hunting novel di gramedia yang lagi diskon  gede-gedean sama gunung agung yang lagi promo buku murah. Gue seneng banget dapet novel yang awal harganya tuh ampir 74 ribu nah kalau lagi diskon gue bisa dapet cuma 20 ribu saja, gila kaaan,, murah, mana novelnya tebel lagi,, muaaah!  aah beruntungnya gue kuliah di kota, hehe. bisa hunting novel murah. Sekarang, gue lagi suka novel terjemahan  yang beuuh tebelnya lumayan buat nimpuk maling mah, sakit, sama novel urban legend terus gue juga lagi jatuh cinta nih sama novel yang ceritain tentang dracula,, apalagi sama count dracula.

Oya, kalau di awal gue terobsesi beli novel banyak buat direntalin, sekarang gak lagi tuh, gue gak minat, soalnya sayaaaaang kalau novelnya tar rusak, huhu. Pernah kejadian sama kakak gue, pas di pinjemin novelnya dalam keadaan baik, pas di pulangin beuuh ancur banget T_T. Gue care sama novel, gue sayang sama novel-novel gue, harta gue yang berharga. Aaakk Gue pengen buat perpustakaan!!

Jadi alasan gue ngumpulin novel sekarang adalah gue pengen dikenang setelah gue meninggal, ada sesuatu yang gue tinggalin. Yup novel. Gue pengen generasi setelah gue, doyan baca, meski yang gue sumbang cuma novel doang yang gak seberapa jumlahnya. Gue pengen setelah gue meninggal, novel-novel gue ini, disumbangin ke perpustakaan biar banyak yang baca bukan cuma stuck di gue. Nah, kalian yang baca postingan ini, adalah saksi, gue ikhlas nyumbangin novel gue setelah gue gak ada.

ini hobby gue, terus apa hobby lo?

kalau mau lihat daftar koleksi novel gue,, klik saja ini okay ^_^
Catatan iilajah: Daftar Koleksi Novel

3 comments:

  1. waduhhh... aku jadi saksi nih *tutup mata*
    smoga cita2nya tercapai ya mbak, bikin perpustakaan ^^

    ReplyDelete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!