Friday, September 12, 2014

Perjuangan Melawan Jerawat si Biang Ngeselin!!



Kalau ngomongin si jerawat nih ya, hati gue tuh udah gedek bener dah. Udah kesel,, bawaannya rungsing mulu dah nih kepala. Bukan apa-apa,, soalnya gue udah kenalan, sampe ni si ngeselin betah banget nemplok di hidup gue tuh dari SMP sampe sekarang ! Tahun 2003/2004 jadi udah ampir 10 tahun gue akrab banget sama si jerawat, lama bingit, kalau disamain sama ayam, udah ngasilin berapa telur tuuh??


Pas SD muka gue mulus kek pantat bayi meski dibedakin sama bedak MARCKS yang harganya seribu lima ratus perak, beranjak SMP  gue mulai kenalan sama si jerawat satu atau dua biji. Selain karena masalah hormon/pubertas, gue pikir ini karena perawatan wajah gue gak beranjak ke tahap yang lebih lagi dalam artian gue tetep make si MARCKS. Mana ditambah kotoran/debu yang nempel makin ajib.

Jarak dari rumah ke SMP tuh ampir 3 kiloan dan gue pulang pergi dengan jalan kaki, kebayangkan tuh debu di jalanan kek gimana, dan gue tetep setia sama si MARCKS, mana kalau pulang dari sekolah gue jarang cuci muka. Sejak saat itu deh, jerawat gue mulai beranak pinak sampai sekarang,  huhuhu. Selama 10 tahun, gue udah berjuang ngelawan si merah ngeselin ini dengan berbagai cara dan gue gak tahu sampai kapan perjuangan ini bakal berakhir,, huhuhu yang jelas gue masih setia berjuang meski terkadang lelah dan capek hati.

Karena moto gue berbagi, maka gue bakal berbagi apa saja yang gue lakuin buat ngemusnahin si merah ngeselin.

1.    Pake facial foams ponds yang warna hijau sama creamnya yang warna ijo juga, gak ngefek.
2.    Beralih ke facial foams yang pink, gak ngefek
3.    Pake cream nivea, gak ngefek.
4.    Pernah pake sabun lifebouy yang khusus jerawat. Gak ngefek.
5.    Pake veriil, sama gak ngefek.
6.    Buat ilangin bekasny pernah pake melanox.
7.    SMA ke dokter kulit di RS ciereng subang, mahal juga ya, tus-tusan lebih sekali kontrol, yang mahalnya sih obatnya, gue di kasih pil buat diminum, cream, sama pencuci muka yang warnanya ijo. Ngefek, Cuma mahal gak diterusin, hehe
8.    SMA kelas 2. Pake  mecco pearl cream, mulai ada perubahan, bekas jerawat mulai ilang, jerawat Cuma 1,2 biji, malah wajah gue jadi lebih cerah dari leher gue,, Cuma di wajahnya gak rata, belang-belang gitu. Pas awal kuliah masih pake, cuma jadi gak cocok, mungkin kondisi lingkungannya berbeda. SMA gue di sumedang dengan udara yang masih bersih apalagi gue di daerah pegunungan. Kuliah di bandung dengan polusinya yang wow mana udaranya tambah panas. Berhenti dah pake meco.
9.    Pake cream citra mutiara, mulai cocok meski di wajahnya jadi ada bling-blingnya,, hehe agak lama wajah jadi ngelupas mana muncul bintik-bintik kecil kek biang keringat. Berhenti dah.
10.    Balik pake cream dan facial foams nya si pink ponds, gak ngefek.
11.    Mulai pake produk perawatan buat jerawat dari ACNES, dari facialfoam, tube warna kuning gak apal namanya, sampe yang berbentuk botol lumayan gede dan baunya gak nahan, cream buat ngemasker yang ada ekstra teh nya. Kurang lebih 4 produk deh dari acnes aja. gak ngefek malah tambah parahngik. Mana baunya kek alkohol, bau obat gitu dah.
12.    Pake pembersih wajah sariayu khusus jerawat, gak ngefek.
13.   Pake pemutih yang krim siang sama krim malam, warnanya kuning sama putih harganya 150 ribeng,, ngefek, jerawat ilang, kulit ngelupas, wajah gue jadi lebih putih dibanding leher, pake itu pas lagi libur semester, pas balik ke bandung, mulai berdatangan lagi tuh. Kayanya gue gak cocok sama bandung T_T
14.    Pake olay yang rich, ngefek, wajah mulai cerah Cuma wajah gue berlinang gitu kek kebanjran minyak
15.     Pake olay natural white, gak ngefek, malah lebih bagus pake yang RICH.
16.    Pas akhir kuliah ke dokter kulit di RS pakuwon Sumedang,  dikasih pil, cream, pencuci muka, bedak, pencuci mukanya sama persis kek RS ciereng Subang. Ngefek, lumayan kelihatan hasilnya,, Cuma haduh beraaat di kantong, obatnya mahal,,.sekali kontrol bisa ngabisin 300-500 ribu, eh pernah nyampe 700 ribu juga sih,  mana disuruh ketemu tiap seminggu sekali. Ditambah pulang suka malem, dari subang ke sumedang kan lumayan jauh mana jalannya lewat hutan,, ngeri-ngeri sedaap. Dua bulanan dah langsung stop aja. Apalagi gue gak mau ngebebanin bapak.
17.    Terus pake masker jerawat sariayu. gak ngefek.
18.   Pake Bb creamnya garnier. yang ini cocok, bukan untuk jerawat sih tapi, lumayan menyamarkan noda jerawat. hehehe

Selain pake produk  yang ada di pasaran, gue juga pernah nyoba pake yang alami, sampai yang aneh-aneh,,
1. Pake tomat dimaskerin tiap tidur, malah bikin pori-pori gede
2. Pake masker lidah buaya, kulit jadi kenceng pas udah pake.
3. Pake pasta gigi pepsodent pas mu bobo, di tempelin di jerawatnya rasanya anget-anget gitu. hasilnya gak kelihatan.
4. Pake madu tj yang murni dimaskerin pas mu bobo. Di semutin,, cenat-cenut muka gue digigitin semut. gak ngefek


5. Pake minyak keletik alias minyak kelapa.

6. Pake sabun bayi zwitsal terus dilanjutin masker minyak zaitun, malah tambah parah, dari awal Cuma 10 biji jadi 100, kebayangkan tuh parahnya gimana.

7.  Pake jeruk nipis, di belah terus ditetesin ke jerawat. Ngefek Cuma periih.

8.  Pake mentimun di maskerin. Tinggal diiris tipis tempel dah.

9. Pake kunyit (-_-yang buat masak itu loh) dimaskerin, tuh kunyit ditumbuk terus templokin ke wajah.

10. Pake sarerang kawung, orang sunda pasti apal,, abu nya (-_-batang/lidinya gitu, gak apal uy, tau jadi soalnya) pohon aren.

11. Pake garam di kasih air anget, ditempelin ke jerawat.

12. Pake bawang putih, ditumbuk terus tempelin ke jerawat, aduh perih dan panasnya gak nahan bo,, gak ada yang ngalahin dah. Jangan pake lama-lama.

13. Cuci muka pake air beras yang pertama , dilakonin juga.

14. Pake koneng bodas (-_- kunyit putih), buat dimaskerin.

15. Cuci muka pake air teh basi, tuh ampas tehnya di maskerin. Malah gatel,,

16. Pake putih telur dimaskerin.

17. Pake air anget buat cuci muka.

18. Pake air es buat cuci muka ampe tuh balok es gue tempelin di jerawat gara-gara gatel.

19. Maskerin muka pake ampas kopi.

20. Saking keselnya gue pernah cuci muka pake sabun mandi lifebouy warna putih.

21. Ini mungkin agak jorok, gue taunya pas SMP ngedenger dari temen, cuci muka pake darah haid, di hari pertama. Gue lakonin juga sih. Hihi

22. Malah ada yang nyaranin di usap pake sempak yang udah dipake pas pagi hari, tapi gak gue lakonin,, agak gimanaaa gitu, hajjuuh

Kesel, sakit hati gue,, gak ada yang beneran cocok, gak ngerti deh gue mesti nunggu sampai kapan biar nemu yang cocok.saking capeknya, gue ampir 2 bulanan gak pake apa-apa, Cuma cuci muka doang, bukannya berhenti malah tambah nyakitin, perih, sampet nyerah sampai gue bilang
“yaudahlah, terserah kalau lo mau setia sama gue, gue gak pikirin toh nanti kalau gue mati, tubuh gue juga dimakan sama cacing di dalam tanah, jadi buat apa perawatan ini itu kalau nanti nih badan di makan belatung dan jadi tanah juga!!! Toh semua ini gak akan abadi.”
Tapi,, semua itu berubah setelah gue ngaca,,,

“aaaaaaakkkk ngeri sendiri gue ngelihat nih wajah!”, koq gue jelek banget sih? si ogre putri Fiona aja lebih cantik dibanding gue,, huaaah!!
Dengan modal nekat akhirnya gue pake lagi tuh produk olay rich sama facial foams nya garnier yang katanya bisa ngilangin 6 tanda masalah wajah,, sekarang? Heheh gue mulai senyum meski gak lebar,, udah kelihatan hasilnya mulai cerah lagi deh hehe,,ya walau wajah gue gak mungkin bisa mulus kek pantat bayi lagi tapi setidaknya si perihnya ilang, :D
Cari senjata buat musnahin si jerawat ini sama kek kita nyari jodoh, cocok-cocokan, entah  harus bertemu dengan berapa banyak produk dulu baru ketemu yang pas,  entah harus nunggu berapa lama. Jalani dengan happy aja, meski bikin minder, meski suka negatif thinking sama orang yang lagi liat gue,  meski ngeliat orang pada jijik, meringis, atau langsung pegang wajah pas lihat gue, meski ditanyain sama orang koq bisa gini, koq bisa gitu, meski ngedenger orang bisik-bisik dibelakang gue dengan keadaan ini, ya udahlaah. Lo semua gak pernah ngalamin kaya gue, gimana gue berusaha keras buat musnahin, udah ngusir jauh-jauh tapi kalau dianya mau terus sama gue, gue mesti gimana!!!!!!!?????????

Udah ah bye,
FIGHTING!!!!

update:
makasih ya buat yang share pengalamannya :D so, disini gue mau update cerita, tentang apa yang gue lakukan dan perkembangan si jerawatnya kaya gimana  :)

setelah memakai produk olay, gue memutuskan untuk tidak memakai produk yang ada di pasaran lagi,  soalnya gak ada perkembangan yang berarti. jerawat gue tetep berojolan. :(  yang gue lakuin hanya cuci muka doang pake air biasa setelah beberapa bulan deh gue ngalakuin hal itu doang, muka gue udah mulai rata gak beriginjulan gitu. paling satu dua biji yang nongol pas mau haid. pas muka gue udah rata, gue mulai pake pucuk daun jambu batu buat cuci muka gue dan sejauh ini berhasil di muka gue . muka gue gak merah-merah.gak ada lagi jerawat yang gede dengan atasnya yang seperti nanah.

dan ini dia hasilnya setelah gue pake rutin tiap bangun pagi dan mau tidur. muka gue udah mulai kelihatan bersih, dipakein bb cream juga udah  kelihatan mulus, meski masih kelihatan tuh bekas-bekasnya, tapi yang penting jerawat yang gede dan bernanah itu hilang :D muka gue udah rata :p  eh,, kulit wajah gue maksudnya, hahah =D

AWAS PENAMPAKAN!!!

jerawat
sama sekali gak gue edit fotonya, cuma di crop. ini gue fotonya pas malem


cara pakainya, kamu ambil pucuk daun jambu batu yang masih muda, kalau gue sih pake 4-5 lembar daun deh. cuci bersih. cuci muka dulu pake air biasa. lalu gosok daun jambu batu itu hingga halus. gosok deh ke muka.  lalu bilas. gue pakenya rutin dan gak pake apa-apa lagi,,


ini foto gue tahun 2011,, meski jerawatan tapi gak sebanyak sekarang, bandingin aja fotoya,, sedih gue kalau inget itu,,  pengen ngilangin bekas jerawat yang ada malah jadi tambah parah.. huhu




akhirnya bisa update postingan ini lagi setelah sekian lama :D. sampai sekarang gue masih pakai daun jambu batu buat cuci muka meski tidak sesering dulu ketika jerawat meradang, paling 3 hari sekali dan ini foto gue yang sekarang, tahun 2016 bulan oktober. 




fotonya gak gue edit tapi mungkin diedit sama tukang fotonya. yang jelas muka gue sekarang kaya gini. kaya emak-emak yaaaa? bulet banget nih muka, huhuhu itu karena berat badan gue naik 10 kg dalam waktu 3 tahun, gila kaaan. mau diet tapi, susah, gue nya laper :| (-_-ya iyalaaaah) ah biariiin yang penting sedikit demi sedikit jerawat gue mulai menghilang :D dan gue seneng banget! ya meskipun muka gue gak akan semulus Sandra Dewi tapi, gue bersyukur jerawat parahnya udah gak pernah nongol lagi walaupun gue makan semaunya, gorengan, ayam, telur, hayu aja gue jabanin. hahaha :D  



satu hal yang mesti diperhatikan kalau ingin membasmi jerawat adalah air untuk cuci muka. gue baru ngeh kalau jerawat gue makin parah setelah gue pindah kost ke kostan yang kualitas airnya jelek banget. waktu itu gue ngekost di cicadas bandung, air tanahnya berwana kuning dan berbau tembaga. bener-bener jelek!! beda dengan di rumah yang sekarang, airnya jauh lebih jernih.



oh ya, efek dari jerawatan itu membuat gue menjadi jauh lebih bersyukur menerima kondisi gue yang sekarang. dulu jerawat dikit aja udah pusing cari produk yang ada dipasaran, mana gue pengen muka putih bersih. akibat iri liat artis di iklan :D hahah dan sekarang gue takut buat mencoba produk yang ada di pasaran.  duh bingung.

35 comments:

  1. Halo sist. Masalahnya sama kayak aku huhuhu. Senasib kita.
    Sekarang gmn jerawatnya udah ilang blom? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga. Udah nyoba berbagai cara. Apalagi kulitku ini sensitif. Mau pake produk kyk ponds takut ga cocok. Ini aja pake sariayu msh ada jerawat. Mau dp atau ga lg dp jerawat tetep ada. Disitu kadang saya merasa sedih :'(

      Delete
    2. ya , disitu kadang saya merasa tak pede, huft tapi mau gimana lagi, udah nyoba gak berhasil, pasrah aja. ke dokter manjur tapi mahal, :D

      Delete
    3. Iya bener banget jd ga pede :')
      Dari smp aku sampe sekarang. Entah udh brapa tahun hiks.

      Delete
    4. nah sekarang umurnya berapa sok, aku itungin deh :D

      Delete
  2. Replies
    1. kenapa jangan :D tenang aja gak akan bilang sama siapapun :)

      Delete
  3. Sama banget. Lelah gw menghadapi jerawat

    ReplyDelete
  4. Wah sama nih kaya gue. Tp gue cuek aja. Kalo dipikirin numbuh lagi jerawatnya hahaha

    ReplyDelete
  5. Sama bangeeet, ke dokter bersih sih tapi kalo gak rutin ya muncul lagi, mau rutin duitnya banyak bangeeet :( kata temen jangan pake apa2 (no bedak, no sabun muka) tapi aku coba malah makin parah :(((

    ReplyDelete
  6. Aku juga sama ni, aku mau barbagi cerita sedikit.. aku jerawatan udah 4tahun setengah.. aku sering baca2 review orang2 tentang jerawat.. dulu aku jg pernah ke dokter sampe pindah 3 dokter tapi tetep gak sembuh2. Memang sih jerawat aku ini karna keturunan, tp aku bingung skrng ini jerawat tambah parah;( setelah aku buat kesimpulan ternyata pakek obay dokter itu gak bisa stop dan budget nya gede banget.. aku mutusin gak pakek dokter lg dan ternyata tambah paraahhh bangeeettt.. semenjak itu aku nekat gk pengen pakek obat dokter atau krim2 karna aku udah ketergantungan (jerawat kecil2 banyak merah ampe muka nebel), mangkanya aku mau lepas.. trs aku pakek yang alami alami dan kalo cuci muka aku pakek sabun bayi zwitsal. Walaupun skrng aku masih jerawatan dn muka ku merah se enggak nya muka ku gk ketergantungan obat2an dan gak berminyak:')

    ReplyDelete
  7. bukan dokter kecantikanJune 28, 2015 at 6:31 PM

    Halo sis! Aku juga pernah mengalami hal yang sama kaya sis sekitar 2thn-an. Aku juga tau rasanya gimana jerawat buat kita ga pede malah aku sempet ga semangat ngapa-ngapain. Tapi, alhamdulillah sekarang jerawat aku sembuh. Aku cuma mau berbagi tips aja sama sis, barangkali bantu :)

    Kunci dari penyembuhan jerawat itu; sabar, telaten, ga putus asa dan selalu optimis kalau jerawat kita bisa hilang.
    Walau lamaaaa bgt jerawat nongkrong di muka kita tetep sabar, jangan desperate apalagi stress. Nah, itu kuncinya. Kalau cara
    penyembuhan itu dari dalam dan luar. Karena kalau kita hanya melawan dari luar seperti cuci muka, toner, dsb itu ga bekerja
    maksimal, harus didorong dari dalam. Karena jerawat itu juga punya hubungan sama diet dan antioxidant. Coba deh sis bantu dari
    dalam dengan makan sayur dan buah ( kalau gasuka sayur, aku saranin paksa karena itu penting bgt ), minum air putih sehari 2L,
    perbanyak asupan vitamin, olahraga dsb. Karena jika antioksidan kita tinggi bisa membantu memerangi bakteri penyebab jerawat.
    Believe me it works, asalkan kita niat dan telaten.

    Terus jangan banyak begadang atau stress, itu mempengaruhi kulit kita. Kebanyakan begadang buat regenerasi kulit kita pada
    malam hari ga bagus dan stress bisa mempengaruhi kondisi kulit. Hindari dua hal itu.

    Untuk yang dari luar, aku saranin, jangan terlalu banyak ganti produk. Kalau perlu untuk cleansing pakai extra virgin olive oil, baru
    sabun cuci muka. Hindari sabun dengan komposisi Paraben, Sodium Laureth/Lauryl Sulfate, Pthalates, Fragrance, Mineral Oil.
    Terus, JANGAN TERLALU SERING MENGGUNAKAN SCRUB karena dapat mengurangi lapisan kulit dan menyebarkan bakteri dari
    satu tempat ke yang lain. Untuk toner, cobadeh pakai yang alami kaya cuka apel / apel cider vinegar yang terbukti kalau apel bisa
    membantu memperbaiki sel-sel kulit yang mati. Terus maskeran 2x seminggu.


    Kirakira segitu aja, semoga membantu:)

    ReplyDelete
  8. Sist, aku jg berperang lawan jerawat udh lbh dr 10 thun malah. Coba ini itu ga ada yg cocok,sampe pnh pengen nangis pas keluar rumah dgn jerawat bejibun di muka aku. Tp alhamdulillah skrg aku udh ga jerawatan lg sist semenjak cocok sama sabun produk dr korea namanya gen java collodial silver soap. Sabun itu ampuh bgt di aku. Cb deh gugling2 lg ttg sabun itu sis.siapa tau cocok. Hope it will help :)

    ReplyDelete
  9. Hai sis, aku jg ngalamin hal yang sama, aku mau share aja nih, aku sering baca jurnal2 kedokteran ttg cara mengobati jerawat, dan krim racikan dokter buat obat2 jerawat itu ga jauh2 dari benzoyl peroxide, antibiotik, tretinoin, dan salicyd acid. Coba deh kamu beli itu di apotik biar lebih murah. Tp harus bener belinya dan pakenya. Misalnya:
    1. kalo jerawat kamu tipe yg gede2, kamu beli benzoyl peroxide, belinya cukup yg dosis terendah (2,5 atau brp dosisnya aku lupa) pake rajin tiap malem banyak2, cuci muka pake sabun yg lembut kaya cethapil atau yg mengandung salicyd acid tp jgn pake ponds ya, sepengalaman aku sih mlh tambah parah, siang pake antibiotik oles clindamycin (beli diapotik jg, merknya mediklin kalo gasalah, beli yg oren ya jgn yg ungu) dan sunblock yg ga mengandung paraben, dan siap2 kulit kering selama pengobatan.
    2. Kalo tipe jerawat kamu komedonal, kecil2 kaya biang keringat, pake tretinoin dosis terendah jg (tanya sama mbak2 apotik atau gugling dosis terendah yg dijual dipasaran brp), merknya vitacid, tp siap2 purging nanti jerawatnya keluar semua dan gatau brp lama tp hrs sabar, dan wajib bgt2 pake sunblock, sebelum pake sunblock pake antibiotik oles, cuci muka pake sabun yg lembut. Sebenernya ada tretinoin yg lebih "anteng" namanya adapalene, cuma agak susah dicari di indo, biasanya cuma ada di krim racikan dokter. Yg gampang emg cuma vitacid

    Tp kalo kamu ga tahan jerawat keluar semua (aku juga) mending cobain pilihan pertama, kalo udah tinggal bekasnya baru pake pilihan kedua, karena tretinoin jg bisa ngilangin bekas jerawat. Dan buat jerawat yg gede2, bisa ditambah obat totol yg mengandung sulfur kaya sariayu.
    Jgn pake sabun bayi karena mengandung minyak yg bakal memicu jerawat kita.
    Bisa juga minum zinc yg dijual diapotik, zinc bagus buat pembersihan kulit.


    Selamat mencoba dan semoga berhasil. Aku udah coba dan alhamdulillah berhasil soalnya :)

    ReplyDelete
  10. ahh senasib...bertahun-tahun melawan jerawat...aku tahu rasanya sampai-sampai ngefek banget ke pergaulan..aku orangnya jadi susah bersosialisasi karena minder melulu..hikssss....anyway sudah kira2 3 bulan aku berenti dari segala krim dokter..it doesnt work to me...sekarah aku pake himalaya neem series terdiri dari facial wash, scrub dan mask..harganya murah (banget)..lumayan cocok ..gak mulus2 amat tapi lumayan berkurang jerawatnya..

    ReplyDelete
  11. Sist saya jg jerawatan udh 1,5 tahun udh berbagi cara yg udh gue lakuin tapi Gk sembuh sembuh,Taprencana Selanjutnya sih pakai Sabun Swizsal dan minyak zaitun yg ekstrak Virgin nya gimana manjur gak ya?please di balas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di gue, malah tambah paraaah banget.

      Delete
    2. Kalo saya ngefek bagus bangett sekarang pake switzal udah gak jerawatan lagi, tapi gak pernal pake virgin oil. *justshare

      Delete
    3. Kalo saya ngefek bagus bangett sekarang pake switzal udah gak jerawatan lagi, tapi gak pernal pake virgin oil. *justshare

      Delete
  12. Mba sumpah aku baca tulisan mba malah ketawa ngakak lucu banget .Apalagi pas mba udah ga mau peduli sama jerawat lagi tapi pas mba nya ngaca, mba nya ngeri liat muka nya sendiri hehe

    ReplyDelete
  13. Wwkkwkw bikin ngakak.. coba deh ilangin pake masker kefir yg lagi booming, lumayan kok murmer buanget.. trs rajin minum rebusan buah pare.. dijamin jrawat kabur.. cm jangan di tanya rasanya.. amazing banget.. kl kefir baunya juga amazing..

    ReplyDelete
  14. Siss sama masalahnya hahahahah.. aku jerawatan dr sd dan skrg umurku dah 26 taun. Lebih bersyukur aja kalo skrg, toh usaha juga udah :) malah ada temen yg ga pake obat dokter dan g coba2 produk sembuh sendiri. Prosesnya lama sih sampe tahunan..

    Kalo skrg aq lg masa purging gegara efek dr kerjaan yg bikin kulit keringetan, jd byk bruntusan. Tp skrg dah lumayan ngurangin jrawatnya..

    Yg mba rasain, sy jg rasain :'). Gmn org2 mandang kita,yg cemooh, bisik2..
    Tp kita jg dapet tmn dan pcar yg setia sma kita walau gmn pun kondisinya.

    ReplyDelete
  15. Artikel yang bermanfaat. Kalau boleh saya menambahkan dan melengkapi artikel di http://www.jerawatan.id/2016/05/23-cara-menghilangkan-jerawat-kecil-kecil-secara-alami-dengan-cepat.html?m=1

    ReplyDelete
  16. Aku juga lagi berjuang melawan jerawat nih, tdinya aku jerawatan kalo lagi haid aja itu juga paling 3-4 biji sama jerawat kecil kecil dijidat sedikit, disitu aja masih setia pake pons pink tapi setelah liat teman ku mukannya jadi lebih bersih setelah pake wardah aku ikutan deh dan berpaling ke wardah, tpi malah petaka buatku namanya juga produk jadi cocok cocokan. Muka ku malah tambah parah jadi bruntusan bnyak sampe sampe penuh semuka dan tiap harinya ada aja jerawat yg tumbuh dan situ pertama kalinya aku ngerasain gatel dan sakit dimuka gara gara jerwat bnr bnr nyiksaaa, padahal aku cuma pake skitar 4 harian yaa kira kira 8 kali pake, akhirnya aku memutuskan kembali ke pons tapi ga ngefek sama sekali,tapi aku lanjutin aja pake pons abis bingung dan udah stres bngt liat muka jadi begini. Dan akhirnya aku ketemu temen yg nyaranin pke sebamed gara gara dia kedokter spKK tpi bukan masalah jerawat dan dikasih sabun sebamed katanya bagus bngt produk ini. Alhasil aku googling rentang sebamed ini dan aku coba beli sabun batangnya dulu yg buat jerwat harganya 76k dan alhamdulillah udah gatumbuh lagi tuh jerawat dan dibruntusannya udah mulai kering satu persatu. Tapi masih bnyak sih, tapi yaa alhadulillah aja soalnya baru pake seminggu tpi udah ada hasil.

    ReplyDelete
  17. sama sis gua juga skrg lagi perang sama jerawat , gua jerawatan dari masuk SMK, semenjak gua ke dokter muka terus beli acne lotion buat ngeringin jerawatnya skrg jerawat gua alhamdulillah sis mengering , cuman gua make nya di totol" kalo recomend dari dokternya sih harusnya di usap" ke semua muka , cuman gua lebih suka di totol"in , soalnya kalo di usap" kemuka pagi nya berminyak parahhhhhhhh ' yaa wlpn alus sih di muka habisannya -_- gua kadang minder kalo jalan sama cowo gua , laki" aja muka MUULLUUSSSS LUUUUS LUUSSSS , lah gua yg cewenya ??? -_- tapi skrg gua ga ambil pusing sis soal jerawat , udah cape :V ohiya sis yg lu lakuin di atas ekstrim bgt yah sampe sempet ngakak juga bacanya ,

    kalo perjalanan gua dulu berliku" juga sampe gua ke dokter spKk , ampuh sih ampuh , tapi lama" gua jerawatan lagi :V terus pernah faccial juga di dokter kecantikan , sumpah pas di faccial perih banget , pas 2 mnggu kmudian jerawat ilang , bekasnya itu lohhh aduhhhh T_T habis itu gua kapok faccial lagi padahl baru pertama dan jrwt gua malah makin bnyk T_T

    skrg yaa gua pake acne lotion itu aja sama sabun mukanya clean amd clear faccial wash soalnya muka gua tergolong sensitif ga bisa pake produk yg Wangi" , untuk cream nya gua pake meco pearl cream (bener ga ya tuh tulisannya hahaha) yaa pokonya meco lah , yaa alhasil skrh mukanya berangsur" membaik jerawat udah ga tumbuh (bukannya promosi ya) , gua sih pake meconya baru semnggu , coba kita lihat kedepannya :D

    ReplyDelete
  18. Mau cerita nih gue juga sama
    Jd gini awalnya gue ikut ikutan pake krim gajebo gt bertahan lah lumayan lama tp lamalama muka gue jd jerawatan gt, nah gue gatahan tuh dikatain org apaan akhirnya gue kedokter dah nah tu dokter ngasih gue vitacid dan emg gue ngalamin yg namanya PURGING omg purging tuh kaya neraka bgt bagi gue jerawat tumbuh dimana mana nah akhrinya gue gatahan nih sama purging ini yg bikin muka gue keluar jerawat dimana mana merah pokoknya ga bgt deh ya akhirnya gue berhenti ditengah jalan,dan gue cobain ke vidiz baniar emg lumayan tuh cocok enak juga krimnya tapi sebulan gaada perubahan yg signifikan akhirnya gue putusin buat berhenti dan cari klinik yg lain ketemu deh auraku dan disitu emg enak sih cocok dimuka gue lumayan ngilangin jerawatnya jg,oiya aura murah bagi anak sekolahan ky gue tuh hahaha dan skrg jerawat emg udah gaada paling cuma 1 atau 2 ,tp bekas jerawat gue banyak duh ampun hilang jerawat datang bekasnya,dab skrg gue lg cobain hiruscar yg made in singapur itu tuh yg katanya worth it bgt buat bekas jerawat, ya semoga cocok deh soalnya harganya buat salep sekecil itu bikin dompet gue nangis

    ReplyDelete
  19. Sma nasib kita mbak . Tapi skraang aku pakai madu tiap malam. Dan iyu amzing !!!

    ReplyDelete
  20. Ngomongin jerawat yaa rasanya mau tukeran kulit aja. Udah berapa kali ganti cream dokter, beli obat oral yg dijual di apotik, obat yg diminum, facial yg termurah 70 sampai termahal 250 sudah dicoba. Ngga ada hasilnya bener-bener desperate. Bayangkan saja udah berusaha trus ngeluarin budget yg ngga sedikit bukannya sembuh malah numbuh baru. Kesel bgt dikasih hidup yg harus keluar uang banyak cmn buat jerawat dan jerawat salah satu problem dlm hidup. Aku ini blm ngerjain skripsi tp udh bayangin stress. Ngga tau gmn kedepannya. Yg muka dirawat aja begini :')

    ReplyDelete
  21. Halo, mohon izin untuk mengangkat kisah pengalaman Anda di blog saya, ya...
    Terima kasih...
    Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

    ReplyDelete
  22. makasih buat yang buat blog ini, asli bikin ngakak. mana ada bersihin jerawat pake darah haid:') semoga jerawatnya cepet ilang! jangan terlalu dipikirin

    ReplyDelete
  23. Aku saranin pake sabun bayi.. Tp harus yang badan, gaboleh yg 2in1. Seenggaknya jerawatnya mendingan walau gak ilang. Atau coba pake facialwash pigeon. Saran doang sih, kan kulit orang beda". Moga cepet ilang ya dear jerawatnya😁😝

    ReplyDelete
  24. haloo kak aku juga pernaha jerawatan kayak kakak, bahkan lebih parah:(
    tapi syukur puji tuhann aku maskeri pake jeruk nipis campur saripohatji(masker bubuk gitu belinya di toko jamu;p)kempess kak dan tinggal bekasnya ja, terus aku pake jafra clear blemish sama clear pore kak, dan itu bener" ngaruh di muka aku sekitar 1 bulanan lebih muka ku bener" balik kak senenggg bangett cuman si pori"nya aja yang besar :( tapi gpp syukurr bangt muka udah bisa mulus beginihhh. oiya aku tiap minggu make scrub kunyit+garam+daun teh 2x seminggu, dan maskeran tiap hari tetep pake si jeruk nipi sama saripohatji, dan aku juga pake toner cuka apel kak, sekitar 3 bulanan gitu mukaku udh mulus banget bersihhh hehehe

    ReplyDelete
  25. Sayaa jugak mengalami jerawat yang parahh,dulu belom parah banget skrg dah parah bgt sampe muka itu merah pedih gtu apalagi dijidat ku,dah nyobaa segala macam produk yg biasaaa yg diapotek sampe masker2 jugak sampee dah kedokter 2 kali tp dokter pertma buat jrwt ku makin parah dan yg dokter kedua awalnyaa lmyn hilang dan malah pake peeling dan skrg mukaku parah bruntus2 jrwt dijidat didagu entahlaa,gatau mesti pake apa lagi yg bisa ngilangin jrwt ini,

    ReplyDelete
  26. Sayaa jugak mengalami jerawat yang parahh,dulu belom parah banget skrg dah parah bgt sampe muka itu merah pedih gtu apalagi dijidat ku,dah nyobaa segala macam produk yg biasaaa yg diapotek sampe masker2 jugak sampee dah kedokter 2 kali tp dokter pertma buat jrwt ku makin parah dan yg dokter kedua awalnyaa lmyn hilang dan malah pake peeling dan skrg mukaku parah bruntus2 jrwt dijidat didagu entahlaa,gatau mesti pake apa lagi yg bisa ngilangin jrwt ini,

    ReplyDelete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!