Tuesday, February 03, 2015

Curahan Hati Seorang Blogger Taubat

Sekarang ini gue lagi kepikiran sesuatu, entahlah rasanya pikiran gue penuh sama tuh masalah. Mau gue abaikan toh masih banyak orang ngelakuin hal yang sama kaya gue dan nyatanya mereka anteng-anteng aja tapi tau deh mungkin karena pada dasarnya gue orang yang berbudi luhur dan baik hati plus kejujuran adalah hal yang paling gue jungjung tinggi meski hanya setinggi pensil tapi tetap kan itu sebuah kejujuran, nilai sebuah kejujuran jauh lebih tinggi dibanding sebuah kebohongan meski kebohongan yang lo miliki tingginya udah ngalahin menara pissa. Eh gue ngomong apa sih?


Jadi gini gue mau curhat, dua minggu yang lalu gak sengaja sumpah deh gak sengaja gue masuk ke sebuah forum para blogger setelah sebelumnya gue blogwalking ke blog orang, di forum itu banyak deh yang namanya ngomongin hal yang berbau blog dan salah satu thread disitu ada judul thread yang bikin gue terhenyak.

Judulnya tuh “peringatan buat yang suka ngambil gambar di google”  tadinya sih gak mau klik soalnya gue tau gue demen banget nyolong gambar di google, liat aja deh tiap postingan gue pasti ada aja gambar nongol dan jujur dari 1000+ gambar yang ada di blog, hampir 80% nya gue nyolong di google.

Dan parahnya jarang banget gue ngasih tau sumber fotonya. Karena gue pikir, nih gambar kan belum tentu pemilik aslinya adalah yang nge-upload, gue ngerasain sih rasanya gimana saat postingan di copas terus dicopas lagi sama orang lain dan sumbernya bukan ke blog gue tapi malah ke orang yang pertama nyopas blog gue, sakitnya tuh disini, di dalam hatiku,, berdasarkan hal itu jadi aja gue jarang ngasih tau sumber fotonya.

Apalagi gue tuh suka ngambil gambar di google, gak pas bikin postingan terus nyari gambar yang berhubungan, lebih sering gue searching gambar, ngesave dan entah kapan tuh gambar bakal gue pake di postingan jadi otomatis gue udah lupa tuh gambar dapet darimana.

Dan ternyata apa yang gue lakukan adalah hal yang salah, karena itu namanya ngelanggar hukum. Soalnya berkaitan dengan hak cipta, lisensi etc. Gue juga udah pernah baca sih ada orang yang didenda berapa ribu dollar karena make gambar gak bilang-bilang. Mampus kan duit segitu gue bisa dapet darimana coba seandainya ada yang ngelaporin gue karena nyolong tuh gambar. Ya masih untung sih kalau gak ada yang ngelaporin tapi siapa yang tahu gitu?

Ya udah tinggal ngasih sumber doang, eh gak segampang itu ya, meskipun ngasih sumber gambar kalau nyatanya tuh pemilik gambar gak ngizinin gimana? Ya tetep peluang buat dilaporin tetep ada.

Sebenarnya ada sih sumber foto yang nyedian foto-foto gratis buat dipake, sumbernya gue lupa, dan ada juga cara lain yaitu dengan make alat penelusuran di google. Caranya? Cari tau aja sendiri,

Intinya sih gue tobat gak mau deh nyolong gambar dari si mbah google lagi, mending make gambar sendiri yang gue buat, meski pas-pasan dan cuma gue buat di paint dong tapi ya seenggaknya sih aman, tapi jujurnya masih aja was-was bo, gambar yang ada di blog gue kan banyak terus hasil nyolong pula, ah mudah-mudahan gak ketahuan pemiliknya semoga sih si pemilik gambar baik hatiiiiiii jadi gak ngelaporin gue :D 

kalau mau yang lebih lengkap mengenai  tentang gambar di google bisa mampir ke sini  biar kita lebih hati-hati lagi saat ngambil gambar di google, biar gak kena akibat buruknya!

Udah ah segitu aja curhatnya,,,  :p

12 comments:

  1. Kemaren sempet dateng kopdarnya WB (warung blogger), salah satu nara sumber (gw lupa namanya) ngebahas tentang gambarnya yang di curi orang, bahasa alusnya di pake tanpa izin.
    Menurutnya di Indonesia belom ada hukum tentang pencurian gambar tapi dia menghimbau kalo emang mau pake foto di postingan, mending pake foto sendiri. Itung2 belajar jadi blogger yang taat peraturan

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukur deh kalau gak ada,, tapi kalau di negara lain gimana ya? masalahnya sih saya sering nyolong di blog orang luar juga x_x
      ya mending buat gambar sendiri, meski aduuuh kemampuan bikin gambar sendiri minim. :'(

      Delete
  2. hehe, saya sering juga sih ngambil gambar dari google, tapi tetap saya kasih link sumber gambar (kalo ngambil gambar-nya dalam waktu dekat), tapi tetap aja salah ya, karena belum tentu diizinin.
    wah, wah, masih harus belajar.
    eh, btw, gambar di postingan ini sudah buat sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aseeek ada temennya :D
      4 artikel terbaru gambarnya saya buat sendiri, meski emoticonnya saya ngambil di situs penyedia emoticon gratis,, eh itu disebut nyolong juga gak siih x_x

      Delete
  3. Hah? Ngeri juga didenda. Aki juga sering kayak gitu, haha.
    Tapi biasanya aku edit dulu. Diblur, kasih tulisan. Harus waspada nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngeri :(
      samaan berarti, tos dulu atuh :D
      ya meski diedit, tuh gambar tetep punya hak ciptanya,, ngerinya gak semua gambar digoogle bisa dipublikasikan lagi loh x_x

      Delete
  4. waduh, saya juga sering melakukan hal itu. jadi gak enak juga, ke depannya mau tampilkan tautan sumber gambar. hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik sih ngambil gambarnya di tempat yang nyediain gambar gratis,
      kalau gak salah,, salah satunya seperti di flickr

      Delete
  5. Kronis juga sih, tapi kita kalau cantumin asal muasal gambar sih, harusnya gak papa. Karena belajar dari penulisan skripsi dulu sih, soal diijikan atau tidak sih itu sebenarnya sudah resiko sih karena diposting secara online. Kecuali kalau gambar tersebut kita perjualbelikan, nah itu yang masalah. Selama gak ada unsur jual beli menurut gue sih fine fine aja deh. Sorry, mungkin rada bertentangan dengan orang2 lain. Malah harusnya bangga kalau karyanya banyak yang pake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih kalau dilihat seperti yang skripsi seharusnya gak masalah, tapi yang jadi masalah gak setiap gambar boleh dipublikasikan ulang apalagi yang seperti yang kamu sebutin, gambarnya dijual belikan. kalau menurut saya, kita harus tetep hati-hati ngambil gambarnya.

      Delete
  6. Lain kali kalo ambil gambar di google dikasih backlink aja buat sumber nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya,, saya tahu itu, tapi saya mikirnya belum tentu dia pemilik gambar aslinya!

      Delete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!