Thursday, February 12, 2015

Please,, Jangan Copas Isi Blog Gue!!!!





Sebelum baca postingan ini, gue cuma ingetin kalau postingan ini bakal panjaaang kemudian ada kata-kata frontal, sumpah serapah, amukan, gak enak di baca, rasa dendam dan penuh dengan rasa sakit hati. Buat lo yang punya penyakit jantung, gue ingetin sebelum lo terkena serangan jantung karena baca ini, sebaiknya mengurungkan niat untuk membaca dan inget buat lo yang gak setuju apa yang gue tulis, gue gak peduli, ini blog gue, gue bebas mau nulis apapun itu, termasuk yang bertentangan dengan banyak orang. Jadi, siapkan diri anda!! Hati-hati terguncang,,,

Sebenarnya kejadian ini udah lama, sekitar setahun yang lalu tapi gak gue share karena gue sadar gue salah satu dari mereka, tapi eiits gue gak nyopas full tulisan tapi gambar! Sekarang sih gue udah tobat Cuma kalau untuk ngehapus gambar colongan, maaf gue gak bisa :( Di postingan ini gue gak ngarepin apa-apa ko, cuma mau mencurahkan isi hati gue biar ngemplong karena selama ini cuma bisa ngedumel doang di hati dan rasanya gak  enak juga ternyata.




Cerita Si Copet

Gue masih inget dengan jelas gimana perstiwa itu terjadi.  Saat itu, gue lagi ngeforum di kaskus, malem sekitar jam 7an. Gue mangkal di lounge dan gue lihat judul thread yang sama persis kaya postingan gue, gue curiga nih postingan gue tapi gak gue klik, karena tuh thread selalu nongol di page 1, gue tergoda buat klik, tadaaa yap itu emang postingan gue yang dicopas abeees, sampe titik koma dan gak ada perubahan atau tambahan kata-kata dari si copet. Cuma nambahin ilustasi gambar doang, selebihnya itu pure tulisan gue, yang gue ketik, yang butuh beberapa jam untuk ngebuatnya!! Dan gue gak liat sumber tulisannya. Sialan lo!!

Sakit ati? Tentu!

Kesel? Banget!

Pengen nonjok? Uugh pisan, kalau dia deket gue mungkin udah gue maki-maki, gue tonjok idungnya sampe berdarah, gue jambak rambutnya, terus gue cempulingin ke cipunagara! Tapi tenang aja, gue gak sekejam itu ko, meski pikiran gue kejam tapi gue redain emosi, gue coba ngirim privat message ke si copet dan ini dia yang gue kirim,


 


Lihat kan gimana gak tahu malunya tuh orang, bukannya nyadar atau minta maaf ke gue dia malah minta balikin bata yang gue timpuk ke dia!! Kampret. Gue baru tau loh ada orang yang gak punya rasa malu, dikiiiit aja, udah nyopas malah ngambek ke gue. Harusnya yang marah kan gue bukan dia, sialan. Di copas sama orang freak emang kek gitu ya,, bener-bener bukan hari keberuntungan gue!

Dan ternyata tuh orang gak nyopas 1 artikel doang, tapi ada 4 artikel,  tapi ada 1 yang udah dihapus.

postingan gue yang di copas si copet!

Keselnya di thread yang lain pun dia gak nyantumin sumber, malah parahnya foto gue di edit dengan pake nama dia. Cih menyebalkan bukan. Ngaku-ngaku punya dia padahal copas. So, gue komen di thread itu dan ya dia hapus threadnya, meski salah satu thread dengan comment yang ampir 50 page gak dihapus!

Dia pikir dan mungkin kebanyakan orang bakal mikir kalau, “ayolah di kaskus itu biasa copas, menyopas” ya tapi apa sih gunanya buat lo? pengen tenar? Pengen cendol? Tapi dengan tulisan orang? Hoho gak kreatif!  Memalukan, memalukan, memalukan!! Ada yang bilang kalau dengan nyantumin sumber itu sebenarnya ya udah gak masalah. Ya siiih menurut lo mungkin begitu tapi nggak buat gue! dia emang udah nyantumin sumber setelah gue timpuk bata. Tapi yang gue pikirin bukan itu.

Artikel yang di copas itu salah satu postingan yang paling populer dengan visitor sehari bisa 100, dan karena dia copas, visitor gue turun karena orang searching di google dan nemuin 2 hasil dengan judul sama, apa tuh orang yang searching bakal klik blog gue? gak pasti dong, secara ada dua judul so, kemungkinan dia bakal klik judul itu juga, bukan ke blog gue! itu yang bikin gue kesel, huah  yang bikin blogger seneng itu, saat tulisan dibaca banyak orang tapi please dong dibacanya diblog gue aja :’( 1 visitor aja gue udah seneng!

Apalagi gue tengok komen yang di kaskus banyak yang ngebully tulisan gue dan ngehina-hina. Padahal kan itu cara gue, gue yang jalanin bukan ke mereka dan gak ngerugiin mereka tapi beraninya ngebully tulisan gue. Hal itu makin nambah kekesalan gue sama si copet, kalau gak di copet kan gak mungkin di bully dan gak bikin gue sakit hati, kampret!!


Dan ini dia pelakunya,, yang di profil kaskus sih ngakunya cewek, padahal bukan, gue searching dia di google dan ketemu tuh fb nya, ternyata dia laki yang cemen beraninya pake foto orang!


muka orang yang gak tahu malu



Cerita Si Plagiat

Dan emm,, selain itu ternyata ada orang juga yang ngeplagiat tulisan gue, tuh orang emang bikin tulisan yang beda, tapi hampir semuanya mirip tulisan gue, Cuma diubah dibeberapa kalimat doang. Sialan kan? malah gue nemuin ada yang bikin pdf nya!!

Jangan copy paste blog gue

Karena si copet pula, ada yang copas tulisan itu ke sebuah forum atau apapunlah namanya, tentang psikologi gitu dan lo tau, dia nyantumin sumbernya bukan ke gue tapi ke kaskus, ke thread yang dibikin si copet!! Eeegghh




Cerita Si Copaser

Postingan gue yang lain ada yang copas juga, padahal itu postingan Cuma nyeritain pengalaman gue. gue gak ngerti sih kenapa hal yang kaya gitu juga di copas, gak bagus-bagus amat ko tuh postingan dan gak populer juga. Gue samperin dan gue komen, tuh orang malah ketawa dan bilang lupa gak nyantumin sumber. Dan ngenesnya tuh orang nyantumin sumber tapi linknya bukan ke postingan gue tapi malah iilajah.blogspot.com. hah? Tepok jidat.  Ayolah jangan bikin gue darah tinggi ye,,




Cerita Si Auto

Sekarang, ini yang bikin gue tambah gendok, yaitu para pelaku yang ngaku blogger tapi males nulis hingga ngegunain yang namanya auto blog!!  Ya gue juga korban auto blog. Saat gue searching di google “catatan iilajah”  atau “iilajah” ada sekitar 10 page yang hampir semuanya autoblog.

Jangan copy paste blog gue


Pas gue klik atu-atu tuh blog, emang gak semua tulisan artikel ada disana, Cuma ada judul, sebagian kata-kata di postingan gue dan sebagian ada link menuju blog gue. dan lo tau keselnya, blog gue masih gratisan dan belum pernah narik duit dari gugel tapi emmm tuh si auto blog pake domain sendiri dan ternyata yang gue baca di sebuah forum yang namanya autoblog bisa ngasilih duit, iyuuuh apa gak haroom tuh duit, secara kan maling artikel orang secara otomatis. Kesel gue. ya mungkin ini gak enaknya jadi seorang blogger!! (-_-eniwei gue gak tahu ya apa ini auto blog atau agc, yang jelas ceritanya kek gitu, adakah yang bisa ngasih tau, gue korban apa sebenarnyaaaa?)

Entah harus seneng atau gimana sih karena kejadian ini. Yang jelas gemes gue. Kadang bikin males ngeblog, apalagi tuh si auto blog, artikel baru 4 hari, eh udah nongol aja di ntu blog. Udah pake penangkal ini itu, tapi kalau searching di google tetep aja nongol. Huuuh!

Ada yang bilang kalau tulisan kita di copas itu artinya tulisan kita bagus dan harus seneng atau bangga? Ko gue gak ngerasa gitu. Enek sih iya.

Gue sih cuma mau bilang kalau lo gak bisa nulis, gak punya ide nulis, atau lo punya ide tapi gak bisa merangkainya menjadi kata-kata, udah deh gak usah sok-sokan pengen ngeblog atau buat thread di forum. Karena ujung-ujungnya lo bakal nyopas tulisan orang lain. Lo pikir nulis itu gampang, woy kadang buat 1 artikel gue butuh waktu beberapa jam, gue perlu mikir, ngerenung, apalagi postingan yang emang tentang pengalaman dan gue rangkum dalam 1 artikel, setelah itu gue mesti baca beberapa kali, apa tulisan ini enak dibaca atau nggak, edit ini, itu dan asal lo tau itu makan banyak waktu!!

Dan dengan tanpa rasa malu lo nyopas postingan gue? nyopas yang cuma butuh berapa detik terus di edit dikit. Rasanya gak sebanding ya, gue buat beberapa jam, lo bisa bikin artikel cuma beberapa menit?!!! hey hati lo dimana sih? Pikiran lo dipake gak?  Ah ya mungkin lo gak pernah ngerasain gimana rasanya bikin artikel jadi lo gak tau gimana perasaan gue. ciih.

Oke gue sadar ko, selama ada orang yang berpendapat bahwa apa yang di share di internet bisa bebas dishare lagi tanpa make sumber,  si copaser bakal tetap ada. Selama ada orang yang gak bisa ngehargain hasil karya orang, si plagiat masih bisa menggeliat. Selama ada orang yang oke-oke aja, maka si copet pun akan merasa baik-baik saja saat dia copas karena banyak orang yang ngebela dan bilang bahwa itu hal yang biasa terjadi. Selama ada yang bilang bahwa copas adalah hal yang biasa, copas menyopas di dunia maya akan selalu terjadi. Selama gak ada rasa malu yang ditanamkan diotaknya, copaser bakal makin beranak-pinak. Atau selama ada yang berpikir copas tapi nyertain sumber itu sah, ya si copaser makin happy ending.

Kepanjangan ya ne? Maaf gue emang bawel

23 comments:

  1. Hajar terus, Kak. Laporin google bila perlu. xD Blog saya juga pernah di kopas ke note FB dan blog orang tanpa sumber. Pernah pas akun twitter pemilik blog udah ketahuan, saya ajak temen buat rame-rame ngebully, tapi bukannya minta maaf, malah tutup akun. Yaudah, laporin google dmca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masih mending tutup akun, berarti ngerasa salah, ini malah dianya ngambek ke gue, kan ajaib?
      kalau yang diforum bisa dilaporin ke dmca?

      Delete
  2. pengalaman mu, semua pasti uda dirasaain oleh semua blogger dek -_-
    tapi mau gimana lagi -_-. nggak ada polisi lalu lintas internet, mau ngelapor gimana heeem

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya,, ini yang gak enaknya dari seorang blogger :(

      Delete
  3. Seneng campur sedih kalo tulisan dicuri, meski banyak sedihnya. Hehe.
    Sedih karena dicuri, seneng karena tulisan 'diperhatikan' orang.
    Laporin ke Google aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. senengnya dikit kebanyakan makan hatinya :D
      ya masalahnya ini di forum, pernah minta ke momod buat dihapus, gak ada tanggepan, yasudahlah cuma bisa curhat aja

      Delete
  4. Orang kayak gitu gak bakal tau manfaatnya copas, mereka gak mengalami apa yang kita resahkan sebenarnya. Tetep sabar dan jangan patah semangat buat nulis

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. masalahnya yang di forum gimana? kalau yang di blog satunya sih ya sudahlah gak masalah, itu pun juga kelihatan blog newbie

      Delete
  6. Gue juga muak banget tuh sama tukang copas !

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. akun si gue nya cuma atu,, mau nimpuk banyak harus nunggu lama

      Delete
  8. Marah, kesel itu mungkin reaksi pertama pas tau kalo postingan blog dikopas sama orang lain tanpa sumber. Ya emang mungkin begitu, tapi alangkah baiknya ... untuk lebih mendinginkan lagi, kalo bisa marahnya jangan sampai kentara keliatan di muka, kalo bisa mainkan kata2.. ambil itu moment buat ambil simpati dari publik, kalo kamu jadi korban kopas. Tentu saja kamu marah, tapi apakah dengan marah akan menjadikan mereka yang mengkopas sadar? tidak kan? seperti yg tadi kasus si galih, bukannya sadar malah tambah makin marah :))) sekali lagi, aku ingatkan untuk lebih menahan marah.
    Maaf saya begini tak maksud untuk menggurui, karena saya tau rasanya kayak gitu. Tapi ingatlah untuk bersabar sedikit lebih lama :))) sekali lagi saya minta maaf, saya tak bermaksud untuk menasehati atau menggurui..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan maaf di awal postingan gue udah bilang kalau ada yang gak setuju dengan cara gue, kaya lo,, gue gak peduliiii,, =D

      Delete
  9. Autoblog itu apa? Duh mbak, kok kayaknya aku pernah nemu begituan ya.. terus gimana dong?

    Jadi ngeri nih ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog yang dibikin blogger pemalas, kalau kita jadi korban, atikel kita otomatis ada di blog itu juga, jadi kita kaya buatin tuh orang, artikel dengan gratis,, ngeselin kan? emang sih gak semua tulisan artikel bisa ada disana kalau kita pake penangkal, tapi kalau gak pake, ya kemungkinan seluruh tulisan artikel ada disana.

      kalau gak mau jadi korban autoblog pake penangkal ya,, di google juga udah banyak yang share cara menangkalnya

      Delete
  10. aku pernah sampai 'trauma' dan mogok posting puisi gara-gara puisiku dicopas, bahkan ada yang diikutkan semacam lomba di fb. sampai saat ini pun masih ada rasa-rasa takut tulisanku dicopas.

    facebook, kaskus, kayaknya menjadi gudangnya copaster, ya? tulisanku juga pernah dicopas di kedua media itu.

    tapi memang, copaster itu pengecut dan tidak tahu malu.

    dan kita sebagai blogger, nulis di blog itu kayak makan buah simalakama.
    blog kita rame pengunjung pun tidak hanya mendatangkan pembaca budiman, tetapi juga copaster bajingan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gue juga jadi males pas tau dicopas gue mogok posting ampir 4 bulan, males aja gitu, jadi gak semangat bawaanya :'(

      waduh kalau sampai diikutkan lomba sih itu udah keterlaluan, kalau menang lah si copaser dong yang dapet hadiahnya, ckckck

      ya ada seneng dan sedihnya juga jadi blogger, sedihnya yaitu si copaser :(

      Delete
  11. Saya pun pernah beberapa kali dicopas, bahkan tanpa sumber!! Duuuh aya-aya wae. Kalau gitu jangan diaktifin klik kanan pada mouse mba, jadi copaser gak bisa nyuri artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diakalin yang klik kanan toh,, yang paling nyesek itu auto blognya duh :(

      Delete
  12. huaaa ikut gedeg juga il, liat yang copas tulisan kamu,, huft mosi jiwa...
    aku tau cs kita kan nulis ga segampang itu e main dicopas huaaa

    ReplyDelete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!