Thursday, May 07, 2015

[Novel] 5 Buku Kece yang Paling Berkesan

Sebagai orang yang suka membaca, terutama novel. Lumayan banyak buku yang menjadi favorit gue karena setiap buku mempunyai daya tarik dan kesan ‘unik’ tersendiri  tapi karena aturannya hanya 5 buku so, ini dia buku tepatnya novel yang paling mengesankan buat gue. Entah mengesankan karena ceritanya emang bagus atau,,, emm,, gitu deh. Sebagian besar buku favorit yang gue paparkan di sini berlatar belakang masa lalu, (-_-maklumlah ya gue kan orangnya susah mup on, eeaaaa,,,)  dan beraura kegelapan. Hiii,,,

1.    The Ninth
http://c2o-library.net/2010/04/the-ninth

Penulis: Ferenc Barnas
Hal: 292

The Ninth adalah novel perenungan pribadi yang lebih memberikan dasar untuk eksplorasi daripada yang muncul di permukaannya dan merupakan novel yang berhasil memunculkan suara anak kecil dengan baik. ~Josh Maday

Novel ini menceritakan tentang isi pikiran anak kecil yang berusia sembilan tahun tentang kejadian-kejadian yang ada disekitarnya. Selanjutnya,,,, gue gak tahu harus menceritakan apa tapi novel ini mengesankan. Sangat mengesankan karena sejak gue beli novel ini di tahun 2012, gue belum pernah beres buat bacanya. Udah gue niatin kalau gue akan bertahan untuk membacanya tapi,,, selalu saja gagal, mentok di halaman dua puluhan. Iya, sangat mengesankan karena ceritanya loncat sana-sini, gak bisa diikutin ya namanya juga pikiran anak kecil, meski yang buat orang dewasa dan tertulis ini novel untuk orang dewasa. Aah,,,terlalu berat buat gue. Kalau ada yang bilang “dont judge the book by the cover” gue setujuuu,, gue tertarik beli novel ini karena melihat covernya bagus, gelap-gelap gimana gitu, kesannya misterius,,,dan ternyata ceritanya memang misterius.



2.    Snow Flower and The Secret Fan
sumber foto: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/8/8e/Snow_Flower_and_the_Secret_Fan.jpg

Penulis: Lisa See
Halaman: 516

Di atas kipas sutra, tertera kehidupan mereka. Pengikatan kaki, pernikahan, kelahiran, kematian, kebahagiaan dan pengkhianatan. Janji setia sepasang laotong.
 
Bunga salju dan lily adalah sepasang laotong, kembaran sehati. Bersama mereka melalui hari-hari sebagai gadis kecil, remaja, hingga dewasa. Bersama mereka melewati masa-masa menyakitkan saat kaki diikat. Meski jarak terentang, mereka menyatu dalam ikatan sebuah kipas sutra berhias nhu shu, tulisan rahasia kaum wanita. Namun, nu shu pemersatu justru mengkhianati mereka, menceraiberaikan dua hati.

Berlatar belakang pada tahun ketiga pemerintahan Kaisar Daoguang di China. Melalui para tokohnya kita akan menyelami kebudayaan China pada masa lalu, terutama kehidupan para wanita China yang serba terkekang pada abad ke-19. 

Adanya istilah Laotong yaitu kembaran sehati dimana dua gadis ini harus mempunyai tanggal dan waktu lahir yang sama. Kemudian kita akan disuguhkan budaya China tentang pengikatan kaki anak perempuan supaya mempunyai bentuk mirip lotus yang suci, saat itu dipercaya bahwa semakin kecil kaki seorang perempuan maka semakin cantiklah ia dan berpeluang untuk mendapatkan jodoh dari keluarga terpandang. Oya, ada juga istilah nu shu, merupakan tulisan rahasia atau kode yang hanya diajarkan kepada wanita. Dalam novel ini nu shu ditulis oleh bunga Salju dan lily di sebuah kipas. Ya, semacam media buat curhat-curhatan gitu. Seru, jadi lebih tau tentang kebudayaan China meski dari sebuah novel. Itu yang membuat gue terkesan dengan novel ini.

Meskipun novel terjemahan tapi enak ko buat dibaca, gak kaku dan ngalir gitu aja. Kelemahannya, sedikit gak suka ketika nama China-nya di terjemahkan ke bahasa Indonesia. Jadi aneh gitu. Masa ada nama Bulan Indah? Kadang disini gue bingung. Novel ini juga telah di filmkan dengan judul yang sama. Pemeran lily nya itu adalah,,, JUN JI HYUN!! Yang pernah menjadi Cheon Song Yi di drama ‘My Love From The Star. Kece badai kan,,, :p



3.    Dracula
sumber gambar: http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Dracula1st.jpeg
Penulis: Bram Stoker
Halaman: 525

Selama berabad-abad ia memerintah gerombolan serigala, tikus dan mahluk kegelapan yang tak bisa mati. Ia bisa berubah menjadi kelelawar, bayangan, ataupun sinar bulan. Ia merusak orang-orang yang tak bernoda dan menghancurkan mereka yang tak berdaya. Ia datang dalam mimpi dan menyiksa jiwa. Kini ia berniat menguasai dunia dan menghisap darah penghuninya... selamanya.

Novel ini berlatar belakang pada abad ke-19, menceritakan tentang seorang Jonathan Harker yang pergi ke sebuah kastil di pegunungan Carthapia dimana penghuninya bernama Count Dracula. Disana dia harus melihat kejadian yang mengerikan yaitu fakta bahwa Count Dracula adalah mahluk penghisap darah yang telah berumur ratusan tahun. Setelah itu, diceritakan bagaimana pemburuan Jonathan Harker dan teman-temannya untuk membinasakan Count Dracula.

Dan tenang saja, ceritanya berbeda dengan vampir bling-bling di twilight, meskipun sama-sama penghisap darah tapi cerita dracula disini lebih mengerikan buat gue sendiri. Dimana untuk memulihkan kekuatannya, mahluk penghisap darah ini, harus tidur di peti yang diisi tanah dari tanah kelahirannya. Seru deh, ini salah satu novel horror terfavorit gue, meski tebel :|

Hal yang membuat gue terkesan dengan novel ini karena merupakan salah satu novel legend. Novel yang lahir pada tahun 1881 dan selesai 7 tahun kemudian ini telah diterjemahkan di berbagai negara dan sekarang masih eksis. Dracula yang dikenal sebagai vampir penghisap darah pun muncul pertama kali di novel ini. Ya, dracula itu bukan sejenis hantu seperti kuntilanak di indonesia, tapi merupakan tokoh imajinasi dari Bram Stoker yang bernama Count Dracula. Hebatnya lagi, novel ini juga telah diadaptasikan ke dalam film dengan judul yang berbeda-beda seperti Dracula’s Daughter (1983), Son of Dracula (1943), Horrof of Dracula (1958) dan Nosferatu (1922) yang dibuat ulang pada tahun 1979. Keanu Reaves juga pernah main film Dracula yang diadaptasi dari novel ini. Dia berperan menjadi Jonathan Harker. Iyuuuh dia kan cakep bingiits,,

Kelemahan novel ini buat gue, karena terlalu sedikitnya percakapan antar tokoh dan cara menceritakan isi ceritanya dengan menggunakan catatan atau jurnal para tokoh, jadi ada adegan yang diulang-ulang dengan sudut pandang tokoh yang berbeda.



4.    Dracula My Love
sumber gambar: http://www.syriejames.com/DraculaSummary.php
Penulis: Syrie James
Halaman: 570

Aku telah melewatkan malam-malam sunyi selama ratusan tahun. Aku mencari sosokmu, tapi yang kutemui hanyalah embusan angin. Aku bisa saja menekankan dalam-dalam taringku ke lehermu dan membawamu masuk ke duniaku, mengubahmu seutuhnya menjadi salah satu dari kami. Namun, bukan itu yang kumau. Aku menginginkan jiwamu yang suci, hatimu yang dulu pernah, dan akan selalu jadi milikku.

Merupakan novel yang terinspirasi dari novel Dracula-Bram Stoker. Menggunakan nama-nama tokoh yang sama tapi dari sudut pandang yang berbeda. Jika di Dracula-Bram Stoker, kita akan melihat betapa mengerikannya dracula. Di novel ini kita akan melihat sisi keromantisan dari tokoh Dracula dan Mina. Uuggh, so sweet tapi,,, serem.  Pertanyaan-pertanyaan yang timbul ketika membaca novel Dracula-Bram Stoker akan terjawab di novel ini. Memang penulisnya berbeda dan beda zaman pula tapi, gue sendiri setelah membaca keduanya merasa puas.  Gue suka deh sama novel ini, bikin gue pengen punya pacar seperti Dracula biar bisa hidup ratusan tahun dengan fisik yang sempurna, woahahaha.

Meskipun terjemahan tapi enak buat dibaca selain itu gak ngebosenin karena percakapan antar tokohnya lebih banyak.



5.    Frankenstein

sumber gambar: https://javiernesto0312.wordpress.com/

Penulis: Mary Shelley
Halaman: 308

Dokter Victor Frankeinstein ingin menciptakan mahluk sempurna dengan menggabungkan ilmu pengetahuan dan ilmu gaib. Dari sisa-sisa tubuh orang mati, ia membuat mahluk raksasa dengan kekuatan luar biasa.... dan menghidupkannya. Tetapi ketika makhluk itu membuka mata. Frankenstein melarikan diri dengan rasa takut yang amat sangat.

Ini juga merupakan novel legenda. Siapa sih yang gak tahu Frankenstein, monster menyeramkan yang telah dikartunkan dan juga difilmkan? Nah, monster menyeramkan yang biasanya digambarkan dengan wajah penuh jahitan dan paku di kepalanya ini diadaptasi dari tokoh di novel Mary Shelley. Kerennya lagi novel ini dibuat saat Shelley berumur 18 tahun dan dipublikasikan tahun 1818. Keren ya, usia muda bisa membuat tokoh legend.

Ceritanya seru dan gue suka soalnya dengan novel ini, gue jadi tahu gimana sejarahnya monster Frankenstein dibuat dan ternyata Frankenstein itu bukan nama si monster tapi nama dari si pencipta sedangkan si monster belum di kasih nama soalnya si penciptanya alias Dokter Frankenstein keburu ngeri sendiri. Disebutkan kalau si monster ini kulitnya di ambil dari kulit orang mati. Meski ini hanya tokoh imajinasi tapi serem,, sekaligus gue juga kasihan sama si monster soalnya dia itu kesepian karena orang-orang takut melihat wujudnya. Pernah meminta si pencipta untuk membuat monster wanitanya,, tapi gak jadi. Coba kalau Dokter Frankenstein menciptakan monster wanitanya kan dia bisa hidup bahagia,, :(

Inti cerita sih, ada dokter jenius yang menciptakan mahluk hidup tapi dia ketakutan sama mahluk ciptaannya. Si mahluk kesepian karena gak ada yang mau nemenin dia, ya wujudnya serem sih. Terus si mahluk ini mulai mencari si penciptanya untuk membalas dendam dan mulai menghancurkan orang yang dicintai si pencipta. Gitu.



Udah deh, maaf ya kalau ada spoiler, :D
note# novel  yang gue punya covernya beda sama yang disini, soalnya punya gue kan edisi indonesia kecuali 'the ninth' :D
"Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy".

33 comments:

  1. Beuh, novel terjemahan semua. Gak mau nyoba baca novel komedi tulisan penulis Indonesia? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya soalnya suka,, ceritanya aneh-aneh bikin tertantang buat bacanya =D
      pernah ko, punya novelnya alit yang skripshit terus watir,, tapi gak banyak, bukan selera gue :(
      penulis indonesia juga lumayan tapi kebanyakan sih bergenre romance

      Delete
  2. Satu satunya novel terjemahan yang pernah aku baca adalah buku yasin ..

    agak nggak terlalu ngeh kalo disuruh membaca dan memahami novel terjemahan, banyak kata yg aneh ketika di indo kan, kayal kamu tadi Bulan indah .. mending baca yg lokal aja deh ..
    gue juga prefer ke novel teenlit dan komedy sih daripada horror .. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu varokah sekali nak,,, :(

      iya sih terkadang ada terjemahaan yang kurang bisa dipahami malah ada yang ancur lebur, ada. :| tapi kebayar ko alur ceritanya yang beda :D
      aduuh kesukaan kamu abegeh sekaliii x_x

      Delete
  3. Woah, itu baca novel aslinya atau terjemahan tuh? Selera novelnya beda banget sama aku hehehehe. Anyway aku ngga terlalu suka malah sama novel terjemah, kadang2 pemilihan kata untuk nerjemahinnya semacam ngga pas gitu dan jatuhnya malahan aneh hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca yang terjemahan, kalau yang aslinya aduuuh bahasa inggris gue ancur lebur :'( gak kuaaaat
      kamu suka baca emang?
      iya emang suka aneh, tapi kalau kuat bertahan untuk membacanya kamu bakal dapet cerita yang beda :D

      Delete
    2. #maksudnya,,
      kamu suka baca apa? :D

      Delete
  4. Penyuka novel juga ya. Hhhmmm... kalau saya sukanya nonton filmnya doank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya suka, bisa berimajinasi sih =D
      wah gue malah jarang nonton film paling drama

      Delete
  5. Novelnya berat berat euy..
    Terjemahan...

    Tapi gue pernah pinjam yang dracula. Masih di hlmn 50-an udah disuruh balikin. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak berat ko, 1 kg juga gak nyampe =D
      kenapa, ko bisa? pelit amat tuh orang x_x

      Delete
  6. Pilihan novelnya agak 'dark' yah. Hehehe.

    Diantara 5 ada 2 yang udah gue baca.

    Oh ya udah baca novel Perfume belum? Itu juga bagus, ide ceritanya menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya emang suka yang beraura kegelapan.. hiii membacanya bikin tegang x_x
      apa aja tuuh?
      belum. baru tau dari kamu judulnya juga :D

      Delete
  7. wah ka novelnya punya bule semua :o... Aku penasaran sama yang anak kecil 9 tahun, kayanya itu ceritanya keren banget bisa mengikuti pola pikir anak usia 9 tahun yang rasa ingin tahunya sedang tinggi-tingginya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,, punya bule :D
      penasaran? wah, silahkan dibaca, kalau kamu beres, kamu hebaaaat!!

      Delete
  8. Novel luar ini ya...hmmm belum tertarik buat bacanya mbak, hehe palingan kalo baca novel yang dari dalam gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya novel luar.. ayoo baca, mungkin tar kepincut sama alur ceritanya :D

      Delete
  9. Kece juga bacaannya. Diantara kelima itu yang aku familiar nomor 1 dan 5.
    Nomer satu aku pengen beli tapi entah kenapa nggak beli2. Padahal penasaran sama kisah anak umur 9 tahun itu.
    Yang kelima malah udah nonton filmnya, meski lupa-lupa inget juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut gue sih buku no 1 gak terlalu bagus susunan kalimatnya, kadang 1 paragraf itu full 1 halaman, jadi bikin puyeng bacanya apalagi ceritanya yang loncat-loncat tapi emang bikin penasaran :|

      Delete
    2. Yah.., tapi kamu kok betah sih? Hehe saking penasarannya ya? Pinjem aja kali ya, gak usah beli.. XD

      Delete
  10. Novel terjemahan semua. Satu pun belom pernah aku baca. :(

    Yang Frankenstein itu kayaknya menarik. Thriller-thriller psycho gitu keknya.

    ReplyDelete
  11. kayaknya keren, tapi saaya belum pernah baca satupun yang ada disitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, sekarang gimana tertarik buat baca? seru ko ceritanya :D

      Delete
  12. Replies
    1. iya english semua tapi yang satu asalnya dari hungaria. udah diterjemahin ko pake bahasa indo :p

      Delete
  13. Wuih...Mbak Ilajah ini penyuka novel berlatar sejarah dan fantasy nampaknya. Coba baca Animorphs deh Mbak, kayaknya cocok buat Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener :D
      animoprhs? belum pernah denger,, boleh tar diintip di gugel dulu

      Delete
  14. Wuih...Mbak Ilajah ini penyuka novel berlatar sejarah dan fantasy nampaknya. Coba baca Animorphs deh Mbak, kayaknya cocok buat Mbak...

    ReplyDelete
  15. Ya ampun.. Aku baru denger en baru tau novel-novel di atas. Selama ini terlalu fokus sama karya Tere Liye en Dee Lestari :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisan bisa didenger beb? =D
      ah aku juga suka sama dee lestari,, pernah baca yang perahu kertas,, emm tebelnya itu loh

      Delete
  16. buku2 terjemahan semua ya? tapi rata2 buku terjemahan emang bagus2 ceritanya, nggak monoton, konflik padat dan masing2 pengarang punya karakter yang terlihat sangat menonjol. bram stoker saya juga pnya kedua buku nya, sebenarnya milik ayah saya waktu masih sekolah dan diwariskan ke saya. hehehhe...

    ReplyDelete
  17. Pasti tebel-tebel tuh. Sebagus apapun ceritanya kalo ketebelan ak malah males baca.. hehe

    ReplyDelete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!