Saturday, June 06, 2015

[Terkadang Orang Indonesia Itu Norak:1] Bangga Kebablasan



Judulnya udah gak enak dibaca ya,,hahaha :D dan gue yakin bakal ada orang yang pro kontra soal isi postingan gue. Soalnya banyak pisan orang dengan tipe seperti ini. Gak masalah sih, secara isi pikiran orang itu beda-beda, pendapat mengenai satu hal terkadang bertolak belakang. Itulah uniknya manusia. Kalau semua sependapat akan satu hal, tentu saja hidup gak akan seru. :p tapi, sebelumnya gue mau bilang, “ini blog gue, gue bebas mengeluarkan unek-unek gue”. Kalau mau protes silahkan di blog masing-masing atau kalau mau gampangnya, silahkan di close saja weeeek :p


Orang-orang yang ngaku Indonesia, yang gue bahas disini, sebagian besar adalah pengguna internetnya ya. Ini merupakan pandangan atau keresahan gue terhadap orang ‘indonesia’ norak yang bikin gue gemes pengen melintir  omongannya, ya kalau bisa sih pengennya masukin mereka ke mesin cuci biar fresh. Dibaca dengan teliti dan coba resapi ya dek,,, jangan pake hati dongkol dulu ah =D


Bangga Kebablasan

Orang-orang seperti ini banyak bertebaran di internet, entah itu di forum, media sosial, 9gag, youtube dan teman-temannya. Cara menemukannya mudah ko, masuk ke situs tersebut dan lihatlah postingan bule yang menyerempet nama Indonesia. Kamu akan menemukan banyak komentar yang seperti ini,

kalau soal alam,,
Wow, Indonesia amazing!! This is my country. I’m proud to be indonesian.
Ada aktor Indonesia yang main holiwut, komennya gini,,
He is from indonesia. I live in Indonesia.
Film Indonesia masuk bioskop luar,,
Made in Indonesia. I’m proud to be Indonesian.
Dan sebagainya,,

Pernah lihat kan? Atau kamu salah satu orang yang komentar demikian? Ayolah, itu norak teman!! Kenapa?  Gue jabarin nih ya,,

Bangga boleh sih, asal jangan kebablasan hingga kesannya kamu bangga karena mendompleng hasil karya orang lain apalagi kontribusi yang kamu berikan gak ada sama sekali. Kesannya ko sombong ya, narsis banget jadi orang, belagu. Yang punya karya saja, adem ayem kenapa kamu yang bangga? Karena sebangsa? Ayolah. Sekalian aja bilang “gue bangga menjadi bagian dari planet bumi soalnya orang bumi bisa bikin pesawat luar angkasa”. Persis kaya gitu kelakuan kamu tuh.

Kalau kamu beralasan itu bentuk menghargai hasil karya orang sebangsa, buat gue itu cara yang norak. Bentuk apresiasi yang baik adalah dengan membeli, memakai dan menjaganya tapi yang terjadi dilapangan apa? Hah, memberikan komentar bangga tapi gak mau pakai? Contohnya saja pas film the raid tenar, yang komen kaya gitu banyak tapi, yakin gak tuh orang-orang beli CD original? Lagian sutradaranya juga orang luar. Sutradara Indonesia yang udah bikin film beratus-ratus judul film, ada yang nyangkut kaya the raid?

Pas si Fatin nyanyi lagunya bruno mars terus videonya di unggah di situs si bruno mars, yang komentar banyaaaak tapi, cuma bisa ngedonlot lagunya di situs gratisan, bajakan pula? Ada juga game buatan orang indonesia, yang komentar ribuan, yang donlot cuma ratusan. Ada, pffff. Itu pada kemana yang ‘proud,proudan’? Terkadang orang Indonesia itu, hanya bisa komentar bangga tapi, tidak ada aksi nyata.  Lagian, apa orang luar akan respect kalau dia tahu kamu orang Indonesia? Gitu? Terus emang kenapa kalau kamu orang Indonesia, penting buat orang luar tau gitu? toh gak ada kontribusi juga.

Komentar berbangga ria karena menyerempet nama Indonesia, padahal itu hanya karya individual dan gak berpengaruh besar kepada bangsanya sendiri itu banyaaak dan yang gue heran, kenapa harus orang Indonesia sih yang berkomentar udik kaya gitu?  Negara maju di luar sana, yang karya warganya dipakai di seluruh dunia, misalnya penemu internet, smartphone, komputer dll. Apakah ada yang komentar ‘proud’ seperti itu? kaya, this game made in US. I’m proud be american? He si actor from korea. I’m proud to be korean? Wow, japan is awesome country, this is my country. I’m proud to be Japaness? gue gak pernah lihat, entah gue kudet kali ya. Gak kebayang deh gimana capeknya ngetik “proud”di tiap ‘produk/karya’ mereka yang go internasional. hahaha

Gimana ya kalau seandainya lagu/film dari Indonesia digemari seluruh dunia, kaya k-pop/k-drama yang diputar di berbagai negara, lagu barat yang di gemari banyak orang. Gue ngebayangin, orang lebay yang komen prad prod itu bakal lebih membanjiri jagat maya. Apa gak cape? haduh. Atau, itu suatu bukti kalau karya orang Indonesia itu sedikit yang diakui dunia, jadi sekalinya go internasional, bangganya berlebihan? Huaaah,, malah norak.

Sebagai orang Indonesia, gue maluuuuuu baca kometar yang seperti itu. Apalagi mereka bilang bangga menjadi orang indonesia tapi negaranya sendiri kaga diurusin.
Atau gambar di bawah ini yang disebut bangga menjadi orang Indonesia? Hah. Jangan ngomong bangga menjadi orang Indonesia kalau kelakuan masih kaya gini. Itu sih namanya malu-maluin. Dasar norak!!!

Katanya pencinta alam tapi buang sampah di gunung. 

wisatagunung.com

Katanya bangga menjadi orang Indonesia tapi, fasilitas publik di coret-coret. Hah bagus sekali ya? tingkatkan!

http://www.brilio.net/news/tangkap-pelaku-vandalisme-di-jogja-kamu-akan-dihadiahi-hp-baru-1505125.html


Coba deh, kalau komentar ‘proud to be indonesia’ itu diwujudkan secara nyata bukan hanya menuh-menuhin komentar. Misalnya saja, buang sampah di tempatnya, menjaga alam dan berhenti corat-coret gak jelas di fasilitas publik. Rasanya akan jauh lebih membanggakan kalau Indonesia terkenal sebagai negara yang bersih dan indah. Apalagi, hal itu kan bisa terjadi kalau semua penduduknya bersama-sama mendukung. Sebuah prestasi bersama akan menjadi kebanggan yang pantas dinikmati dan berada ditempatnya, bukan bangga karena karya orang sebangsa yang gak kita kenal. Berbanggalah dengan elegan. Jadikan saja hal itu motivasi buat kamu. Kalau dia bisa, kenapa gue enggak?


#Tadinya mau gue masukin semua point kenorakan orang indonesia disini. Cuma setelah gue nulis ko kepanjangan. Jadi gue bikin per part aja, dan sampai jumpa di part 2 :D

21 comments:

  1. Di tunggu kelanjutannya, seperti bakalan lebih menarik lagi.

    ReplyDelete
  2. dua point diatas udah jamak di indonesia dek. contoh umum. dilarang buang sampah sembarangan. eh masih buang sampah di sembarang tempat. -_- indonesia bangetkan dek

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu dia,,
      kapan ya,, kalau buang sampah jadi "bukan indonesia banget"? ngiri sama negara lain :|

      Delete
  3. inilah kenyataan indonesia, ,,,, sama kayaknya gue juga norak gitu... memalukan :(

    ReplyDelete
  4. Mindblowing post nih. Menekankan kalo bangga itu ada kadarnya. Nggak cuman asal bangga-banggaan. Kalo diliat prespektif lain sih ya, sederhananya kita dituntut untuk bangga namun memiliki kontribusi dari apa yang kita banggain tadi. Nggak cuman asal bangga, istilahnya menciptakan iklim kontribusi. Bukan iklim penonton yang cuman bisa standing applause kan ya.

    Great post btw!

    ReplyDelete
  5. klo menurut aku, orang Indonesia itu kurang mau keluar usaha/duit, senengnya cuma ngomong, suka ikut-ikutan orang lain, dan nggak taat peraturan

    jadinya ya norak deh, hehehe

    ReplyDelete
  6. Gapapa sih kalo kita bangga asal gak sampe berlebihan aja, secukupnya aja sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi terkadang ada yang berlebihan,, sebagian besar netizennya :|

      Delete
  7. Huhuhu..., iya sih bener. Tapi nggak apa deh.., siapa tahu abis ngebanggain Indonesia yang begini, entar malu-malu sendiri. Terus berubah, dan makin bangga ^^

    ReplyDelete
  8. mmhh,, jadi bingung dengan proud-proudan ini..

    ReplyDelete
  9. nice Blog ;)
    tulisannya ori dan beda dg yg lain...

    ReplyDelete
  10. True, meskipun sebangsa gw tetep ga mau se-kepribadian

    ReplyDelete
  11. jangankan buka situs lain buka situs kamu saja sudah ada bertebaran komen orang Indonesia sok cerdas

    ReplyDelete
  12. gua tambah lagi : orang Indonesia itu kalo ngomong lebih inggris dari orang inggris.
    kalo ke luar negeri jaketnya lebih tebel dari penduduk lokal.
    situ malaria tropika?

    ReplyDelete
  13. Akhirnyaaah ada juga orang yg sependapat sama gue. Jadi malu sendiri gue liatnya. Gregeten banget dah ah hihh pengen gue uyek2 itu orang yg pada norak bangganye kebablasan >.<

    ReplyDelete
  14. Jangankan orang2 biasa. Artisnya aja kek gitu. parahh deuh *geleng2 kepala sampe pusing* contohnya artis2 kampoengan kayak yg di stasiun tv suasta a*tv pas lagi sama artis2 India. haduh norak bangettt sumfah.

    ReplyDelete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!