Wednesday, August 12, 2015

Catatan iilajah Udah Satu Juta Pageviews!!




satu juta pageviews

Alhamdulillah yah, akhirnya blog ‘catatan iilajah’ tembus satu juta pageviews. Gue terharu, tercengang dan menggelinjang saat mengetahui angka pageviews gue udah satu juta, wah, rasanya seneng banget deh. Meski kata orang, statistik di blog gak mencerminkan visitor yang sesungguhnya tapi gue tetep seneng, kalau gue ambil setengahnya saja, 500.000, itu angka yang banyak buat gue dan artinya gue udah berbagi cerita dengan banyak orang. Meski gak yakin tulisan gue dibaca, hahaha =D  Sesuatu deh!!!


Setiap blogger pasti akan mengalami pageviewnya tembus satu juta, yang membedakan hanya berapa lama waktu yang dibutuhkan dan berapa banyak postingan yang dibuat.  Kalau gue sendiri, tembus satu juta pageviews ketika ngeblog udah 4 tahun dengan jumlah postingan 150. Lebih tepatnya 3 tahun kali ya, soalnya tahun 2012 kan cuma 1 doang, pas desember pula dan tahun ini juga belum beres =D

satu juta pageviews


Lama ya, hahaha =D. Kalau dibandingkan dengan para master blogger, ini sih ketinggalan jauh tapi gue happy karena gue mencapai hal itu dengan tulisan yang gue bikin sendiri. Dengan ide yang kadang datang dan pergi gitu aja.


So, disini gue mau berbagi sama kamu-kamu mengenai apa aja yang udah gue lakukan hingga bisa sampai ditahap ini.
satu juta pageviews
1.000.000 uy,, hahaha =D
 

Entah ngaruh atau gak sih tapi, ya inilah yang gue lakuin :D

1.    Daftar ke situs search engine.
Di awal ngeblog, saat postingan masih bisa di itung jari. Gue daftarin alamat blog gue ke berbagai situs search engine, mungkin ada kali ya 30 lebih, =D gue dapet tips ini dari salah satu blog (-_-cuma gue lupa alamat blognya). Diantaranya yaitu webmaster, yahoo, ask, bing dan lupa lagi.


2.    Gunakan foto profil yang cakep.
Iya, gunakan foto kamu yang paling cakep sebagai foto profil blog kamu di g+. Hal ini untuk memancing orang buat follow g+ kamu :p hahaha follower g+ gue udah nyampe 500 dan gue jarang ngefollow duluan. Gue juga gak tau sih, ini pengaruh dari sono, atau bukan. Hahaha :)) yang jelas semakin banyak follower, semakin banyak orang yang mampir di blog kamu. Apalagi pas beres posting, langsung share ke sana. Suka ada yang mampir tuuuh dari g+ :D dan ekhem blogwalking juga punya peran besar buat nambah yang follow, soalnya orang yang rajin blogwalking kemungkinan akan follow blogger yang rajin blogwalking juga.


3.    Judul postingan
Gunakan judul postingan yang bikin orang tertarik untuk mengklik dan usahakan harus ada kata kunci yang menggambarkan isi postingan. Jangan terlalu keluar jalur atau absrud bikin judulnya. Bayangin aja kamu lagi browsing, biasanya menggunakan kata kunci yang langsung tertuju pada maksudnya kan? Contoh, > Ceweknya Jelek, Cowoknya Cakep, Emang Ada? Ada!! judul awalnya itu “Ketika Cinta Tak Memandang Fisik”, co cuit ya tapi, yang mampir sedikit. Gue ganti judulnya lebih frontal. Langsung naik tuh yang ngeviews, bahkan jadi top teen. Ada yang nyasar, hanya dengan kata kunci “cewek jelek” ke postingan itu.


4.    Konten itu penting!!
Ada yang bilang artikel bagus itu yang gak terlalu panjang atau pendek, mungkin sekitar 500 kata. Ada benernya sih, itu bagus untuk gak bikin orang jenuh saat baca. Tapi hal itu gak terjadi kalau isi postingan kamu dicari banyak orang. Mau panjang lebar kali tinggi, selama apa yang ada di postingan adalah yang pengunjung cari, bakal tetep dibaca ko. Jadi isi postingan itu penting. Contohnya, gue gak tahu sih postingan ini bagus atau gak tapi, yang jelas postingan itu panjaaang dan banyak gambar yang nyempil. So, buka postingan itu makan banyak kuota.
satu juta pageviews
Nih postingannya > [MLM] Pengalaman Gue dengan Melia Sehat Sejahtera dan Tianshi dan gue gak nyangka, kalau postingan yang cuma nyeritain pengalaman gak jelas itu jadi laris manis, bahkan menjadi postingan terpopuler dengan jumlah komentar 350+. Padahal saat itu gue gak mengenal blogwalking. Jadi, yang komentar, kebanyakan orang yang nyasar dari search engine tapi ada juga yang nyasar dari facebook, soalnya ada orang yang share postingan gue di page tentang MLM itu. Lumayan loh yang ngeviews, tiap hari 200+ pageviews dapetlah. Meski komentar di postingan itu banyak yang pro dan kontra hahaha =D sesuatu yang kontroversial emang selalu bikin rame. :D


5.    Page One Itu Wajib.
Kamu blogger personal? sama dong, gue juga! haha. Sebenarnya, sebagai blogger personal, gue gak terlalu mikirin apa itu seo dan teman-temannya, yang penting nulis menyalurkan hobby dan curhat biar hati plong tapi itu dulu. Kamu pengen kan tulisan kamu dibaca sama orang meski itu hanya curhatan? Kalau gak, ngapain ngeshare di sosmed? (-_-buat yang suka ngeshare di sosmed) 

Ini contoh artikel gue yang page on tapi, gak tau deh di komputer kamu. Beda komputer beda urutan 


satu juta pageviews 


Jadi bikin deh artikel yang emang dicari banyak orang tapi, kesan curhatannya gak ilang dan harus masuk page one di google. Wajib deh! Karena satu atau dua artikel yang masuk page one, ada kemungkinan orang bakal ngeklik blog kamu. Kalau dia suka tulisan kamu, dia bakal ngubek-ngubek cari tulisan kamu yang lain, contohnya,

Ini salah satu pembaca blog gue yang ngirim pesan ke facebook.

satu juta pageviews


Orang yang cari gambar dengan nick name gue.

satu juta pageviews

Ada juga yang nyuruh bikin postingan lagi.

satu juta pageviews


Menyenangkan bukan, kalau ada pembaca blog seperti itu, syukur-syukur jadi pembaca setia, pokoknya bikin semangat deh!! dan gak satu, dua orang loh yang ngirim pesan kaya gitu. :p #nyombong ah, hahaha =D


6.    Modifikasi Ide Orang
Pengen bikin artikel tapi bingung idenya gak muncul? Coba deh, modifikasi ide orang dan buatlah artikel. Kalau gue sih, saat ide sembunyi dan lama gak mosting di blog, biasanya gue blogwalking atau search di google tentang kata kunci apa aja, kalau hasilnya dikit, malah banyak yang gak sesuai, itu peluang loh buat bikin artikel. Misalnya, gue search tentang lagu buat nyatain cinta, banyak yang share, hanya setelah gue tengok satu-satu, lirik lagunya malah gak pas, jumlah lagu yang dishare masih dikit, so gue buatlah artikel dengan tema yang sama tapi, jumlah lagunya dibanyakin dan pasang lirik lagu yang emang nyatain perasaan. Gitu. Yang nengok, lumayan, udah uwaibu plus plus, padahal baru pat bulan dan tiap hari ada aja yang mampir :p



7.    Komentar di Blog.
Blog yang memiliki banyak komentar itu rame dan bikin iri orang yang blognya sepi, ya kan? Suka lihat kan, postingan blognya biasa saja, yang dibahas juga gak penting tapi komentarnya bejibun. Salah satu rahasianya blogwalking yang rajiiiiiin!! Ngomentarin blog orang satu-satu, kemudian nunggu deh kunjungan balik dari si empunya. Meski kadang ada yang komen balik, ada juga yang engga. Sabarlah tapi, yakin deh nanti juga akan ada timbal balik ko, itu yang gue rasain tapi, inget jangan ngejunk, nyepam, ninggalin link atau komentar super irit. Blogger lain termasuk gue, jadi malah males buat bw balik, paling parah komentar kamu akan dihapus/dispam =D.

Berkomentarlah yang baik dan jangan sampai komentar seperti ini >“kunbal ya, atau kunjungi balik ya” percaya deh, kalau kamu meninggalkan komentar yang sesuai isi artikel, orang akan dengan senang hati mengunjungi blog kamu tanpa diminta. Emang butuh perjuangan sih, apalagi kalau artikelnya panjang =D pass rajin bw, dalam sehari gue bisa mengunjungi blog lebih dari 10 biji lebih, so banyaaaak blog yang mesti dibaca. Butuh waktu luang :D
Perhatikan jumlah komentar di 3 masa yang berbeda,,
Sebelum mengenal blogwalking, sepi :|



Nih, saat gue rajin blogwalking, komentar rame.  B-)



Pas udah berhenti blogwalking. Sepi lagi. :))



Sekarang gue lagi males blogwalking, melelahkan bo, ngabisin waktu dan kuota, nyerah. Mesti punya komitmen yang kuat. Jadi, jangan harap blognya dapet komentar banyak kalau blogwalkingnya gak gencar. Indonesia gitu, gak ada yang gratis bo. Kecuali, isi postingan kamu banyak dicari, kamu blogger terkenal, artis, dan udah jadi suhu dunia blogging, orang lain akan dengan sukarela ngasih komentar di blog kamu.

Komentar juga penting loh, apalagi komentar yang sesuai isi artikel, kadang ada orang yang nyasar ke blog dengan kata kunci yang ada di komentar. Oya, selain update artikel dengan rutin, blogwalking juga merupakan cara ampuh buat melangsingkan alexa, bukti nih :p
pas lagi rajin blogwalking
Meski untuk seorang blogger personal yang gak masang iklan peringkat alexa sendiri gak penting buat dipasang =D



8.    Share, Share, dan Share
Udah bikin artikel kece. Langsung ke webmaster, terkadang gue pake “google ping” juga, terus share deh ke media sosial, g+, facebook dan twitter. Jangan lupa, gabung di komunitas blog, bagusnya sih di komunitas blog yang sebagian besar adalah blog personal yang isinya curhatan dan jarang ada yang copas-copasan. Biar satu genre dan yang gue lihat nih, komentar blogger personal dengan blogger tutorial/donlot itu beda :p. Gue jarang nemu komentar nice infoh dari blogger personal :D


9.    Blog dan Accesorisnya
Perhatikan loading blog kamu ya, usahakan jangan masang widget aneh-aneh biar wuss, gak berat. Cukuplah pasang navigasi yang berguna buat pengunjung. Kece buat kamu tapi belum tentu buat orang lain. Gunakan warna yang ramah di mata. Biar betah :)


10.    Keyword Nyasar
Keyword yang bikin orang nyasar dari search engine juga berguna loh. Kalau lagi gak dapet ide, coba bikin artikel dengan panduan keyword yang nyasar itu. Kadang gue suka bikin artikel berdasarkan keyword nyasar. Meski ekhem berbau mesum, dikit aja ko,,,, percayalah keyword yang menjurus ke sana, pengunjungnya rame. Bukti,,,


Sama-sama pengalaman memalukan tapi, dua artikel yang judulnya “agak-agak”, lebih rame yang ngintip :D


11.    Terakhir,,
Yang berbicara adalah tulisan kamu. Berdoalah biar orang suka tulisan kamu dan akan mengunjungi lagi, lagi dan lagi :D Perbanyak membaca biar pembendaharaan kosa kata kamu makin kaya dan semakin sering menulis, akan membuat tulisan kamu makin enak dibaca. Gaya tulisan yang kamu banget pun akan lahir. Mungkiiiin, hahah =D


Udah ye, kebanyakan, hahah lagian udah panjang juga =D

Terakhir, gue mau ngucapin terima kasih buat kamu yang udah mampir ke blog ‘catatan iilajah’ ini. Baik yang udah follow di blog, G+ atau sosial media yang lain, yang dateng dari komunitas blog yang gue ikutin, yang ngasih komentar dan untuk kamu yang nyasar dari search engine terus close lagi. Pokoknya gue ucapin makasih banget ya, karena kalian semua akhirnya pageviews blog gue nyampe 1.000.000 :D. Love you all, #peluk jauh dan tentu saja buat kamu yang menjadi bagian dari perjalanan kehidupan gue, makasih banyak ya, tanpa kalian cerita di blog ini tak akan ada. muah, muah  #kecup jauh





Bye, bye sampe jumpa di pageview 2.000.000? wahahah

10 comments:

  1. Gue masih newbie, sedih si kalo sering bandingin blog kita dengan blog lainnya, apa lagi kalo share ke akun komunitas Blogger terus gak di rettweet sedih banget rasa bikin males nulis, gerilya di sosial media aja udah lelah apa lagi Blog Walking, yaaa intinya selamat buat satu juta viewersnya.

    ReplyDelete
  2. Pencapaian yang fantastis tuh, hanya dengan 150 artikel bisa tembus 1 juta visitor. Gue tahun kapan yah baru bisa nembus 1 juta. Bagi dunk ilmunya mengenai daftarin linknya ke berbagai mesin pencari.

    ReplyDelete
  3. @Timur matahari banyak ko yang share di google, cari aja, "cara daftar alamat blog ke search engine" ;)

    ReplyDelete
  4. Selamaat yaa! Semoga rajin posting artikel! Suatu saat pasti tembus angka 100 juta page views. :D

    ReplyDelete
  5. kereeeeen udah nyampe 1jt ya mba :) selamat ya dan semangat terus ya mba eheheheh

    ReplyDelete
  6. Yaampun blogku mah apa atuh haha :|

    ReplyDelete
  7. Good Job, aku aja yang udah hampir 7 tahun belum sampai 1 juta :D

    ReplyDelete
  8. wah selamat, udah 1 juta, aku masih lama kayaknya sampe segitu :D

    ReplyDelete
  9. Waah.. sejuta
    Ga gampang sih buat blog personal. Selamat! :D

    ReplyDelete
  10. keren ih kaka, selamat ya, tapi udah jarang main ke blog ku ih, main dong kaka, blogku baru seribu pageview, ya emang sih jarang blogwalking ehehe :)

    ReplyDelete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!