Saturday, August 01, 2015

[Part 9] Berbagi Sinopsis Drama Korea yang Singkat

Akhirnya selesai juga bikin sinopsis drama part 9, wah lumayan banyak juga ya udah nyampe part 9, :D .Dimulai part 9 ini, kedepannya gue akan memakai judul yang sama soalnya, gue udah pusing mikirin judulnya jadi yang seragam aja deh :p hihi gak kreatif ya? Di part 9 ini gue akan berbagi sinopsis drama korea singkat sebanyak 3 judul drama korea, apa aja? Mulai dari Prime Minister and I, The Flower Boy Next Door dan Jejungwon. Makin ke sini makin dikit aja ya, hahaha Semoga ada yang baca dan bisa dimengerti :D. Ya udah, mari dibaca,,,

1.     Prime Minister and I
www.tokodvd.com

Merupakan drama korea yang menceritakan tentang perkawinan kontrak antara seorang wartawan dan perdana mentri. Da Jung, wanita lajang berumur 27 tahun yang berprofesi sebagai wartawan di sebuah portal berita bernama Skandal News. Da-Jeong ditugaskan untuk mencari berita tentang kehidupan pribadi calon perdana menteri bernama Kwon Yul. Kwon Yul merupakan duda yang mempunyai tiga orang anak.

Satu ketika, Da Jung menemukan anak Kwon Yul yaitu Manse sedang bersama wartawan.  Da Jung mengajak Manse untuk pulang bersamanya. Kwon Yul mengira kalau Da Jung mendekati Manse untuk mendapatkan berita tentang dirinya. Disaat sedang memarahi Da Jung, ada wartawan yang memotret mereka berdua dengan pose seperti hendak mencium. Keesokan harinya, tersebarlah berita kalau Kwon Yul berpacaran dengan gadis dibawah umur. Karena rumor tersebut Kwon Yul memutuskan akan mengundurkan diri sebagai calon perdana menteri. Disaat akan mengumumkan hal itu, Da Jung hadir dan berkata kalau wanita yang di foto itu adalah Da Jung. Da Jung juga mengatakan kalau dirinya dan Kwon Yul saling mencintai alias berpacaran. Singkatnya, Kwon Yul pun terpilih menjadi perdana menteri Korea Selatan.

Di lain cerita, ayah Da Jung mempunyai penyakit Almaizher. Kondisi kesehatan ayah Da Jung semakin memburuk ketika di vonis menderita kanker otak dan diperkirakan tidak bisa bertahan lama, di saat itulah Da Jung ingin mengabulkan permintaan ayahnya yaitu menikah. Da Jung pun meminta Kwon Yul untuk menikah dengannya. Kwon Yul tentu saja menolak tapi, akhirnya Kwon Yul menyetujui untuk melakukan kawin kontrak dengan Da Jung hingga masa jabatannya berakhir.

Setelah menikah, Da Jung pun tinggal bersama keluarga Kwon Yul. Diantara ketiga anaknya, hanya Manse si bungsu yang menerima kehadiran Da Jung. Kwon woori, anak lelaki sulung Kwon Yul bersikap cuek sedangkan Kwon Nara, si anak gadis 12 tahun, sering bersikap judes dan mengerjai Da Jung tapi, lama-kelamaan ketiga anak Kwon Yul menerima kehadiran Da Jung begitupun dengan Kwon Yul yang mulai menyukai Da Jung. Ketika Kwon Yul mengutarakan perasaannya, malah datang kabar kalau istri Kwon Yul yang dikira telah meninggal, ternyata masih hidup.

Di lain cerita, ada Kepala Staf bernama In Ho yang hendak membalas dendam kepada Kwon Yul karena In Ho mengira kalau Kwon Yul lah penyebab kakaknya sakit. Kakak ipar Kwon Yul juga ingin menjatuhkan Kwon Yul karena mengira kalau penyebab adiknya yaitu istri Kwon Yul, meninggal adalah karena Kwon Yul.

Ceritanya seru, lucu, romantisnya juga dapet. Banyak deh adegan konyol di drama ini. Gue paling suka disaat Da Jung melakukan hal yang ceroboh kemudian ditatap dengan sinis oleh Kwon Yul dan bagaimana Kwon Yul membantu Da Jung dengan diam-diam, aduh co cuit bo. Ya meski pemeran utamanya beda generasi tapi, chemistrinya dapet ko.  Menurut gue loh ya, =D Cuma sayaaaang pisan drama ini endingnya kurang nampol :| masa cuma diakhiri dengan jabatan tangan? Hih!!




2.    The Flower Boy Next Door
https://en.wikipedia.org/wiki/Flower_Boys_Next_Door

Ceritanya tentang seorang gadis bernama Go Dok Mi. Dok Mi merupakan gadis yang tertutup, bisa dibilang anti sosial. Pekerjaannya sebagai editor, yang bisa membuat Dok Mi kerja di rumah, membuat Dok Mi selalu mengurung diri di kamar apartementnya, Dok Mi juga tak mengenal tetangga di lingkungannya. Dok Mi menyukai seorang pria tampan bernama Tae Joon yang ditinggal di apartement sebrang, Dok Mi selalu memperhatikan apa yang dilakukan Tae Joon dengan menggunakan teropong. Satu hari, Dok Mi kepergok oleh adik Tae Joon yang bernama Enrique . Enrique  merupakan lelaki yang periang, ceria dan selalu berpikir positif.

Dok Mi disukai oleh seorang lelaki komikus webtoon bernama Oh Jin Rak. Jin Rak merupakan tetangga sebelah kamar Dok Mi. Tanpa disadari oleh Dok Mi, Jin Rak selalu memperhatikan Dok Mi selama tiga tahun, tapi Jin Rak belum berani menyapa Dok Mi. Jin Rak hanya bisa memberikan sebuah kertas gambar berseri disetiap kotak susu Dok Mi. Bahkan Dok Mi dijadikan sebagai tokoh di komik yang dibuatnya. Hal yang berbeda dilakukan oleh Enrique . Setelah memergoki Dok Mi yang meneropong ke arah kamar apartement kakaknya. Enrique  langsung menghampiri apartemen Dok Mi dan membuat keributan. Meski tak ditanggapi oleh Dok Mi tapi Enrique  tak menyerah. Hingga Dok Mi mulai membuka diri.

Satu kali,  Enrique  sedang membuat buku, Enrique  menginginkan editornya Dok Mi. Sejak saat itu  Dok Mi dan Enrique  semakin dekat, bahkan untuk pertama kalinya Dok Mi membiarkan orang lain memasuki kamarnya dan tinggal bersama Dok Mi.

Jin Rak disukai oleh seorang gadis bernama Cha Do Whi. Do Whi merupakan teman Dok Mi ketika SMA bahkan mereka bersahabat. Sejak mengetahui kalau Jin Rak bertetangga dengan Dok Mi, Do Whi mulai bersikap baik di depan Dok Mi. Hal itu dilakukan untuk menarik perhatian Jin Rak. Dok Mi sendiri tak menyukai hal itu, karena ada satu masalah di masa SMA dengan Do Whi, berkaitan dengan guru bahasanya. Apakah itu?

Enrique dan Jin Rak mulai mencoba mendekatkan kembali hubungan Do Whi dengan Dok Mi tapi, setelah mengetahui hal yang sebenarnya terjadi Enrique  mulai mengerti kenapa Dok Mi seperti itu. Dok Mi dan Enrique  menjadi dekat. Bahkan ketika Enrique  diharuskan untuk pergi ke Spanyol oleh perusahaannya, Enrique membatalkan kepergiannya hanya karena Dok Mi. Enrique  pun mengutarakan perasaannya kalau Enrique menyukai Dok Mi.

Ceritanya oke sih, suka sama si Enrique  yang polos, periang, dan pantang menyerah untuk membuat Dok Mi membuka diri hingga tidak terkukung di kamarnya dan bisa melihat dunia luar. Bikin penasaran juga sih, kenapa ya ko Dok Mi menjadi tertutup dan menjauhi Do Whi. Padahal dulunya dua gadis ini berhasabat baik ketika masih sekolah. Jujur saja, gue gak menikmati drama ini, entahlah rasanya kurang greget buat gue :|



3.    JeJungWon
http://asianwiki.com/Jejungwon

Merupakan cerita tentang rumah sakit ala barat pertama yang berdiri di Korea, sekitar tahun 1800-an pada masa dinasti Joseon. Diceritakan ada seorang lelaki yang berprofesi sebagai tukang jagal bernama ‘anjing kurus’. Pada saat itu, ibu anjing kurus menderita penyakit TBC, ketika berobat ke dokter watanabe, ibunya tak diberi pengobatan yang benar karena anjing kurus tak bisa membayar. Untuk membayar pengobatan ibunya anjing kurus nekat melakukan penjagalan ilegal, ketika ditangkap, anjing kurus malah dibawa ke sebuah rumah dimana anjing kurus disuruh untuk membedah mayat dan mengeluarkan organ dalamnya, hal itu dilakukan atas perintah Doyang. Seorang lelaki bangsawan yang tertarik belajar pengobatan barat.

Agar tak bisa ditangkap oleh polisi, anjing kurus mengubah identitasnya menjadi Hwang Jung. Hwang Jung juga diburu oleh kroconya Doyang, hal itu dilakukan untuk menutupi perbuatan Doyang. Hingga, Hwang Jung tertembak dan ditolong oleh seorang wanita cantik, putri dari ahli bahasa bernama Seok Ran. Disana, Hwang Jung dirawat oleh dokter barat yaitu Dr Allen. Hwang Jung pun sembuh, tapi karena mengetahui kalau keluarga ahli bahasa itu mengenal doyang, Hwang Jung pergi tanpa pamit.

Di lain cerita, ada kudeta yang dilakukan oleh oknum yang didukung oleh pemerintah Jepang. Disana keponakan raja terluka, tapi kebetuan disana ada Hwang Jung. Hwang Jung pun menolong dan membawa ke Dr Allen bersama si ahli bahasa yang juga berada disana. Selama pegobatan itu, Hwang Jung mengamati apa yang dilakukan oleh Dr Allen.

Ayah Doyang yang merupakan penjabat pergi ke istana dan terluka. Doyang membawa ayahnya ke rumah ahli bahasa dimana Dr Allen tinggal tapi, Dr Allen tidak ada disana karena sedang mengobati keponakan raja. Pada saat itu datang Hwang Jung dan Seok Ran. Karena mengetahui Dr Allen tidak ada disana, Doyang pergi menjemput Dr Allen. Paman Doyang datang, melihat ayah Doyang terluka parah dan hampir sekarat, paman Doyang memaksa Hwang Jung untuk melakukan sesuatu. Dengan dibantu Seok Ran, Hwang Jung melakukan pengobatan tapi sayang, ayah Doyang malah meninggal dunia. Doyang menyalahkan Hwang Jung akan kematian ayahnya. Mulai dari sana, Doyang dan pamannya menbenci Hwang Jung.

Karena melihat keberhasilan Dr Allen menyelamatkan keponakan raja, raja memutuskan untuk membuat rumah sakit yang diberi nama jejungwon. Untuk menambah tenaga medis, maka diadakan ujian. Karena kecurangan paman Doyang, Hwang Jung tidak lulus tapi, karena Seok Ran yang menyamar saat ujian dan menyerahkan posisinya, Hwang Jung pun bisa belajar di Jejungwon. Disana, Hwang Jung selalu diganggu, bahkan Hwang Jung dituduh mencelakai Doyang dengan membakar laboratorium padahal Hwang Jung yang menyelamatkan Doyang. Hingga akhirnya ketahuan pelakunya adalah antek dari dokter Watanabe yang berusaha merebut jejungwon.

Satu kali, kerajaan dilanda musibah cacar, banyak warga yang meninggal dunia. Para murid jejungwon berusaha membuat vaksin cacar, dimana yang lebih vokal adalah Hwang Jung, Seok Ran dan Doyang. Hingga mereka berhasil membuat vaksin cacar. Doyang pun mengakui keterampilan Hwang Jung meski tetap skeptis.

Setelah Dr Allen kembali ke Amerika, posisi direktur Jejungwon digantikan oleh Dr Heron yang lebih tegas dibanding Dr Allen. Kemudian diadakanlah ujian untuk menjadi dokter magang. Hwang Jung lulus menjadi siswa terbaik sedangkan, Doyang hanya meraih posisi ke empat. Di hari pertamanya sebagai dokter magang, Hwang Jung mendapatkan seorang pasien yang tak lain ayahnya sendiri. Karena hal itu, diketahuilah identitas asli Hwang Jung. Hwang Jung pun dikeluarkan.

Satu kali, anak perempuan menteri pertahanan sakit dan dirawat di Jejungwon, karena Dr heron tak ada ditempat. Seok Ran memanggil Hwang Jung untuk mengobati pasien. Pasien sembuh, hanya setelah mengetahui kalau Hwang Jung yang mengobati, si pasien bunuh diri. Hwang Jung pun akan di hukum mati tapi, karena Dr Heron yang meminta Hwang Jung untuk membantunya mengoperasi duta besar rusia dan berhasil, Hwang Jung dibebaskan dan statusnya sebagai tukang jagal dihapuskan oleh raja. Mentri pertahanan pun murka hingga tega memperintahkan anak buahnya untuk membunuh Hwang Jung meski yang berhasil dibunuh adalah ayah Hwang Jung.

Singkat cerita, Hwang Jung berhasil menjadi dokter pertama di Korea. Hubungan dengan Doyang membaik tapi, disaat itu pula pemerintah Jepang berusaha mengambil alih kekuasaan dan berhasil, Hwang Jung pun diangkat sebagai pemimpin pemberontakan sedangkan kepengurusan Jejungwon diberikan kepada Doyang. Lalu gimana kelanjutannya? Panjang ah, cape, hahaha =D

Ceritanya seru apalagi cerita di awal yang menyajikan cerita bagaimana perjuangan seorang anak tukang jagal dimana statusnya paling rendah berusaha untuk menjadi dokter pertama di Korea. Persaingan dengan Doyang untuk menjadi yang terbaik pun seru untuk diikuti. Disertai kisah cinta segitiga antara Hwang Jung, Doyang dan Seok Ran. Hanya,, cerita seru ini tidak berlangsung hingga akhir karena hih di episode-episode akhir, malah jadi cerita politik. :|

Udah deh,:p

3 comments:

  1. Wah akhirnya tergerak hati ini untuk baca sinopsis korea. Soalnya sbelumnya klo gw nonton film korea ga nonton klo bner2 di rekomendasiin sama seseorang.
    Oya folback blog ya kak...

    ReplyDelete
  2. Salah satu hal yang membuat saya suka membaca sinopsis adalah dengan membacanya kita secara cepat sudah bisa menyimpulkan apa dan bagaimana jalan cerita suatu buku atau film tersebut. Memang, terkadang kita tidak bisa meluangkan waktu untuk menonton atau membaca sebuah buku secara keseluruhan, tapi dengan membaca sebuah sinopsis, banyak sedikitnya kita mengetahui isi film.

    Jujur saya kurang tertarik dengan hal-hal yang berbau korea, apa lagi menonton dramanya yang sangat di gemari oleh cewek2 itu. Satu-satunya hal yang sangat saya sukai dari Korea cuma para personil SNSD *eh.
    Terima kasih telah berbagi ya sob, sinopsis drama koreanya keren :D

    ReplyDelete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!