Sunday, March 27, 2016

[Part 18] Kumpulan Sinopsis Drama Korea yang Singkat

Kembali lagi ke postingan kumpulan sinopsis drama korea ala iilajah yang gak jelas ini hahah =D, sekarang gue mau bagi 3 sinopsis drama korea dengan judul, Love Story In Harvard, Jang Ok Jung dan 3 Days, ;)

1.    Love Story In Harvard

https://en.wikipedia.org/wiki/Love_Story_in_Harvard

Drama ini menceritakan tentang mahasiswa Harvard yang berasal dari Korea. Kim Hyun Woo merupakan mahasiswa S2 jurusan Hukum di Harvard. Pada hari pertama di kelas Profesor Keynes, Hyun Woo tidak bisa menjawab pertanyaan dari Prof Keynes, sehingga Hyun Woo pun diremehkan.
Di kelas yang sama, ada mahasiswa dari Korea yang bernama Alex Hong atau Hong Jung Min, berbeda dengan Hyun Woo, Jung Min merupakan mahasiswa yang cerdas sehingga bisa menjawab pertanyaan dari Prof Keynes.  Setelah itu, Prof Keynes memberikan tugas. Dengan saran dari prof yang berasal dari Korea, Hyun Woo pun mencari buku karangan Prof Keynes tapi, buku tersebut telah dipinjam oleh orang lain yaitu Jung Min. Hyun Woo ingin meminjam sebentar tapi, tak dibolehkan sehingga Hyun Woo membawa lari bukunya, Jung Min pun mengejar Hyun Woo. Dari sana mereka berdua mulai berselisih paham.

Satu kali, ada pesta untuk menyambut para mahasiswa baru yang diadakan oleh firma hukum James Yu. Disana Hyun Woo melihat gadis cantik yang digandeng James Yu. Gadis cantik yang pernah dilihatnya memasuki hotel dengan seorang pria. Hyun Woo telah berpikiran ‘negatif’ terhadap si gadis cantik. Jung Min yang juga berada disana ikut memperhatikan si gadis cantik.

Prof Keynes memberikan tugas kelompok. Hyun Woo mencari anggota kelompok tapi tak ada yang mau, sekalinya ada yang mau, Hyun Woo harus membuat Jung Min bergabung baru bisa menerima Hyun Woo. Akhirnya, Hyun Woo mencari teman untuk membantu menyelesaikan tugasnya. Teman Hyun Woo yang mahasiswa kedokteran menyarankan seorang mahasiswa kedokteran yang cerdas yaitu Lee Su In. Lee Su In ini merupakan si gadis cantik yang pernah ditemuinya.

Lee Su In, mahasiswi kedokteran di Harvard. Sejak usia 9 tahun, Lee Su In telah tinggal di amerika bersama ayahnya. Lee Su In merupakan mahasiswi yang miskin sehingga Lee Su In mau melakukan apa saja untuk mendapatkan uang. Ketika mendapatkan tawaran dari Hyun Woo, Lee Su In bersedia. Hyun Woo dan Lee Su In pun belajar bersama di asrama Hyun Woo. Asrama yang juga merupakan tempat tinggal Jung Min. Melihat Lee Su In bersama dengan Hyun Woo, Jung Min terlihat cemburu, ecieee,,

Dilain cerita, Lee Su  In tidak mempunyai tempat tinggal sejak teman sekamarnya bertunangan dan akan tinggal bersama dengan sang tunangan. Lee Su In pun terpaksa harus tidur di perpustakaan. Satu kali, Jung Min dan Lee Su In pergi makan bersama, Lee Su In meminta Jung Min untuk mencarikan kamar sewaan yang harganya murah. Jung Min malah menawarkan Lee Su In untuk tinggal secara gratis di asrama Jung Min. Lee Su In bersedia. Lee Su In pun bertugas membersihkan asrama dan membuat makanan untuk para siswa. Selama disana, Lee Su In tambah dekat dengan Hyun Woo bahkan berkencan. Hyun Woo dan Jung Min  pun menjadi lebih akrab. Gue kasihan sama Jung Min soalnya, Jung Min juga mencinta Lee Su In.

Singkatnya,,
Lee Su In yang bekerja di sebuah bar, mendapati seorang pelanggan yang sesak nafas. Lee Su In membantu si pelanggan  bahkan membuat lubang di tenggorokannya. Jung Min yang berada disana mengingatkan Lee Su In, bahwa apa yang Lee Su In lakukan bisa berakibat fatal tapi, Lee Su In kekeh untuk menolong si pelanggan. Perbuatan Lee Su In menjadi masalah yang serius, dosen Lee Su In memarahi Lee Su In karena Lee Su In tidak mempunyai izin untuk menolong si pasien. Lee Su In hanyalah mahasiswa bukan seorang dokter. Meski endingnya si pasein selamat karena Lee Su In.

Firma hukum James Yu yang dipimpin oleh Jina, memprovokasi keluarga pasien untuk menuntut. Hal ini dilakukan untuk menaikkan famor firma hukum James Yu, karena yang dituntut adalah fakultas kedokteran Unversitas Harvard. Lee Su In pun terancam dikeluarkan dari Harvard tapi, berkat pembelaan Hyun Woo selama persidangan, Lee Su In pun selamat.

Setelah persidangan itu, Hyun Woo membawa Lee Su In ke sebuah pantai, disana mereka berdua menghabiskan waktu bersama. Lee Su In meminta kepada Hyun Wo untuk “tidur bersama” dengannya. Mereka pun ekhem. Paginya, Hyun Woo melihat Lee Su In sudah tidak ada lagi disana. karena ternyata, Lee Su In pergi ke amerika selatan untuk melakukan misi apa gituuu, gue lupa, hahahah =D

Beberapa tahun kemudian. Hyun Woo telah lulus dan kembali lagi ke Korea. Hyun Woo menjadi seorang pengacara. Jung Min yang telah bekerja di firma hukum James Yu sebagai pengacara juga kembali ke Korea. Lee Su In juga ternyata kembali ke Korea bahkan Jung Min juga melihat Lee Su In di bandara hanya, Lee Su In tidak melihat Jung Min.

Lee Sul In yang bekerja di yayasan Hamilton, kembali ke Korea untuk sebuah proyek yaitu melakukan penelitian di daerah yang bernama Shinballi. Sedangkan Jung Min kembali ke Korea untuk menjadi pengacara dari perusahan DA Kimia yang dituduh melakukan pembuangan limbah ke daerah  Shinballi. Hyun Woo pun berniat untuk menjadi pengacara bagi warga Shinballi. Tiga orang ini sama-sama melakukan pekerjaan di tempat yang sama meski berbeda peran. Dramaaaa gitu loh bro -_-

Tidaklah mudah bagi Hyun Woo  untuk menjadi pengacara bagi warga Shinballi.  Warga Shinballi yang tempatnya telah dialiri limbah lebih memilih menerima kompensasi dari perusahaan DA kimia. Firma hukum James Yu yang menjadi pengacara perusahaan DA Kimia melihat kalau Hyun Woo akan menjadi kendala, maka dengan teganya Jung Min memasukkan Hyun Woo ke penjara dengan tuduhan,,, em lupa, wkwkwkw =D meski hanya sehari saja. Selepas keluar dari penjara, Hyun Woo kembali mempengaruhi warga Shinballi untuk menuntut kepada perusahaan DA kimia agar mendapat kompensasi yang lebih besar. Warga Shinballi menyetujuinya. Hyun Woo pun menjadi pengacara warga Shinballi.

Singkat cerita,  Hyun Woo dan Lee Su In kembali  bertemu apalagi mereka berdua terlibat proyek yang sama. Mereka menjadi dekat dan kembai berkencan. Lee Su In memberitahu Hyun Woo kalau Lee Su In di Korea hanya sementara, setelah proyek itu selesai Lee Su In akan pergi ke Afrika.

Pekerjaan Lee Su In di Korea adalah meneliti darah warga Shinballi yang diduga tercemar limbah. Tanpa sepengatahuan Lee Su In, hasil penelitian Lee Su In ini disalahgunakan oleh James Walker, pemimpin yayasan Hamilton. James Walker ini merupakan serigala berbulu domba, karena ternyata James Walker adalah pimpinan DA Kimia yang mencemari Shinballi. Untuk menutupi perbuatannya James Walker mendirikan yayasan Hamilton yang melakukan kegiatan kemanusiaan.

Singkat cerita, pekerjaan Lee Su In telah selesai, sebelum hari keberangkatannya ke Afrika, Lee Su In menghabiskan waktu bersama Hyun Woo. Ketika akan berangkat, Hyun Woo menemui Lee Su In di bandara dan memakaikan cincin kepada Lee Su In, mereka pun berpamitan. Tak lama setelah berpamitan, Lee Su In pingsan. Setelah di rumah sakit, diketahuilah kalau Lee Su In mempunyai penyakit Lymphoma. Lee Su In pun dirawat inap, selama itu pula Hyun Woo menemani Lee Su In sembari menyelesaikan pekerjaannya. Duh, disini mereka mesra-mesraan, ekhem, ekhem =D

Hyun Woo mencari tahu tentang DA Kimia dan Hyun Woo menemukan fakta kalau yayasan Hamilton tempat bekerjanya Lee Su In ini selalu bekerja di daerah DA Kimia. Semakin Hyun Woo mendapatkan fakta baru, semakin Hyun Woo diganggu bahkan Hyun Woo ditabrak dengan mobil oleh suruhan Jason Walker. Untung gak mati ffiuuuh,,,

Jung Min juga mencari tahu siapa sebenarnya Jason Walker dan apa hubungannya dengan yayasan Hamilton. Jung Min awalnya berniat untuk mengundurkan diri hanya, ketika di rumah sakit tak sengaja Jung Min melihat Lee Su In melakukan pengobatan, ketika Jung Min bertanya kepada suster ‘tempat apa itu’, suster menjawab bahwa itu tempat kemoterapi. Jung Min pun mengetahui kalau Lee Su In sakit parah. Jung Min menemui Jason Walker dan meminta Jason Walker untuk menemukan dokter yang hebat untuk menyembuhkan Lee Su In dan Jung Min akan memenangkan DA Kimia di persidangan. Cinta Jung Min ke Lee Su In ini gede bro. Jung Min yang telah bertunangan dengan Jina si anak pemilik firma hukum James Yu pun memutuskan pertuangannya karena yang dicintainya Cuma Lee Su In.. aawww,,,

Ketika Hyun Woo mendapatkan saksi yang bisa memberatkan DA Kimia yaitu Chun Nosik. Jung Min menjebak Hyun Woo. Jung Min menyuruh Chun Nosik yang telah diberi uang oleh Jung Min untuk meminta uang kepada Hyun Woo. Hyun Woo menolak tapi karena kasihan anaknya Chun Nosik sakit,  Hyun Woo memberi uang. Di persidangan, perbuatan Hyun Woo pun dibeberkan, Hyun Woo dituduh melakukan penyuapan kepada saksi. Akibatnya, izin firma hukum Hyun Woo terancam dicabut. Disatu sisi Hyun Woo pun mengalami masalah keuangan.

Lee Su In yang mengetahui permasalahan Hyun Woo meminta kepada ayah Hyun Woo untuk membantu Hyun Woo. Ayah Hyun Woo menyetujuinya dengan syarat Lee Su In meninggalkan Hyun Woo karena ayah Hyun Woo ingin menikahkan Hyun Woo dengan gadis lain. Lee Su In setuju. Masalah keuangan Hyun Woo pun selesai. Lee Su In pun pergi ke rumah Chun Nosik, disana Lee Su In bertemu dengan anak Chun Nosik yang sakit dan mereka pun menjadi dekat. Melihat kedekatan Lee Su In dengan anaknya, Chun Nosik pun mengatakan yang sebenarnya kepada Lee Su In dan berniat untuk mengatakan apa yang sebenarnya terjadi di persidangan. Jason Walker yang takut kejahatannya terbongkar pun menyuruh suruhannya untuk membunuh Chun Nosik . Cilaka 12 nya, Hyun Woo, yang pertama melihat mayat Chun Nosik malah dituduh sebagai pembunuh.

Hyun Woo mengira kalau kejadian itu ada hubungannya dengan Jung Min. Hyun Woo menemui Jung Min dan memarahinya. Disana, Jung Min memberitahu Hyun Woo  alasan Jung Min melakukan hal itu tapi Jung Min tidak terlibat dengan pembunuhan Chun Nosik. Jung Min juga memberitahu Hyun Woo penyakit yang diderita oleh Lee Su In. Setelah itu, Hyun Woo pun membuat kejutan kepada Lee Su In dan mengajaknya untuk menikah. Meski awalnya tidak mau karena janjinya kepada ayah Hyun Woo tapi, akhirnya Lee Su In setuju. Lee Su In dan Hyun Wo menemui  ayah Hyun Woo untuk meminta restu. Ayah Hyun Woo menanggapinya dengan dingin.

Karena Hyun Woo menjadi tersangka pembunuhan Chun Nosik, di hari pernikahannya polisi pun hadir karena setelah janji pernikahan terucap, Hyun Wo harus masuk penjara. Di hari penikahannya, ayah Hyun Woo datang begitupun dengan Jung Min. Jason walker dan suruhannya pun hadir, ketika Lee Su In memasuki altar penikahan, anak Chun Nosik yang ada disana berteriak, “dia membunuh ayahku” kepada suruhan Jason Walker. Hyun Woo pun mengejar suruhan Jason dan tertangkap tapi, Jason Walker keburu kabur. Dengan bantuan Jung Min, Hyun Woo mengejar Jason ke bandara dan tertangkap tapi, setelah itu Jason Walker malah dilepaskan.

Hyun Woo dan Lee Su In resmi menjadi suami istri. Hyun Woo mendapatkan email dari bule bernama Anna yang akan mendonorkan sum-sum tulang belakang untuk Lee Su In. Hyun Woo dan Lee Su In gembira tapi, hanya sementara. Jason Walker menghubungi Anna. Setelah itu Hyun Woo dihubungi oleh Anna kalau Anna tidak jadi mendonorkan sum-sum tulang belakangnya. Disaat itu pula, Jason Walker menghubungi Hyun Woo bahwa Jason Walker akan mendapatkan donor untuk Lee Su In kalau Hyun Woo membatalkan tuntutannya. Hyun Woo galau dan berniat untuk menghentikan tuntutannya.

Lee Su In yang tahu apa yang terjadi menemui Jason Walker, disana Lee Su In menanyakan apa yang terjadi. Jason  Walker mengungkapkannya dan apa yang diucapkan oleh Jason Walker ini direkam oleh Lee Su In. Lee Su In pun meminta Hyun Woo untuk meneruskan tuntutannya karena itu yang diinginkan oleh Lee Su In. Lee Su In ingin menebus apa yang selama ini dilakukannya, bahwa penelitiannya yang dikiranya telah membantu orang lain nyatanya malah merugikan orang lain. Hyun Woo menguatkan Lee Su In bahwa Lee Su In hanya dimanfaatkan. Karena ternyata untuk menutupi kejahatannya Jason Walker selalu memanfaatkan dokter muda dari Harvard untuk bekerja di yayasannya. Lee Su In pun membantu Hyun Woo mencari bukti untuk menangkap Jason Walker.

Sebelum persidangan, Lee Su In menemui Jung Min dan meminta Jung Min untuk kembali menjadi Jung Min yang dahulu. Jung Min pun hanya bisa menangis di pelukan Lee Su In. Di persidangan itu, Jung Min yang merupakan pengacara DA Kimia malah menjadi saksi yang memberatkan DA Kimia. Dengan berbagai bukti itu, Hyun Woo si pengacara keren, wkwkwk berhasil menjebloskan Jason Walker ke penjara. Anna si pendonor yang mengetahui kalau dirinya telah dimanfaatkan Jason Walker pun bersedia untuk mendonorkan sum-sum tulang belakangnya kepada Lee Su In kemudian,,,, happy endinglah,,
gue suka sama  tokoh Jung Min, cintanya tulus, mau melakukan apa saja demi si dia meski bertepuk sebelah tangan, itu kereeeen.



2.    Jang Ok Jung
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Jang_Ok-jung,_Live_for_Love-poster.jpg

Drama korea bertema kerajaan Joseon. Drama ini menceritakan tentang seorang gadis cantik bernama Jang Ok Jung yang berprofesi sebagai seorang designer hanbook yang sukses pada masa itu. Jang Ok Jung termasuk warga dengan kasta yang setengah rendah. Ibunya seorang budak sedangkan ayahnya menengah tapi karena menikahi ibunya Jang Ok Jung yang budak kastanya pun mengikuti ibunya. Status Jang Ok Jung pun asalnya budak tapi, karena ayahnya membayar, maka status budak Jang Ok Jung dihapuskan.


Ketika remaja, Jang Ok Jung bertemu dengan seorang remaja lelaki ketika berada di pasar, mereka berdua pun menjadi dekat bahkan terkadang bertemu. Jang Ok Jung menceritakan keinginannya yang ingin menjadi seorang penjahit karena Jang Ok Jung ingin membuat pakaian yang bisa menghapus statusnya, remaja lelaki itu berjanji akan memberi pakaian itu kepada Jang Ok Jung. Si lelaki pun berjanji akan bertemu lagi dengan Jang Ok Jung tapi janji itu tidak terlaksana.


Beberapa tahun kemudian, keinginan Jang Ok Jung untuk menjadi penjahit pun tercapai. Hingga Jang Ok Jung bertemu dengan Lee Sun seorang lelaki tampan (Yoo Ah In kece!!) untuk membuat baju. Hingga ketika Jang Ok Jung akan melarikan diri ke Qing bersama ibunya, Jang Ok Jung menemukan Lee Sun yang terluka dan menolongnya. Lee Sun pun menyuruh Jang Ok Jung untuk mencari Lee Sun di istana sebagai kepala pengawal. Jang Ok Jung dan Lee Sun saling menyukai.


Lee Sun yang merupakan putra mahkota kerajaan Joseon diharuskan untuk memilih putri mahkota hingga akhirnya raja Joseon meninggal dan Lee Sun pun diangkat menjadi raja berikutnya.


Pada saat itu, kerajaan Joseon mempunyai dua partai. Partai barat yang berkuasa dan partai selatan sebagai oposisi. Untuk mempertahankan posisinya, ratu dari partai selatan menyuruh  bawahannya mencari wanita yang cantik untuk menggoda Raja Lee Sun dan menjadi selirnya. Wanita yang dipilih itu adalah Jang Ok Jung. Jang Ok Jung pun masuk ke istana sebagai dayang di ruang menjahit. Setelah di istana barulah diketahui kalau Lee Sun yang Jang Ok Jung kira adalah kepala pengawal ternyata adalah Raja Joseon.


Lee Sun yang telah mempunyai Ratu In Hyun tidak bisa mengabaikan perasaannya yang telah jatuh hati kepada Jang Ok Jung. Ayah Ratu In Hyun yang tidak menyukai hal itu mencoba mencelakai Jang Ok Jung tapi, diselamatkan oleh paman Jang Ok Jung. Paman Jang Ok Jung yang terobsesi menjadi ayah mertua raja memanas-manasin Jang Ok Jung, bahwa kalau Jang Ok Jung ingin mempertahankan cintanya kepada raja Lee Sun, Jang Ok Jung harus mempunyai kekuasaan dan jawabannya adalah menjadi selir Raja Lee Sun. Hingga akhirnya Jang Ok Jung pun masuk kembali ke istana dan berhasil diangkat menjadi selir. Jang Ok Jung juga berhasil hamil dan melahirkan anak lelaki yang kemudian diangkat sebagai putra mahkota.


Banyak intrik yang terjadi di istana memaksa Jang Ok Jung untuk memperoleh kekuasan yang lebih besar lagi, apalagi untuk mempertahankan gelar putra mahkota anaknya. Dengan bantuan pamannya, Jang Ok Jung berhasil menurunkan tahta Ratu  In Hyun  yang berasal dari partai barat dan mengeluarkannya dari istana.

Di suatu saat terkuaklah bahwa remaja lelaki yang ditemui Jang Ok Jung  dipasar adalah Lee Sun. Lee Sun bahagia bahwa pakaian yang dijanjikannya kepada Jang Ok Jung tercapai. Pakaian itu adalah pakaian pernikahan kerajaan Joseon. Jang Ok Jung diangkat menjadi ratu Joseon. Partai selatan pun menjadi partai yang berkuasa menggantikan partai barat tapi, para anggota partai selatan tidak cakap dalam pekerjaan hingga membuat Lee Sun kecewa. 


Partai barat membuat berbagai muslihat untuk menurunkan tahta Ratu Jang Ok Jung dan mengangkat kembali Ratu In Hyun. Lee Sun yang berniat membuat partai barat kembali berkuasa mengikuti alur permainan partai barat yang menyodorkan wanita cantik dan kemudian diangkat menjadi selir. Hingga akhirnya dengan terpaksa Lee Sun harus menurunkan tahta Ratu Jang Ok Jung dan mengembalikannya menjadi selir sedangkan Ratu In Hyun kembali diangkat menjadi Ratu Joseon. Partai barat pun kembali berkuasa.


Di lain sisi, perlahan sikap Lee Sun yang percaya dan selalu melindungi Jang Ok Jung pun berubah karena sedikit demi sedikit perbuatan jahat Jang Ok Jung dan orang-orangnya terkuak. Lee Sun bimbang karena bagaimanapun Lee Sun mencintai Jang Ok Jung tapi, Lee Sun ingin menjadi raja yang baik sehingga hati Lee Sun tidak bisa menerima hal itu. 


Perbuatan apakah yang dilakukan Jang Ok Jung untuk menjadi ratu Joseon? Tonton aje yee, banyak konflik dan konpirasi yang terjadi di drama ini. Seru, gue suka dan episodenya juga gak banyak jadi gue bisa nikmatin drama ini apalagi ada Yo Ah In yang,,,, ampun dije itu bibir tebel amat, minta dikecup banget deh, ahahah =D dan yang jelas Hanbok di drama ini cantik-cantik.


3.    3 Days
http://www.soompi.com/2014/02/24/adrenaline-pumping-drama-posters-for-park-yoochuns-three-days-released/

Siapa yang bilang drama korea isinya cuma cinta-cintaan? Kamu?!! Hemm kamu berarti harus banget nonton drama ini soalnya cinta-cintaannya hampir tidak ada. Ini drama action keren, gue pikir ini drama yang bercita rasa film. Twist-twistnya juga menarik dan bikin kita ber-oh-oh,,, gitu. Drama ini memilik plot maju mundur kena, hampir di setiap episode kita akan dibawa ke masa lalu sebelum peristiwa terjadi. So, banyak flashback yang membuat kita mikir dan bikin penasaran. Kita gak akan tahu dengan pasti siapa komplotan penjahat yang sebenarnya. Jadi kalau kamu nonton drama ini setelah membaca sinopsisnya, feelnya bakal kurang nendang. Percaya deh. Drama ini juga episodenya dikit cuma belasan saja, menariknya drama ini hanya menceritakan kejadian selama tiga hari makanya judulnya 3 days :D

Penasaran? Gak? Uuugh,, bomat =D Gue kasih bocoran deh,, Inti ceritanya sih ada pengusaha serakah yang ingin mendapatkan keuntungan besar dengan memanfaatkan kondisi  negara Korea yang sedang kacau. Jadi, pengusaha ini berupaya membuat gaduh negara Korea dan tentu ada si hero yang mencegah hal itu terjadi. Dan si heronya adalah,, ehem-ehem Yoo Chun oppa yang manis :p emm,, jujurnya gue males bikin sinopsis drama ini, hahaha terlalu meliuk-liuk kalau dibikin sinopsis keseluruhan tapi yang jelas drama ini seru rekomended banget deh!!

3 comments:

  1. Genre korea thriller aka pembunuhan emang paling top menurutku, soalnya selalu ngetwist dan beda dari action pembunuhan barat, fix nambah lagi satu tontonan seru 3 days.,
    Oya tonton juga il, korean thriller pembunuhan yang laen, kayak return, montage, hard day, perfect number, dll

    ReplyDelete
  2. Btw 3 days ada pembunuhannyakah?xixi
    Pnasaran tingkat dewa, luat spoilernya dulu ah ke gugel

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembunuhan? ada banget. semacam pembunuhan berantai untuk menghilangkan bukti

      Delete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!