Saturday, June 04, 2016

Tentang Buku Bacaan


Sekarang gue mau ngomongin buku. Setiap orang punya selera masing-masing dalam menyukai sebuah tulisan atau cerita tapi, yang pasti setiap tulisan mempunyai pembacanya sendiri. Ketika gue bilang buku A adalah buku yang bagus tapi, menurut kamu mungkin buku itu biasa saja atau bahkan jelek. Seperti halnya buku Raditya Dika. Selama gue rajin blogwalking ke blog yang si empunyanya adalah anak muda, seringkali gue baca kalau mereka terinspirasi sama Raditya Dika, ngefans sama  Radit, ngoleksi buku Radit, ingin seperti Radit hingga banyak juga tuh blog ala-ala Raditya Dika. Gaya bahasa, cerita hingga nama blognya. Catatan pelajar bodoh, dungu, ah,, apapun lah, kesannya menjelek-jelekan diri sendiri. Terkadang gue bingung, ko mau-maunya membodoh-bodohi diri sendiri untuk terlihat lucu? SELERA,,


Anyway, gue suka cuitan Radit di twitter, orang yang gue follow pertama kali pas punya twitter, Radit. Serial “malam minggu miko”nya juga gue ikutin tapi, entah kenapa gue gak pernah beres baca bukunya Radit. Tahun 2010-2011, ketika dengan mudahnya mendowload ebook Radit, gue download hampir semua bukunya dia. Semua itu karena gue denger dia ini tenar, bukunya laku dan udah terbitkan puluhan kali. So, gue penasaran tapi, pas baca, ko jayus ya, garing, gue gak ngerti lucunya dimana. Di awal cerita novel kambing jantan gue masih bisa nikmatin, ke sana-nya gue gak ngeh,, skip-skip, akhirnya nyerah. Baca bukunya yang lain, yaelah belum setengahnya gue malah udah nyerah. Zzzzz,, dan gue bingung ketika banyak yang suka bukunya Radit, kenapa gue gak bisa nikmatin? Apa selera humor gue rendah? Grrrr,,,




Sejak saat itu gue udah gak lihat lagi buku-buku yang bestseller buat masuk list gue. Karena belum tentu cocok. Gue lebih suka cari buku secara random dengan penulis yang gak tenar, biar beda dari kebanyakan orang B-) ceritanya sih biar antimainstream padahal mah sih, #antibayarmahalaliaspelit =D. Apalagi sejak gue suka cari buku di tempat obralan, duh itu surga deh buat yang suka baca buku tapi, kere, ahahaha =D.  Nah, sekarang, gue mau ngomongin soal buku-buku “Yang,,,” dari buku yang pernah gue baca. Hanya mesti diinget ya, seperti yang gue jabarin diatas, setiap orang memiliki seleranya masing-masing terhadap buku bacaan jadi maafkeun daku kalau ada yang gak setuju sama yang gue tulis disini,,,


1. Yang Bikin Geli 
Astana Dewa: Nikensari S
Gue menemukan buku ini di tempat obralannya Gramedia. Murah, harga awalnya 46 ribu dan gue beli cuma 10 ribu plus lumayan tebel, 278 hal. Covernya jelek, ceritanya biasa saja, konfliknya gak menggigit alias gak ada kejutan. Cerita tentang cewek yang memasuki kehidupan dua lelaki yang bersahabat dan dua lelaki ini sama-sama mencintai si cewek. Familiar bukan? Si penulis kayanya suka k-drama kaya gue, soalnya ditemukan beberapa kata yang menggunakan bahasa korea di buku ini, agak ganjil menurut gue, emang ada di indonesia yang manggil pacarnya dengan chaggi, oppa? -_-“ Yang bikin geli ketika gue baca bagian akhir dari buku ini yang ekhem agak vulgar,, coba baca deh penggalan dalam buku ini yang,,,
,,,.Aku bisa merasakan indera pengecapnya menyusup masuk dan menyentuh lidahku. Kulepas bibirnya dari bibirku tapi, sedetik kemudian aku kembali menyentuh bibirnya yang dingin dan lembut. Kutarik kepalanya menjauh dari kepalaku lalu meletakkannya di leherku. Dewa menyentuh leherku dengan bibir tipisnya dan sepertinya sekarang ia tengah membuat kissmark di leher sebelah kiriku.,,,

yang lucunya, novel ini ditulis oleh seorang siswi yang masih berusia tujuh belas tahun! Emm,,, apa dia kebanyakan nonton film dewasa? Atau gaya pacaran anak sekolah sekarang kaya gitu? Ckck :| buat gue, kisah romantis yang menyentuh hati tidak harus menampilkan adegan vulgar yang ditulis sedetail itu. Hal itu malah menurunkan kesan romantisme kisah cinta anak SMA yang ‘seharusnya’ masih polos tapi, dengan menuliskan adegan itu, gue kaya baca stensilan :|



2. Novel Trilogi yang Beres Gue Baca 
The Maze Runner: James Dashner
Ini merupakan satu-satunya novel trilogi yang beres gue baca. Sebelumnya pernah baca twilight, cuma buku pertama doank yang gue baca, keburu nonton filmnya. Gue dapet buku ini di obralannya gramedia. Murah, bayangin aja harga awal 74 ribu-69 ribu dan gue cuma bayar 60 ribu untuk ketiga novelnya. Ugh, senengnya dapet obralan :D kondisinya mulus, bukunya tebel dan ceritanya gak mengecewakan.


Cerita tentang seorang anak lelaki bernama Thomas yang memasuki dunia ‘aneh’  dimana penghuninya adalah anak-anak dan remaja, yang di sebut Glade. Thomas dan kawan-kawannya mencoba mencari jalan keluar dari Glade. Hanya, untuk mencari jalan keluar dari Galde mereka harus  menyusuri lorong ‘Maze’ yang berkelok-kelok, yang berada di luar dinding Glade. Ketika malam tiba, mereka harus segara berada di dalam Glade karena pada saat itulah monter mengerikan yang bernama  Griver  berkeliaran dan akan memangsa mereka yang berada di dalam Maze. Kisah menegangkan mereka bukan hanya terjadi di Maze. Ada sebuah rahasia yang membuat mereka di kurung di Glade. Rahasia apakah itu? bace aje yeee,,,  :p


Saking penasarannya sama kisah petualangan Thomas dan kawan-kawannya, bikin gue beres baca ketiga bukunya dalam waktu seminggu, buat gue ini sebuah prestasi, hahah =D habisnya bukunya lumayan tebel, 500 hal lebih bo :p dan ternyata pada tahun 2014 novel trilogi ini difilmkan.



3. Yang ‘Pabaliut’  
The Last Samurai: Helen Dewitt
Dapetnya di Gramedia, harga obralnya cuma 20 ribu. Gue beli buku ini untuk menantang diri gue sendiri, sanggup gak ya gue baca buku setebal 610 hal? Belum lagi gue baca kesan orang-orang yang udah baca buku ini, katanya buku ini bagus, cerdas, imajinatif dsb, yang bikin gue makin tertarik buat beli. Apalagi udah dapet 3 penghargaan dan diterbitkan di 20 negara.

Ceritanya sih tentang ibu tunggal yang mempunyai seorang anak lelaki genius. Untuk menghadirkan sosok seorang ayah dalam kehidupan anaknya, si ibu memutar film 7 samurai Akira Kurosawa berulang-ulang kali. Hingga setelah si anak berumur 11 tahun, si anak mulai mencari sosok ayah dengan menguji jiwa samurai kepada 7 lelaki berbeda.

Setelah gue baca, buset dah, pusing!  tapi, gue beres loh baca bukunya :|


4. Yang Bikin Gue Bilang “Hah cuma gitu doang?”
Long Distance Hearts, Kisah Cinta Terpisahkan oleh Jarak: @Longdistance_R
Kalau yang ini, gue gak beli di obralan. Tertarik beli karena saat itu gue lagi menjalani LDR. Buku ini merupakan cerita pendek tentang kisah-kisah orang yang menjalani LDR. Sampul bukunya gue suka, cuma cerita-cerita di buku ini biasa saja, gak ada yang spesial, konfliknya gitu-gitu aja. Seperti membaca curhatan orang di blog pribadi. Gue bacanya juga setengah hati habisnya cerita seperti ini bisa gue temukan ketika gue blogwalking. Bahkan ceritanya lebih menggigit ketika gue baca cerita di blog. Rasanya gue pengen bilang,”balikin duit gue” :| nyeselnya sih karena gue gak beli di obralan -_-“ mehong bo untuk cerita yang seperti itu doang. Setelah gue beli buku ini, gue baru deh baca soal fenomena selebtwit yang bikin buku. Huh, pantesan isinya seperti itu, selebtwit toh,,,


5. Yang Banyak di Skip
5 CM: Donny Dirgantoro
Ah serius 5 cm? Iye,,gue serius. Novel ini udah diterbitkan sebanyak 29 kali di tahun 2013 (sekarang mungkin udah lebih). Banyak banget yang beli ya? Gue beli saat film 5 cm lagi heboh-hebohnya. Banyak yang bilang filmnya bagus, cuma gue lebih penasaran sama novelnya. Cerita tentang persahabatan, cinta dan bagaimana mencapai impian. Pesannya, gantungkan cita-citamu 5 cm dari keningmu dan biarkanlah ia mengambang (?). Kira-kira seperti itu,, :D


Soal bukunya, menurut gue, banyak adegan yang gak perlu diceritain tapi, malah diceritain dengan detail, bikin bosen bacanya jadi di beberapa bagian ada yang gue skip. Ganggunya ketika banyak lirik lagu yang dimasukkan ke dalam novel ini. Memasukan lirik lagu untuk membuat si pembaca bisa merasakan emosi si tokohnya itu bagus. Gue pernah baca novel romance yang memasukan lirik lagu dan itu sukses membuat gue nangis, habisnya ditempatkan di bagian yang pas menyentuh hati. Hanya, kalau kebanyakan, malesin juga keles gue baca lirik lagunya. Ya kali, gue lagi baca buku kumpulan lirik lagu.



6.  Yang Sulit dimengerti 
Lazarus dan Cintanya: Kahlil Gibran
Buku ini gue beli ketika SMA. Tadinya gue mau kasih ke si orang spesial, soalnya dia bilang suka sama Kahlil Gibran tapi, sebelum dikasih ke si dia, malah keburu putus hubungan :| jadi terdamparlah buku ini di lemari gue.  Berkali-kali mencoba untuk membaca buku ini tapi, sumpah gue masih gak ngerti apa sih yang  om Kahlil Gibran omongin. Gue bingung, ini puisi atau cerpen? Kalau puisi, panjang banget lagipula berbentuk paragraf layaknya cerpen. Kalau cerpen, isinya puitis sekali, seperti ini,,

O, Cintaku, fajar bersinar di matamu dan kesunyian yang misterius tersembunyi dalam fajar itu; kesunyian itu adalah ketentraman dari suatu malam yang dalam dan janji tanpa kata-kata dari suatu hari yang panjang. Dan aku tenggelam dalam kebahagian dan kedamaian.

O, Cintaku, cadar yang disebut kehidupan itu kini berada di antara kita. Haruskah aku hidup agar mati lagi dan mati lagi nanti agar dilahirkan kembali? Haruskah aku masih berlama-lama diatas bumi ini menunggu segala yang hijau menjadi kuning dan pelontos? Kenapa diantara semua gembala maka aku satu-satunya yang dibimbing kembali ke gurun setelah berada di padang-padang rumput subur?

Buku sebanyak 120 hal ini isinya seperti itu semua. Untuk gue yang bukan seorang puitis, membaca buku ini adalah siksaan. Gue pikir ketika dia bicara sehari-hari pun kemungkinan menggunakan kalimat yang puitis,, aww.


3 comments:

  1. yang karya khalil gibran kayaknya bagus, dimana sih nyari buku-buku khalil gibran. aku gak pernah nemu, ada ebook , males beangt baca ebook

    ReplyDelete
    Replies
    1. di gramedia tapi belinya di tahun 2008. silahkan gunakan mesin waktu =D

      Delete
  2. Yang buku The Last Samurai itu, awal - awal keluar gue kira novel adaptasi dari film layar lebar Tom Cruise, setelah ditelisik sinopsisnya, eh ternyata bukan, akhirnya ga jadi beli.

    Coba baca itu, Warm Bodies, Karya Isaac Marion, tak jamin gak garing dan gak rugi misal belinya gak diskonan :)

    ReplyDelete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!