Saturday, July 02, 2016

Resep Sambal Terasi ala iilajah


Gue lagi happy nih soalnya bapak ketagihan makan sambal buatan gue. Hal yang membahagiakan untuk orang yang memasak adalah ketika masakan atau makanannya habis dan lebih seneng lagi kalau orang yang memakannya ketagihan. Duh bahagianya itu dua kali lipat, gue merasa kalau hasil masakan gue dihargai. Itu artinya, waktu yang gue luangkan untuk memasak tidaklah sia-sia :p asal kamu tahu ya, kalau masakan yang udah kita buat tapi, ternyata sama sekali gak disentuh bikin hati gue sakit. Perih rasanya pengen banting panci. :(

Semua itu berawal sebelum bulan puasa dimulai. Karena bosen berada di rumah, gue pun memetik cabe rawit di depan rumah terus gue buat sambal terasi dan ternyata bapak suka. Soalnya setelah itu bapak minta gue untuk membuat sambal lagi. Dari sambal terasi hingga sambal oncom. Sampai sekarang, orang rumah (-_-yang isinya cuma gue sama bapak doang) gak pernah absen makan sama sambal. Walaupun setelah itu, perut gue mules, mencret dan ‘anu’ gue panas :| grrrr,,,tapi, tetap aja ya demen. Heran.

Setiap orang memiliki rasa tersendiri ya kalau buat sambal, suka beda-beda rasanya. Ada yang manis tapi ada juga yang asin. Kalau gue sendiri lebih suka sambal yang asin malah suka keasinan hehe =D. Sambal yang gue buat bisa tahan hingga lima hari dengan disimpan di ruangan terbuka. Lima hari karena sambalnya habis bukan karena udah gak bisa dimakan ya. :D Jadi gue belum tahu berapa hari kadaluarsanya sambal gue, habis keburu ludes syiich  :p nah, untuk sekarang gue mau berbagi resep sambal terasi, nanti gue mau share resep sambal oncom yang suka jadi teman makan serabi :D 


Resep Sambal Terasi

Bahan:
-1/2 mangkuk cabe rawit (maaf gue gak tahu beratnya berapa :| yang gue gunain mangkuk hadiah dari detergent ‘daia’ hehe :D )
-1 buah batang terasi (gue menggunakan terasi merk “Terasi H&D”, yang bentuknya persis kaya dodol garut yang  bulat panjang)
-4 siung bawang putih
-7 siung bawang merah
-1 buah tomat, dibelah dua
-3 lembar daun salam ukuran sedang (ini sih gimana selera kamu saja)
-1 batang sereh, dimemarkan (ini sih gimana selera kamu saja)
-1/2 sendok makan garam
-1 buah/gandu gula merah (gue menggunakan gula merah yang bentuknya itu bulat dengan ukuran lingkaran jempol dan telunjuk, ini gue bingung ngejelasinnya -_-“)
- 1 mangkuk air putih


Cara Membuat:
-untuk yang punya blender, tinggal diblender doang (-_-kecuali sereh dan daun salam), cuma gue mah pake cobek :| jadi inilah cara gue,,
-bersihkan tangkai cabe rawit lalu cuci bersih.
-biar mudah saat diulek,  goreng cabe rawit, bawang putih, bawang merah dan tomat dengan api sedang hingga cabe rawitnya lunak. Sisihkan.
-siapkan ulekan/cobek/coet
-ulek cabe rawit, bawang putih, bawang merah dan tomat yang sudah digoreng hingga halus.
-setelah halus, masukkan terasi dan ulek lagi hingga terasinya halus dan merata.


Tahap penggorengan:
-panaskan minyak goreng dengan api sedang lalu masukan adonan sambal, daun salam dan sereh. Aduk. (minyak gorengnya kira-kira 6 sendok makan)
-masukkan air dan aduk.
-masukkan garam dan gula.
-goreng hingga airnya menyusut dan jangan lupa untuk terus aduk.
-beres.

Gue membutuhkan waktu 30 menit untuk membuat sambal terasi. Lama ye,, maaf gue masih amatir.



Udah deh. Makasih udah mampir
Bye..



1 comment:

  1. cocok banget ini sambel buat lebaran besok :D

    http://www.sastraananta.com/2016/07/sebuah-cerita-pesan-terakhir.html?spref=tw …

    ReplyDelete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!