Monday, August 01, 2016

Cara Gue Bertahan Hidup Saat Kere

cara bertahan hidup

Pernah kere? Gue pernah dong, apalagi ketika masih menjadi mahasiswi. Seringkali hal ini terjadi ketika gue mendapatkan uang kiriman dari ortu dan langsung membeli ini itu tanpa perhitungan. Nah, yang jadi masalah adalah waktu ortu untuk mengirim uang masih lama sedangkan, dompet udah cekak. Mau minta lagi, dih malunya! Ketika mengalami hal seperti itu, biasanya gue melakukan hal ini untuk bisa bertahan hidup. 



1. Cukup Satu Kali
Kalau yang ini terjadi saat gue udah bosen dengan makanan irit. Gue pengen makan layak tapi, duit gak mencukupi maka yang gue lakukan adalah beli nasi di warteg ketika malam saja. Kenapa malam? Soalnya biar tidurnya nyenyak, gak keroncongan :D kalau beli nasi di warteg gue bisa mengeluarkan Rp.7.000.


2. Nasi Kuning
Nasi Kuning merupakan salah satu makanan favorit gue apalagi harganya murah meriah. Waktu itu satu bungkus nasi kuning harganya Rp.3.000 tapi, berkat rajinnya gue mengelilingi gang sempit gue menemukan nasi kuning yang harganya Rp.2.500. Gue beli nasi kuningnya dua bungkus untuk makan pagi dan sore, jadi dengan hanya Rp.5.000 gue bisa makan yang lumayan layak, soalnya kan udah ada lauknya, oreg tempe, telur dadar, kacang kedelai goreng, abon, sambal dan mentimun. :D Saran gue, rajinlah keliling untuk cari tempat makan yang harganya murah.


3. Mie Instant
Kalau yang ini sih udah jadi idola banget deh kalau pas kere. Biasanya gue membeli mie instant kuah hanya, ketika sudah selesai direbus air kuahnya tidak gue gunakan. Mie kuahnya menjadi mie goreng yang asiiiin tapi, justru hal itu yang gue harapkan. Soalnya, dengan begitu mienya bisa gue jadikan lauk dan karena asin gue bagi mie gorengnya menjadi dua bagian untuk pagi dan sore :p. So, hanya Rp.1.500 gue udah bisa makan dua kali dalam satu hari. Dengan catatan kamu udah punya beras ya, biasanya sih kalau gue udah beli beras di awal bulan jadi udah tenang kalau beras, tinggal mencari lauk.


4. Gepuk
Gepuk disini bukan gepuk daging sapi tapi, gehu dan kerupuk. Biasanya gue beli gorengan Rp.2.000 untuk  4 biji gorengan. Satu kali makan cukuplah dengan 2 biji gorengan dan sisanya buat nanti. Kalau kerupuk gue belinya di bapak penjual kerupuk yang suka mengantarkan kerupuk untuk warung karena murah dan lebih banyak :p.


5. Bola Nasi
Ini untuk kamu yang masih punya beras untuk dimasak tapi, gak punya duit untuk membeli lauknya. Yang gue lakukan adalah membuat bola nasi ala drama korea hanya beda resep. Bahannya mudah saja, nasi, garam dan kerupuk(-_-bisa juga menggunakan opak). Cara membuatnya gampang.
-siapkan satu piring nasi hangat
-taburkan sedikit garam ke nasi
-remukan kerupuk dan tabur ke nasi
-kepal adonan nasi hingga berbentuk bola padat. Kalau kamu merasa jijik karena menggunakan tangan, gunakan plastik.
-sajikan.
Membuat bola nasi ini kamu hanya mengeluarkan uang lima ratus rupiah untuk membeli kerupuk. Itu juga kalau kamu sudah mempunyai beras dan garam :D. Murah meriah. Oya, kalau pengen lebih enak siiih, kerupuknya dibanyakin.


6. Kenalan Dunia Maya
Hal ini bisa dilakukan oleh kamu yang merasa percaya diri dan tahan untuk malu =D Ada saat dimana gue lagi hemat-hematnya mengeluarkan uang. Maka yang gue lakukan adalah memanfaatkan orang-orang dari dunia maya. Modalnya cukup menggunakan foto kamu yang paling menarik. Jadilah orang yang ramah dan sok asyik hingga membuat dia penasaran ingin bertemu. Ajak dia bertemu di tempat makan, ngomong aja gini,”udah makan belum? aku laper nih, makan dulu yuk?” xixixi :p selama ini sih gue berhasil dibayarin makan.

Saat gue melakukan trik ini gue anti pasang foto jelek. Soalnya, sebagian besar cowok di dunia maya itu akan tertarik untuk mengajak kenalan jika wajah kamu menarik. Nah, setelah itu, tinggal nunggu buat diajak kenalan tapi, ada juga ko yang mau ngajak ketemuan meski tidak tahu wajah kamu yaitu di random chat. Paling mudah mendapatkan orang yang ngajak ketemuan itu di mirc apalagi jika kamu di kota besar tapi, kamu harus siapkan hati nurani karena diajak yang aneh-aneh tapi, inget yang kamu lakukan ini untuk bertahan hidup. Setelah misi berhasil,biasanya gue gak mau dihubungi lagi. =D  saatnya bilang bye,,,cari mangsa baru deh buat makan gratis,  :D. Well, gue udah berhenti melakukan trik ini, cerita selengkapnya bisa dibaca disini >Kenalan dari Dunia Maya? Kenapa Enggak!


7. Sambal
Kalau kamu pulang mudik, coba minta ibu membuatkan sambal “yang matang” untuk dibawa merantau. Soalnya berguna kalau lagi kere. Gue gak ngalamin tapi, temen gue yang ngalamin. Dia itu cantik, pakaiannya modis dan ternyata ketika gue main ke kostannya, dia makan satu mangkuk nasi dengan sambal saja. Gue mikir, ternyata yang makannya ngenes bukan cuma gue doang =D


8. Benar-Benar Kere
Kalau kamu gak punya beras atau uang yang cukup untuk membeli makanan ditambah kouta internet habis. Kamu bisa lagi bertahan hidup hanya dengan uang Rp.1.000 yaitu dengan membeli  obat mag di warung :p tapi, gue gak pernah ngalamin yang ini. Ngenes amat kalau sampai terjadi. :(



Kalau mau ngirit sih masak sendiri tapi, saat itu gue gak punya alat masak. Jadi, hal itulah yang gue lakukan ketika benar-benar kere. Jujur saja ya, sebenarnya gue malu berbagi cerita ini soalnya seperti membongkar aib diri sendiri tapi, ya sudahlah. :p

Terima kasih sudah mampir. Bye.

2 comments:

  1. Kak ko lo nge-Blog mulu sih? Emang udah dapet uang dari nge-Blog? Baless yaaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kenapa kalau ngblog mulu? boro-boro dapet duit

      Delete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!