Saturday, October 01, 2016

Sinyal Modem Hilang

Udah dua minggu ini gue dibuat kesel sama modem Huawei. Gue beli modem huawei tipe E353i di tahun 2014. Memakai modem ini awalnya lancar-lancar saja apalagi sinyal 3G udah bisa ditangkap di tempat gue walaupun nuuuuun jauh dari kota. Jadi bisa maen youtube tanpa buffer walaupun bikin kuota cepet habis tapi, gue happy. Soalnya di tahun sebelumnya gue pake modem telkomsel advan dan kalau maen youtube pasti buffer lama. Capek hati, jadi males banget maen youtube.


Setahun setelah pemakaian, tiba-tiba modem gue sinyalnya hilang. Kalau gue colokin ke notebook, cuma lampu ijo yang kedap-kedip yang artinya no service. Berhari-hari seperti itu, pusing gue. Gue pikir ini masalahnya ada di kartu 3. Jadi gue bongkar pasang kartu 3 dan gak ngaruh. Gue pun pinjem kartu AS bapak dan sama saja, gak ada sinyal. Walaupun demikian, gue masih bisa sedikit mengelus dada ketika akhirnya modem gue bisa menangkap sinyal. Hal itu bisa terjadi ketika notebook gue dishutdwon dalam jangka waktu yang lama. Lampu warna biru pun bisa kedap-kedip lagi. Gue bisa browsing tapi, cuma bentar. Satu menit bisa browsing kemudian sinyal hilang, lampu pun kembali ijo. Duh. Begitu terus. Walaupun seperti itu, gue bisa memanfaatkan untuk browsing, mencari tahu apa yang terjadi sama modem gue.


Gue searching dengan berbagai kata kunci, modem huawei sinyalnya hilang, modem huawei tidak ada sinyal, cara memperkuat sinyal modem huawei, modem huawei sinyalnya tidak stabil dan sebagainya. Dari sana gue mendapatkan banyak blog, thread di forum dan pengguna yahoo yang juga mempunyai masalah yang sama kaya gue tapi, cara yang disarankan hanya sedikit. Paling disuruh install ulang, dsable USB mas storage device, unistall ini itu tapi, tidak ada satu pun yang berhasil. Gue juga menemukan cara yang lebih ekstrim, membuat antena dari cd bekaslah, membuat lilitan dari kuningan sampai memasang sendok di modem tapi, cara nyeleneh yang sepeti itu tidak gue ikutin karena gue ngeri kalau akibatnya malah membuat modem gue tambah ancur jadi gue cuma mengikuti saran yang masih masuk logika dan mudah dipraktekan yaitu instal ulang dan ternyata berhasil. Aneh padahal beberapa hari sebelumnya gue pernah coba dan gak ngefek!


Setelah itu modem gue kembali lancar jaya, gak pernah lagi sinyalnya hilang paling mati kalau kuotanya habis karena kebanyakan donlot drakor, huehehe. Hanya, bulan september 2016 penyakit modem gue kembai kambuh, sinyal hilang lagi, yang kedap-kedip cuma lampu warna hijau padahal detik sebelumnya modem gue masih lancar. Lah, gue aja lagi maen youtube dan itu tanpa buffer. Setelah hari tu, modem gue bener-bener ‘no service’. Gue udah coba pakai cara yang lama tapi, gak ngaruh. Bisa menangkap sinyalnya hanya beberapa detik doang, paling lama itu 5 menit setelahnya ya gak ada sinyal. Duh pusing.


Ini gue bisa update di blog karena memanfaatkan kewarasan modem gue yang cuma beberapa detik. Huhuhu modem huawei nyebelin!!

1 comment:

  1. Agak ribet kalau pakai modem, kalau saya sih pakai hape aja. Dulu juga pernah beli modem, tapi ilang. Tau nggak ilangnya kemana????

    ReplyDelete

silahkan komentar asal jangan rese apalagi ngeselin. ;)
yang spam, sara, saru, oot gue hapus!